-->

Prinsip Kerja Kulkas

Bagaimana Cara Kerja Kulkas?

Prinsip Kerja Kulkas - Kembali lagi kami akan berbagi sedikit pengetahuan tentang prinsip kerja kulkas atau cara kerja kulkas dirumah anda. Bagaimana sih cara kerja kulkas sehingga bisa menimbulkan efek pendinginan sehingga bisa mendinginkan makanan dan minuman yang ada di dalamnya?

Kita semua pasti sudah mengenal yang namanya kulkas. Kulkas (refrigerator) menjadi peralatan rumah tangga yang sangat banyak dipakai oleh masyarakat Indonesia. 

Kulkas pada umumnya digunakan untuk menyimpan bahan makanan. Baik itu sayur-sayuran, buah-buahan, dan minuman. Tujuannya adalah agar makanan dan minuman tersebut lebih tahan lama, dan tetap terjaga kesegarannya pada suhu yang telah dikondisikan. Lalu bagaimana cara kerja kulkas itu?

Prinsip Kerja Kulkas

Prinsip kerja dari kulkas akan kita bahas disini. Pada bagian yang terdahulu telah kita bahas tentang komponen-komponen pada kulkas. Komponen utama yang ada pada kulkas biasanya terdiri dari kompresor, kondensor, filter, pipa kapiler, dan evaporator. Bisa anda lihat komponen-komponen kulkas pada gambar skema yang kami berikan di bawah. 

Cara kerja kulkas dapat dita pelajari sebagai berikut. Ketika kulkas dialiri listrik, motor kompresor akan berputar. Kompresor akan memompa/memberikan tekanan pada refrigeran, sehingga refrigeran akan mengalir ke seluruh sistem pemipaan pada kulkas. 

Proses Kompresi 

Proses memompa refrigeran ini disebut dengan proses kompresi. Refrijeran yang mendapat tekanan akan berubah sifatnya menjadi gas yang bertekanan tinggi dan bersuhu tinggi. Ini bisa kita buktikan bahwa ketika lemari es dalam kondisi hidup seluruh body lemari es akan terasa panas bila dipegang, terutama pada kompresor.

Proses Kondensasi

Selanjutnya refrijeran yang bertekanan dan bersuhu tinggi tersebut akan melewati kondensor. Komponen kondensor ini berfungsi untuk membuang panas. Ketika berada dalam kondensor, refrijeran akan membuang panas kelingkungan luar sehingga berubah wujud dari gas menjadi cair dengan suhu rendah namun tetap bertekanan tinggi. Proses ini disebut dengan kondensasi. 

Proses Evaporasi

Kemudian refrijeran akan melewati filter lalu menuju pipa kapiler yang berdiameter sangat kecil, kemudian masuk ke saluran evaporator. Pada saat berada di evaporator inilah refrijeran yang bersuhu sangat rendah ini akan menguap dan kembali ke wujud semula yaitu gas namun tetap bersuhu rendah. Proses ini disebut dengan evaporasi atau penguapan. 

Penguapan ini terjadi karena adanya penyerapan panas dari ruang evaporator, akibatnya udara yang berada di ruangan evaporator ini akan terkondensasi. Karena kondisi ini terus berulang selama masih dialiri listrik, lama kelamaan udara tersebut akan menjadi butiran-butiran es di ruang evaporator. Hal tersebut juga akan terjadi pada benda yang diletakkan di dalam ruangan evaporator. 

Aliran refrijeran tersebut akhirnya meninggalkan evaporator dan kembali menuju kompresor. Proses ini akan terus berputar dan berulang-ulang. Pada kondisi normal dan tidak ada kebocoran, refrijeran akan terus mengalir dan tidak akan pernah habis.


Pemipaan pada Kulkas 

Siklus refigerasi dimulai dari komponen kompresor, menuju kondensor, filter, pipa kapiler, evaporator, dan kembali lagi ke kompresor. Siklus ini berlangsung secara teru-menerus, hingga suhu dingin tercapai. Berikut ini adalah gambar pemipaan kulkas secara umum. 

Prinsip cara kerja kulkas


Gambar Pemipaan Kulkas


Perbedaan Cara Kerja Kulkas 1 Pintu dan 2 Pintu

Cara kerja kulkas 1 pintu dan 2 pintu secara umum tidak ada banyak perbedaan. Keduanya menggunakan komponen utama yang sama; seperti kompresor, kondensor, pipa kapiler, dan evaporator. Perbedaan yang mencolok adalah dari sisi desain, dimana kulkas dua pintu memiliki dua bagian yang terpisah. Bagian atas kulkas dua pintu berfungsi sebagai freeser yang terpisah dari bagian bawahnya. Kelebihannya, maka suhu kulkas dua pintu dapat lebih dingin dibandingkan kulkas satu pintu.

Jika pada kulkas 1 pintu sering terjadi bunga es atau blok es, maka tidak demikian dengan kulkas 2 pintu. Kulkas 2 pintu dilengkapi dengan heater yang dapat mencairkan blok es secara berkala, sehingga tidak terjadi penumpukan bunga es. Dengan demikian suhu freezer menjadi lebih dingin. Kulkas 2 pintu disebut juga dengan kulkas no frost (tanpa bunga es).



Untuk mengetahui pemahaman anda mengenai cara kerja kulkas, jawablah beberapa pertanyaan berikut:



Demikianlah pembahasan kita mengenai prinsip kerja kulkas. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan kita seputar dunia pendingin, khususnya cara kerja kulkas. Share jika anda merasa artikel ini bermanfaat. Terimakasih...

0 Response to "Prinsip Kerja Kulkas"

Posting Komentar

Berkomentar dengan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel