Kelebihan AC Inverter

Prinsip Kerja AC Inverter
Tahukah anda yang dimaksud dengan AC inverter? Apakah kelebihan teknologi inverter yang digunakan pada AC? Nah, kali ini kita akan mencoba membahas tentang apa kelebihan AC inverter. Selamat membaca.

kelebihan AC inverter

Inverter adalah suatu teknologi yang dikembangkan untuk mengatur kecepatan putar motor kompresor. Dengan demikian kecepatan putar motor kompresor dapat diatur sesuai dengan kebutuhan pendinginan. Drive inverter pada AC inverter terdapat pada bagian unit outdoor AC.

AC konvensional bekerja sesuai dengan setting yang di terapkan pada remote control AC. Jika kita ingin mendapatkan suhu yang dingin, maka remote di atur pada setting suhu yang rendah, sehingga kompresor AC akan bekerja untuk mencapai suhu rendah tersebut. Jika suhu dingin yang di setting telah tercapai, sesuai dengan pembacaan thermistor, maka kompresor AC akan berhenti bekerja.

Pada AC inverter, kompresor akan bekerja pada kecepatan yang tinggi untuk mencapai suhu rendah yang diinginkan dengan lebih cepat. Dan ketika suhu dingin telah tercapai, maka kompresor inverter akan melambat dengan tetap mempertahankan suhu suhu agar tetap terjaga. Dengan demikian kerja kompresor lebih ringan, dan konsumsi daya listrik akan rendah. Kenaikan suhu yang terkadi pada ruangan akan terbaca oleh sensor thermistor dan langsung disesuaikan kembali untuk mencapai suhu sesuai settingan. Hal ini menghasilkan hawa dingin yang nyaman bagi kita.

kelebihan AC inverter

AC inverter dapat menghemat daya listrik hingga 30-50% jika dibandingkan dengan AC non inverter. Karena prinsip kerja pada AC non inverter adalah menghidupkan dan mematikan kompresor secara langsung (ON dan OFF) maka konsumsi daya listrik pada AC non inverter akan besar. Kompresor selalu bekerja dengan kecepatan maksimal. Sedangkan pada AC inverter, dilengkapi dengan drive frekuensi variabel yang dapat mengontrol kecepatan motor kompresor sesuai dengan kebutuhan pendinginan.

Kelebihan AC Inverter

Dari penjelasan singkat tentang cara kerja AC inverter di atas, maka kelebihan-kelebihan yang ada pada AC inverter antara lain:
  • Dingin yang dihasilkan lebih nyaman
  • Menggunakan refrigeran yang ramah lingkungan yaitu R-410a
  • Konsumsi daya listrik pada AC inverter adalah lebih rendah bila dibandingkan dengan AC non inverter.

Kelemahan AC Inverter

Yang menjadi kelemahan AC inverter adalah harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan AC non inverter. Refrijeran yang dipakai R-410a lebih mahal dibanding R-32.


Jadi itulah kelebihan yang dimiliki AC inverter. Dengan konsumsi daya yang kecil, maka akan menghemat pengeluaran anda untuk tagihan listrik bulanan anda. Namun anda perlu lebih mengeluarkan uang untuk mendapatkannya. Semoga artikel tentang kelebihan AC inverter dari www.dinginaja.com ini bisa menambah wawasan anda. Terimakasih atas kunjungan anda. Salam dingin!

1 Response to "Kelebihan AC Inverter"

  1. bermanfaat untuk wawasan nih, kulik abis mas AC mobil ...

    ReplyDelete

Featured post

Jenis-Jenis Kertas Gambar dan Fungsi Penggunaannya featured

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel