-->
Indonesia Website Awards

Macam-Macam Skala Gambar

Macam-Macam Skala Gambar

Macam-Macam Skala Gambar - Dalam menggambar teknik biasanya kita mengenal istilah skala gambar. Apa itu skala gambar? Apa pentingnya skala gambar dalam gambar teknik? Nah, kali ini kami akan membahasnya sedikit mengenai skala gambar

Skala gambar merupakan perbandingan besar ukuran antara objek sebenarnya dengan yang diinginkan. Setiap gambar mempunyai ukuran yang berbeda-beda, ada yang kecil dan ada yang besar. Pengecilan atau pembesaran gambar dilakukan dengan skala tertentu. 

Kita harus memperkecil ukuran gambar jika bendanya besar, dan harus memperbesar gambar jika bendanya terlalu kecil. Ini semua bertujuan untuk memudahkan dalam pembacaan sebuah gambar.


skala pada gambar teknik



Skala dapat diartikan sebagai perbandingan ukuran linear pada gambar terhadap ukuran linear dari benda sebenarnya. Dalam menggambar teknik, keterangan mengenai skala yang dipakai dalam gambar terdapat pada etiket gambarSkala gambar dapat dikelompokkan menjadi tiga macam, yaitu: 

a) Skala Pengecilan

Penggunaan skala pengecilan adalah bilamana gambarnya dibuat lebih kecil daripada gambar yang sebenarnya, sedangkan penunjukkannya adalah 1: x.
Berikut ini contoh penunjukkan skala pengecilan yang sering digunakan:
jenis-jenis skala
Contoh gambar yang dibuat dengan skala pengecilan adalah Peta, Denah rumah, dll

b) Skala Penuh (sebenarnya)

Skala penuh ini dipakai apabila gambar yang dibuat sama besar dengan benda sebenarnya. Skala ini dianjurkan untuk sedapat mungkin dipergunakan, agar supaya dapat membayangkan benda yang sebenarnya, atau untuk memudahkan pemeriksaan.
Penunjukkan skala penuh adalah 1 : 1.

c) Skala Pembesaran

Skala pembesaran ini dipakai apabila gambar yang dibuat lebih besar dari pada benda sebenarnya. Contoh aplikasinya adalah jika benda yang digambar kecil dan rumit seperti misalnya rangkaian kontrol pada lampu jalan, circuit pada sebuah Integrated Circuit (IC) maka harus menggunakan skala pembesaran untuk menggambarkan rangkaian ini.

Notasi yang dipakai untuk skala pembesaran adalah x : 1, sedangkan ukuran lengkap yang dianjurkan adalah:
skala pengecilan pada gambar
Contoh gambar dengan skala pembesaran adalah gambar rangkaian elektronika, gambar amoeba, virus, dll.


jenis-jenis skala pada gambar teknik
Skala pada gambar teknik




Demikianlah pembahasan dan contoh macam-macam skala yang biasa digunakan pada gambar teknik. Simak terus artikel dari kami, dan silahkan share artikel ini dengan klik tombol sosial media di bawah ini. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Macam-Macam Skala Gambar"

Posting Komentar

Berkomentar dengan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel