Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Servis Cuci AC Secara Rutin

Manfaat Servis Cuci AC Secara Rutin - Siapa yang tidak mengetahui AC. AC atau Air Conditioner  bukan lagi merupakan barang yang mewah. Sekarang ini sudah banyak masyarakat yang memasang AC dirumahnya. Terutama di kota-kota besar. Dari namanya, AC berfungsi untuk mengkondisikan suhu udara sesuai dengan kenyamanan tubuh kita.

AC bekerja secara terus-menerus setiap hari. Untuk itu sangatlah penting untuk selalu memelihara unit AC dengan melakukan servis cuci AC secara teratur.

Manfaat Steam (Cuci) AC Secara Rutin

Servis kecil yang biasa dilakukan pada pendingin ruangan adalah steam atau cuci AC. Tujuannya adalah agar AC tetap bersih, sehingga dapat mendinginkan ruangan secara optimal. AC yang kotor dapat menyebabkan beberapa masalh dikemudian hari.

Banyak manfaat servis cuci AC secara rutin yang bisa anda dapatkan. Simaklah beberapa manfaat servis cuci AC secara berkala yang mungkin belum anda ketahui.



manfaat cuci steam AC


Menjaga Kualitas Udara Ruangan Lebih Bersih

Udara yang bersih dan sehat adalah faktor yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Terutama untuk anda yang setiap harinya bekerja didalam ruangan. Udara ruangan harus selalu terjaga kebersihannya.

AC dapat membantu menyaring debu-debu dan partikel lain yang ada di dalam udara. Bahkan beberapa tipe AC juga membekalinya dengan teknologi yang dapat membunuh kuman, bakteri atau virus yang terbawa di udara. Udara yang dihasilkan Ac pun akan lebih bersih dan sehat.

Di dalam AC ada yang namanya komponen filter udara. Komponen filter udara AC inilah yang bertugas menyaring segala kotoran yang ada di udara. Dengan fungsinya itu, maka sangat perlu untuk membersihkan komponen ini. Dengan membersihkan filter udara AC maka akan dapat terus menjaga kualitas udara di dalam ruangan.

AC yang tidak dibersihkan akan mengakibatkan kotoran menumpuk di filter udara. Bahkan tempat yang kotor ini malah dapat menjadi tempat berkembang biak bakteri. Maka rutinlah untuk melakukan servis cuci AC.

Menjaga AC tetap Dingin

Selain di bagian filter udara, kotoran dari debu-debu juga dapat menempel pada pipa evaporator AC. Hal ini terjadi jika filter udara telah kehilangan fungsinya untuk dapat menyaring udara. Akibatnya kotoran juga akan menempel dan menutup pipa evaporator.

Jika pipa evaporator tertutup oleh kotoran, maka proses pendinginan udara akan terganggu. Akibatnya, udara yang dihembuskan AC tidak dingin.

Mencegah Air Merembes pada AC

Kotoran dan uap air yang terdapat pada bagian unit indoor AC dapat menyebabkan timbulnya lendir atau lumut. Lendir atau lumut itu dapat menyebabkan saluran pembuangan air tersumbat.

Dampaknya, air kondensasi yang berada di unit indoor tidak dapat mengalir lancar lewat saluran pembungan. Sehingga air akan merembes melewati bagian indoor AC. Dan air akan membasahi ruangan anda.

Mencegah Korosi pada Pipa Evaporator

Seperti dijelaskan sebelumnya, bahwa kotoran dapat menempel pada pipa evaporator. Kotoran, ditambah dengan uap air, maka dapat menimbulkan korosi pada pipa evaporator.  

Jika kotoran tersebut tidak dibersihkan, lama-kelamaan pipa tembaga dapat menjadi rapuh akibat korosi. Dan kebocoran bahan pendinginpun tidak dapat terhindari  pada pipa evaporator yang bocor. Maka pipa evaporatorpun perlu dijaga kebersihannya dengan melakukan steam AC secara berkala.

Menghemat Konsumsi Listrik

AC yang bersih akan bekerja secara lebih efisien dibandingkan AC yang kotor. AC yang kotor akan bekerja lebih berat. Kenapa hal ini terjadi?

Seperti telah kita tahu sebelumnya, kotoran pada AC dapat mengganggu proses pendinginan. Karena proses pendinginan terganggu, maka suhu yang diharapkan pun tidak tercapai.

Begini penjelasannya. AC bekerja sesuai dengan settingan suhu pada remote. Misalnya anda setting suhu pada remote 19oC. AC akan bekerja keras hingga mencapai suhu yang diinginkan yaitu 19oC. Namun karena kondisi evaporator yang kotor, maka proses pendinginan akan terganggu.

Udara yang melewati evaporator tidak menjadi dingin karena terhalang oleh kotoran yang menempel. Akibatnya kompresor akan terus bekerja sampai suhunya tercapai. Dan hal itu akan sulit terjadi dengan kondisi evaporator yang kotor.

Karena kompresor bekerja terus-menerus, maka akan berakibat konsumsi daya listrik menjadi lebih besar. Menghemat listrik berarti juga menghemat uang. Tagihan listrik anda akan membengkak jika kondisi AC anda dalam keadaan kotor atau jarang di bersihkan.

Memperpanjang Usia AC

Dengan melakukan perawatan cuci AC secara rutin, akan membuat setiap komponen AC berada pada kondisi yang normal. Kondisi yang optimal dapat memperpanjang usia AC. Karena AC akan bekerja lebih efisien.

Dianjurkan untuk melakukan servis cuci AC secara rutin. Lakukan steam AC setiap 3-6 bulan sekali tergantung pada kondisi ruangan anda. Anda tidak mau kan mengeluarkan uang lebih banyak untuk mengganti komponen AC yang rusak? Lebih baik lakukan servis kecil secara rutin tiap 3-6 bulan sekali.

Demikianlah tadi beberapa manfaat servis cuci AC yang bisa kita lakukan untuk menjaga AC kita tetap baik. Lakukanlah perawatan AC secara rutin agar AC anda selalu dalam kondisi prima.

9 komentar untuk "Manfaat Servis Cuci AC Secara Rutin"

  1. Rutin mencuci unit AC, dapat menyebabkan ac menjadi lebih dingin,karna kotoran2 yg ada di evaporator hilang, dan udara yang keluar menjadi lebih bersih..

    BalasHapus
  2. Pengalaman saya saat menyeteam ac saya pernah menyeteam ac yg sudah lama tidk pernah di steam sehingga di pipa pembuangan nya berlendir

    BalasHapus
  3. Maanfaat mencuci atau steam ac yaitu udara yang kita hirup manjadi lebih segar dan lebih terawat

    BalasHapus
  4. Manfaat mencuci ac adalah bersih nya udara yg di keluarkan ac dan dapat mencegah kerusakan ac split karena debu yg menempel pada sistem bisa menjadi gumpalan yang menyebabkan ac kurang dingin

    BalasHapus
  5. Pengalaman saya saat menyeteam AC Mobil, karna sudah lama tidak dicuci AC tidak dingin walaupun ada Refrijerannya

    BalasHapus
  6. Pengalaman saya saat pkl,ketika mensteam ac,kondisi ac sangat kotor bahkan kesingnya pun terdapat sarang tawon ,kata pembimbing pkl saya bila ac kotor seperti ini listrike boros
    Maka diperlukan steam ac agar ac lebih hemat dan udara lebih bersih

    BalasHapus
  7. Manfaat mencuci AC adalah menjaga AC agar tetap bersih dan udara yang di keluarkan pun bersih dan terasa dingin. Apabila AC kotor, maka udara yang di keluarkan terasa tidak dingin/panas dan dapat menghambat siklus refrigerasi.

    BalasHapus
  8. Pengalaman saya di pkl mencuci ac adalah kegiatan penting karena jika pada evaporator tidak memakai filter hal ini bisa mengakibatkan evaporator kotor langkah selanjutnya adalah mencuci bagian evaporator

    BalasHapus
  9. Manfaat mencuci ac secara rutin dan dan teratur membuat kinerja AC menjadi baik

    BalasHapus