-->

Manfaat Servis Cuci AC Secara Rutin

Manfaat Servis Cuci AC Secara Rutin - Siapa yang tidak mengetahui AC. AC atau Air Conditioner  bukan lagi merupakan barang yang mewah. Sekarang ini sudah banyak masyarakat yang memasang AC dirumahnya. Terutama di kota-kota besar. Dari namanya, AC berfungsi untuk mengkondisikan suhu udara sesuai dengan kenyamanan tubuh kita.

AC bekerja secara terus-menerus setiap hari. Untuk itu sangatlah penting untuk selalu memelihara unit AC dengan melakukan servis cuci AC secara teratur.

Manfaat Steam (Cuci) AC Secara Rutin

Servis kecil yang biasa dilakukan pada pendingin ruangan adalah steam atau cuci AC. Tujuannya adalah agar AC tetap bersih, sehingga dapat mendinginkan ruangan secara optimal. AC yang kotor dapat menyebabkan beberapa masalh dikemudian hari.

Banyak manfaat servis cuci AC secara rutin yang bisa anda dapatkan. Simaklah beberapa manfaat servis cuci AC secara berkala yang mungkin belum anda ketahui.



manfaat cuci steam AC


Menjaga Kualitas Udara Ruangan Lebih Bersih

Udara yang bersih dan sehat adalah faktor yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Terutama untuk anda yang setiap harinya bekerja didalam ruangan. Udara ruangan harus selalu terjaga kebersihannya.

AC dapat membantu menyaring debu-debu dan partikel lain yang ada di dalam udara. Bahkan beberapa tipe AC juga membekalinya dengan teknologi yang dapat membunuh kuman, bakteri atau virus yang terbawa di udara. Udara yang dihasilkan Ac pun akan lebih bersih dan sehat.

Di dalam AC ada yang namanya komponen filter udara. Komponen filter udara AC inilah yang bertugas menyaring segala kotoran yang ada di udara. Dengan fungsinya itu, maka sangat perlu untuk membersihkan komponen ini. Dengan membersihkan filter udara AC maka akan dapat terus menjaga kualitas udara di dalam ruangan.

AC yang tidak dibersihkan akan mengakibatkan kotoran menumpuk di filter udara. Bahkan tempat yang kotor ini malah dapat menjadi tempat berkembang biak bakteri. Maka rutinlah untuk melakukan servis cuci AC.

Menjaga AC tetap Dingin

Selain di bagian filter udara, kotoran dari debu-debu juga dapat menempel pada pipa evaporator AC. Hal ini terjadi jika filter udara telah kehilangan fungsinya untuk dapat menyaring udara. Akibatnya kotoran juga akan menempel dan menutup pipa evaporator.

Jika pipa evaporator tertutup oleh kotoran, maka proses pendinginan udara akan terganggu. Akibatnya, udara yang dihembuskan AC tidak dingin.

Mencegah Air Merembes pada AC

Kotoran dan uap air yang terdapat pada bagian unit indoor AC dapat menyebabkan timbulnya lendir atau lumut. Lendir atau lumut itu dapat menyebabkan saluran pembuangan air tersumbat.

Dampaknya, air kondensasi yang berada di unit indoor tidak dapat mengalir lancar lewat saluran pembungan. Sehingga air akan merembes melewati bagian indoor AC. Dan air akan membasahi ruangan anda.

Mencegah Korosi pada Pipa Evaporator

Seperti dijelaskan sebelumnya, bahwa kotoran dapat menempel pada pipa evaporator. Kotoran, ditambah dengan uap air, maka dapat menimbulkan korosi pada pipa evaporator.  

Jika kotoran tersebut tidak dibersihkan, lama-kelamaan pipa tembaga dapat menjadi rapuh akibat korosi. Dan kebocoran bahan pendinginpun tidak dapat terhindari  pada pipa evaporator yang bocor. Maka pipa evaporatorpun perlu dijaga kebersihannya dengan melakukan steam AC secara berkala.

Menghemat Konsumsi Listrik

AC yang bersih akan bekerja secara lebih efisien dibandingkan AC yang kotor. AC yang kotor akan bekerja lebih berat. Kenapa hal ini terjadi?

Seperti telah kita tahu sebelumnya, kotoran pada AC dapat mengganggu proses pendinginan. Karena proses pendinginan terganggu, maka suhu yang diharapkan pun tidak tercapai.

Begini penjelasannya. AC bekerja sesuai dengan settingan suhu pada remote. Misalnya anda setting suhu pada remote 19oC. AC akan bekerja keras hingga mencapai suhu yang diinginkan yaitu 19oC. Namun karena kondisi evaporator yang kotor, maka proses pendinginan akan terganggu.

Udara yang melewati evaporator tidak menjadi dingin karena terhalang oleh kotoran yang menempel. Akibatnya kompresor akan terus bekerja sampai suhunya tercapai. Dan hal itu akan sulit terjadi dengan kondisi evaporator yang kotor.

Karena kompresor bekerja terus-menerus, maka akan berakibat konsumsi daya listrik menjadi lebih besar. Menghemat listrik berarti juga menghemat uang. Tagihan listrik anda akan membengkak jika kondisi AC anda dalam keadaan kotor atau jarang di bersihkan.

Memperpanjang Usia AC

Dengan melakukan perawatan cuci AC secara rutin, akan membuat setiap komponen AC berada pada kondisi yang normal. Kondisi yang optimal dapat memperpanjang usia AC. Karena AC akan bekerja lebih efisien.

Dianjurkan untuk melakukan servis cuci AC secara rutin. Lakukan steam AC setiap 3-6 bulan sekali tergantung pada kondisi ruangan anda. Anda tidak mau kan mengeluarkan uang lebih banyak untuk mengganti komponen AC yang rusak? Lebih baik lakukan servis kecil secara rutin tiap 3-6 bulan sekali.

Demikianlah tadi beberapa manfaat servis cuci AC yang bisa kita lakukan untuk menjaga AC kita tetap baik. Lakukanlah perawatan AC secara rutin agar AC anda selalu dalam kondisi prima.

41 Responses to "Manfaat Servis Cuci AC Secara Rutin"

  1. Pada saat menyeteam AC saya pernah menyeteam hingga selang talang pembuangan air tersumbat,karena lumut yang menempel di unit outdoor,dikarenakan penyeteaman pertama tidak maksimal

    ReplyDelete
  2. Pada saat menyeteam AC.saya sering menemukan AC yang merembes pada indoor AC split,karena jarang disteam

    ReplyDelete
  3. Pengalaman saya saat servis steam Ac split waktu pkl yaitu yaitu ketika sampai dilokasi melihat kondisi Ac nya sudah berdebu,dibagian indoor keluar tetas air dari dalamnya,ketika dibuka bagian body indoornya melihat evaporatornya sudah belendir dan sangat lah kotor dan dilubang pembuangannya mampet yang menyebabkan tetesan air keluar dari dalam unit indoor Ac split,sebaiknya servis steam Ac split dilakukan 3 bulan sekali agar kualitas udara didalam ruangan lebih bersih

    ReplyDelete
  4. Rutin mencuci unit AC, dapat menyebabkan ac menjadi lebih dingin,karna kotoran2 yg ada di evaporator hilang, dan udara yang keluar menjadi lebih bersih..

    ReplyDelete
  5. Pada saat menyuci AC saya pernah mengalami kedasyatan kotoran di unit indoor ac,dan talang pembuangan nya pun tersumbat dengan lendir" tebal, mengakibatkan air tidak lancar dan terjadi kebocoran dalam unit indoor,untuk mengatasi saya mengguna selang kecil untuk di masukan ke dalam lobang pembuangan air itu lalu saya tembak memaki alat steam AC sehingga lendir" itu menghilang.

    ReplyDelete
  6. Pengalaman pkl sya kalau sudah terlalu lama tidak dicuci membuat indor menjadi sarang tikus dan ada tetesan air pada indor.

    ReplyDelete
  7. Pengalaman saya dalam proses penyeteaman unit AC split, pada saat stik steam saya arahkan kelobang drainase sekitar 1menit yang terjadi yaitu banyak sekali kotoran berbentuk gel yang keluar pada saluran pembuangan drainase hal tersebut biasanya yang membuat kebocoran pada unit indoor atau menyebabkan tetesan atau rembesan pada indoor, oleh sebab itu proses penyeteaman harus dilakukan secara maksimal supaya tidak terjadi penyumbatan pada saluran drainase.
    Trimaksih.

    ReplyDelete
  8. Pada saat menyetim ac saya menemukan ac yang bagian indor berlendir sehingga pipa saluran pembuangan mampet dan meneteskan air. karena jarang disteam

    ReplyDelete
  9. pengalaman sya menyeteam ac yang sudah lama tidak di steam sehingga banyak lendir2 yang menempel di pipa evap dan di selang pembuangan sehingga menyebabkan tersumbat pada pipa pembuangan yang membuat ac menjadi bocor karna tidak dapat membuang air embun secara normal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengalaman saya saat menyeteam AC adalah, kondisi tempatnya yg sangat sulit,selain itu Ac-nya sangat kotor sekali,karna kata pemiliknya AC jarang dihidupkan dan sangat jarang sistem.

      Delete
  10. Pengalaman saya saat menyeteam ac saya pernah menyeteam ac yg sudah lama tidk pernah di steam sehingga di pipa pembuangan nya berlendir

    ReplyDelete
  11. Pengalaman saya saat menyeteam AC adalah, kesulitan pada temptnya,selain itu AC juga sangat kotor sekali,karena kata pemiliknya ac-nya jarang sekali digunakan dan disteam.

    ReplyDelete
  12. Maanfaat mencuci atau steam ac yaitu udara yang kita hirup manjadi lebih segar dan lebih terawat

    ReplyDelete
  13. Pengalaman saya waktu pkl pada saat saya menyeteam AC saya sering sekali menemukan AC yang bocor dan mampet pada lubang pembuangan dan merembes pada indior Ac. dikarenakan AC yang terlalu kotor dan jarang di steam itu menyebabkan Ac tidak bekerja maksimal.

    ReplyDelete
  14. Pengalaman saya waktu pkl saat mensteam AC adalah saya pernah menemukan saluran pembuangan yang mampet karena AC itu sudah lama tidak di Steam

    ReplyDelete
  15. Pada saat saya mensteam ac saya melihat evaporatornya kotor hingga berlendir,lendir2 itu sampai ke pipa pembuangan yang menyebabkan mampet pada saluran itu,pada saat proses cuci ac dilakukan secara teliti namun dengan hati hati agar lendir dan kotoran itu terbuang lewat saluran pembuangan,tidak hanya disitu saja. Setelah selesai cuci ac indoor dan outdoor terjadi masalah pada sensor diPCB akibat terkena uap air dari cuci ac.Disitu kami berusaha agar bisa digunakan seperti normal kembali dengan cara menggunakan minyak kayu putih digosok dengan lap atau tisu dan setelah itu keringkan dengan hairdryer secara menyeluruh. Sesudah itu kami pasang kembali dan hasilnya bekerja kembali seperti normal.

    ReplyDelete
  16. Pengalaman saya saat menyeteam AC split , saya sering menemukan ac yang kurang dingin dan mampet pembuangannya

    ReplyDelete
  17. Pengalaman saya waktu pkl pada saat steam AC saya pernah steam AC yang sudah berlendir dan terjadi kerak di bagian evaporator, kata pemiliknya AC tersebut tidak pernah di steam dari baru sampai 1½ tahun ini dan menyebabkan AC tidak dapat menghembuskan udara yang diinginkan dan terjadi kebocoran karena lubang pembuangan drainase dan menyebabkan AC tidak berkerja secara normal.

    ReplyDelete
  18. Pengalaman saya saat pkl saat mau steam ac mobil yaitu ketika pembongkaran dasbor mobil sudah terlihat di bagian corong mobil yang untuk menghembuskan udara itu sangat kotor dan berdebu maka dari itu sangat penting untuk menjaga atau merawat ac mobil karena untuk kenyamanan di mobil saat perjalanan jauh.maanfat dari menjaga atau merawat ac mobil yaitu udara yang di keluarkan dari ac mobil bisa memberikan kenyamanan di ruangan mobil dan udara menjadi lebih segar

    ReplyDelete
  19. Pengalaman saya waktu cuci AC adalah saya pernah mencuci AC yang dari pertama kali beli AC sekitar 2 tahun baru pertama kali mencuci AC sehingga bagian indoor AC banyak debu yang tebal dan ada kotoran tikus dan banyak kerak di bagian bodi indoor setelah di cuci udara yang berhembus menjadi dingin dan segar

    ReplyDelete
  20. Saat menyeteam ac saya pernah menemui ac yang meneteskan air pada indoor itu di dikarnakan pipa pembuanganya tersumbat oleh lendir sehingga saya menyemprotnya dengan stik steam sampai bersih.

    ReplyDelete
  21. Hari pertama saya pkl pada saat job pertama menyuci ac split kata pemilik ac blom pernah di steam saat beli sekitar 1 tahun seketika di steam air yang turun dari indor sangat kotor dan hitam biyasanya keadan ruangan berpengaruh dengan kotor nya ac , setelah di cuci di bagian indor terdapat cicak cicak mati kata pemilik blower tidak bisa berputas kencang setelah itu di steam hingga waktu 15mnit hingga bersih

    ReplyDelete
  22. Manfaat mencuci ac adalah bersih nya udara yg di keluarkan ac dan dapat mencegah kerusakan ac split karena debu yg menempel pada sistem bisa menjadi gumpalan yang menyebabkan ac kurang dingin

    ReplyDelete
  23. Pengalaman saya saat menyeteam AC Mobil, karna sudah lama tidak dicuci AC tidak dingin walaupun ada Refrijerannya

    ReplyDelete
  24. Pengalaman saya saat mensteam ac split adalah kotoran atau debu pada filter dan evaporator sehingga dingin yang dikeluarkan tidak sempurna/kurang dingin walaupun freon dalam keadaan baik-baik saja.

    ReplyDelete
  25. Pada saat menyeteam AC saya pernah menyeteam hingga selang talang pembuangan air tersumbat,karena lumut yang menempel di unit outdoor,dikarenakan penyeteaman pertama tidak maksimal. Dan akhirnya saya tiup agar kotoran keluar.

    ReplyDelete
  26. Pengalaman saya saat pkl,ketika mensteam ac,kondisi ac sangat kotor bahkan kesingnya pun terdapat sarang tawon ,kata pembimbing pkl saya bila ac kotor seperti ini listrike boros
    Maka diperlukan steam ac agar ac lebih hemat dan udara lebih bersih

    ReplyDelete
  27. Pengalaman Saya ketika steam AC Split "ketika steam AC harus melakukannya dengan perlahan dan berhati-hati, karena jika melakukannya dengan cepat cepat dan tidak berhati-hati ,AC tidak bersih dan bisa merusak komponen kelistrikannya".berikut kata teknisinya.
    dan yang paling di prioritaskan ketika steam AC Split adalah kebersihan dan ketelatenan menyeteamnya.

    ReplyDelete
  28. Pengalaman saya saat menyeteam ac mobil, harus dilakukan dengan hati² agar tidak merusak bagian² pada mobil, biasanya ketika menyeteam ac mobil evap sangat kotor kotoran menumpuk kadang hingga berlendir menyebabkan ac jadi bau dan tidak dingin, jika dibiarkan lama kelamaan evap akan mengalami kebocoran karena porosi sehingga akan mengeluarkan biaya yg lumayan bnyak untuk mengganti evap

    ReplyDelete
  29. Manfaat mencuci AC adalah menjaga AC agar tetap bersih dan udara yang di keluarkan pun bersih dan terasa dingin. Apabila AC kotor, maka udara yang di keluarkan terasa tidak dingin/panas dan dapat menghambat siklus refrigerasi.

    ReplyDelete
  30. Pengalaman saya di pkl mencuci ac adalah kegiatan penting karena jika pada evaporator tidak memakai filter hal ini bisa mengakibatkan evaporator kotor langkah selanjutnya adalah mencuci bagian evaporator

    ReplyDelete
  31. Saya pernah melakukan steam ac di sebuah rumah, kondisi AC nya luar biasa [kotornya] karena pemilik ac mengaku ac nya tifak pernah di steam dari semenjak awal pemasangan kurang lebih sudah 5 tahunan waktu saya steam di temui bermacam kotoran di dalamnya ada telur cicak,debu,sampai telur dinasourus hehe yang terakhir becanda :v . Intinya rutin steam ac adalah langkah awal yang baik dalam perawatan AC

    ReplyDelete
  32. Saya pernah melakukan steam ac di salah satu rumah sakit disukadana yang kondonsi outdoor nya sangat kotor hingga arus ampere naik jauh dari batas normal, dan setelah steam ac selesai (ac sudah bersih) arus ampere kembali normal.

    ReplyDelete
  33. Manfaat mencuci ac secara rutin, dapat memperpanjang usia ac karena setiap komponen berada dalam kondisi yang baik. Juga membuat ac mengeluarkan udara yang dingin secara maksimal karena jika bagian filter Udara tidak ada kotoran atau debu maka proses pendinginan tidak akan terganggu

    ReplyDelete
  34. Manfaat mencuci ac secara rutin dan dan teratur membuat kinerja AC menjadi baik

    ReplyDelete
  35. Pengalaman saya saat steam ac yaitu mencuci ac di tempat pembuatan tepung saat saya mencuci saya mendapat kendala berupa ac sangat dekat dengan panel listrik yg bertegangan tinggi dan ac sangat kotor walaupun hanya 3 bulan yg lalu di cuci tapi ac kotor karena terkena debu dari tepung.

    ReplyDelete
  36. Pengalaman saya mencuci ac mobil, karena ac tersebut sudah lama tidak di steam evaporator ac tersumbat kotoran akibatnya ac tidak dingin walaupun ada refrigerant nya

    ReplyDelete
  37. Pengalaman saya saat mencuci ac yaitu yang kondisi indoornya sangat kotor hingga ac tersebut tidak sejuk untuk di hirup dan pada ac indoor nya ada air yangmenetes ke ruangan tersebut dan setelah saya membersihkan ac tersebut dengan menggunakan alat kami ac tersebut kembali normaldan tidak ada air yang menetes dan udara yg dikeluarkan pun juga sejuk untuk di hirup jadi kita tidak boleh membiarkan ac kita kotor karna dapat menjadi udara yg tidak sehat

    ReplyDelete
  38. Pengalam saya tentang mencuci ac .mencuci ac itu harus rutin minimal satu tahum 4 atau 3 kali agar ac tetap dingin Dan hembusan ac tidak berbau debu Dan ac tidak cepat rusak

    ReplyDelete
  39. Nama:Yohanes Bima Utama


    Pengalaman saya saat servis steam Ac split waktu pkl yaitu yaitu ketika sampai dilokasi melihat kondisi Ac nya sudah berdebu,dibagian indoor keluar tetas air dari dalamnya,ketika dibuka bagian body indoornya melihat evaporatornya sudah belendir dan sangat lah kotor dan dilubang pembuangannya mampet yang menyebabkan tetesan air keluar dari dalam unit indoor Ac split,sebaiknya servis steam Ac split dilakukan 3 bulan sekali agar kualitas udara didalam ruangan lebih bersih

    ReplyDelete
  40. yang saya sering temukan masalah saat steam Ac, kebanyakan mampet ber lendir di saluran pembuangan

    ReplyDelete

Featured post

Logo SMKN 2 Metro featured

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel