-->

Prinsip Kerja Kulkas

Prinsip Kerja Kulkas - Kembali lagi kami akan berbagi sedikit pengetahuan tentang prinsip kerja kulkas dirumah anda. Bagaimana sih cara kerja kulkas sehingga bisa menimbulkan efek pendinginan? 

Kita semua pasti sudah mengenal yang namanya kulkas. Kulkas (refrigerator) menjadi peralatan rumah tangga yang sangat banyak dipakai oleh masyarakat Indonesia. 

Kulkas yang banyak beredar umumnya digunakan untuk menyimpan bahan makanan, sayur-sayuran, buah-buahan, dan minuman agar lebih tahan lama, dan tetap terjaga kesegarannya pada suhu yang telah dikondisikan. Lalu bagaimana cara kerja kulkas itu?


Prinsip Kerja Kulkas

Prinsip kerja dari kulkas akan kita bahas disini. Pada bagian yang terdahulu telah kita bahas tentang komponen-komponen pada kulkas. Komponen utama yang ada pada kulkas biasanya terdiri dari kompresor, kondensor, filter, pipa kapiler, dan evaporator. Bisa anda lihat komponen-komponen kulkas pada gambar skema yang kami berikan di bawah. 


Cara kerja kulkas yang biasa kita temui di rumah dapat anda pelajari dari Ketika kulkas dialiri listrik, motor kompresor akan berputar dan memberikan tekanan pada refrigeran sehingga refrigeran akan mengalir. 

Proses ini disebut dengan proses kompresi. Refrijeran yang mendapat tekanan akan berubah sifatnya menjadi gas yang bertekanan tinggi dan bersuhu tinggi. Ini bisa kita buktikan bahwa ketika lemari es dalam kondisi hidup seluruh body lemari es akan terasa panas bila dipegang, terutama pada kompresor.

Selanjutnya refrijeran yang bertekanan dan bersuhu tinggi tersebut akan melewati kondensor. Komponen kondensor ini berfungsi untuk membuang panas. Ketika berada dalam kondensor, refrijeran akan membuang panas kelingkungan luar sehingga berubah wujud dari gas menjadi cair dengan suhu rendah namun tetap bertekanan tinggi. Proses ini disebut dengan kondensasi. 

Kemudian refrijeran akan melewati filter lalu menuju pipa kapiler yang berdiameter sangat kecil, kemudian masuk ke saluran evaporator. Pada saat berada di evaporator inilah refrijeran yang bersuhu sangat rendah ini akan menguap dan kembali ke wujud semula yaitu gas namun tetap bersuhu rendah. Proses ini disebut dengan evaporasi atau penguapan. 

Penguapan ini terjadi karena adanya penyerapan panas dari ruang evaporator, akibatnya udara yang berada di ruangan evaporator ini akan terkondensasi. Karena kondisi ini terus berulang selama masih dialiri listrik, lama kelamaan udara tersebut akan menjadi butiran-butiran es di ruang evaporator. Hal tersebut juga akan terjadi pada benda yang diletakkan di dalam ruangan evaporator. 

Aliran refrijeran tersebut akhirnya meninggalkan evaporator dan kembali menuju kompresor. Proses ini akan terus berputar dan berulang-ulang. Pada kondisi normal dan tidak ada kebocoran, refrijeran akan terus mengalir dan tidak akan pernah habis.


Pemipaan Kulkas

Berikut ini adalah gambar pemipaan kulkas secara umum. 

Prinsip kerja kulkas
Gambar Pemipaan Kulkas



Untuk mengetahui pemahaman anda mengenai cara kerja kulkas, jawablah beberapa pertanyaan berikut:



Demikianlah pembahasan kita mengenai prinsip kerja kulkas. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan kita seputar dunia pendingin, khususnya cara kerja kulkas. Sampai jumpa pada artikel kami selanjutnya.

5 Responses to "Prinsip Kerja Kulkas"

  1. Pengalaman saya saat benerin kulkas adalah,saya bingung katanya kulkasnya yang bawah gak dingin, saya cari tau penyebabnya ternyata lubang udara yang ada di frezzee itu tertutup es(mampet), terus kata bos saya "ini disiramin air sambil di gosok gosok pake obeng, dan bilang ke konsumen agar kalo narok isi di frezzee jangan sampai penuh penuh

    ReplyDelete
  2. Pengalaman saya saat benerin kulkas adalah,saya bingung katanya kulkasnya yang bawah gak dingin, saya cari tau penyebabnya ternyata lubang udara yang ada di frezzee itu tertutup es(mampet), terus kata bos saya "ini disiramin air sambil di gosok gosok pake obeng, dan bilang ke konsumen agar kalo narok isi di frezzee jangan sampai penuh penuh

    ReplyDelete


  3. Pengalaman saya pada saat Pkl itu ada costumer yg bilang mas kok kulkas saya enggak dingin ya mas ,mohon dicarikan problemnya. Kami pun langsung merapat ke lokasi
    Pada saat servis saya tidak menemukan masalah sama sekali dan akhirnya si Bos memberitahu ''itu kemungkinan kondensornya soalnya di cari tidak ketemu. Alhasil saya dan teman saya langsung tancap gas untuk membeli kondensor dan filter selanjutnya proses pemasangan dan seterusnya tidak ada masalah. Sudah selesai lalu di test dan sukses tidak ada problem lagi.

    Nama:yoga ferdiansyah

    ReplyDelete
  4. Pengalaman saya dan teman saya pada saat Pkl itu ada costumer yg bilang mas kok kulkas saya enggak dingin ya mas ,mohon dicarikan problemnya. Kami pun langsung merapat ke lokasi
    Pada saat servis saya tidak menemukan masalah sama sekali dan akhirnya si Bos memberitahu ''itu kemungkinan kondensornya soalnya di cari tidak ketemu. Alhasil saya dan teman saya langsung tancap gas untuk membeli kondensor dan filter selanjutnya proses pemasangan dan seterusnya tidak ada masalah. Sudah selesai lalu di test dan sukses tidak ada problem lagi.

    Nama: Muhammad Akmal Fata

    ReplyDelete
  5. Saya pernah mengganti defrost thermostat pada kulkas, pada saat itu terjadi ice blok dikarenakan defrost thermosotat tidak bekerja/rusak jadi saya menggantinya dengan defrost thermostat yang baru.
    Dan saya pernah mengganti modul kulkas karena terkena sambaran petir yang mengakibatkan modul kulkas tersebut rusak dan mengganti modul tersebut. Itu saja pengalaman saya waktu pkl tapi kebanyakan saya mengganti defrost thermostat.

    ReplyDelete

Featured post

Logo SMK Muhammadiyah 3 Metro featured

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel