7 Cara Efektif Menghemat Pemakaian Listrik di Rumah


Bingung, bagaimana cara menghemat pemakaian listrik di rumah? Atau tagihan listrik di rumah anda membengkak? Tapi anda tidak tahu cara menurunkan tagihan listrik? Yuk, coba simak artikel kita tentang 7 Cara Efektif Menghemat Pemakaian Listrik di Rumah berikut ini.

Tagihan listrik yang membengkak akan akan sangat menyebalkan. Apalagi jika pemakaian listrik dirumah kita biasa-biasa saja. Sebaiknya coba kita mulai memperhatikan pemakaian listrik di rumah.
Apakah rumah anda banyak menggunakan peralatan-peralatan elektronik? Beban tagihan listrik dapat meningkat jika kita banyak menggunakan berbagai peralatan listrik dan elektronik.

AC, Kulkas, TV, setrika, atau dispenser adalah contoh beberapa peralatan listrik yang cukup banyak konsumsi dayanya. Jika setiap anggota keluarga tidak memperhatikan hal ini, maka bisa di pastikan tagihan listrik bulanan anda akan besar.

Lalu bagaimanakah cara menghemat listrik dirumah?

Banyak cara yang bisa kita siasati untuk bisa menghemat pemakaian listrik di rumah. Berikut ini beberapa langkah menghemat listrik:

Jangan Boros dalam Penggunaan Listrik

Saat ini hampir semua perlalatan rumah tangga menggunakan listrik. Sejak bangun tidur, hingga tidur kembali, kita selalu menggunakan peralatan listrik. Walaupun ketergantungan kita terhadap listrik sangat tinggi, cobalah untuk bijak dalam menggunakan listrik.

Janganlah anda boros dalam menggunakan listrik. Lakukan berbagai cara penghematan listrik yang mungkin bisa kita lakukan di rumah. Semisal tidak menggunakan AC atau kipas angin sepanjang hari.

Tidak menyalakan lampu secara sembarangan. Dan berbagai macam penghematan lain yang bisa kita lakukan.

Anda juga harus memperhatikan setiap anggota keluarga anda di rumah. Ajarkan anggota keluarga untuk selalu berhemat. Ingatkan orang tua, saudara, dan anak-anak dalam penggunaan listrik.

Gunakan Lampu Seperlunya

Seringkali kita terbiasa – entah itu sengaja atau tidak – menyalakan lampu penerangan sepanjang hari.

cara efektif menghemat listrik

Lampu kamar mandi misalnya. Kebanyakan orang berpikir bahwa tidak masalah jika lampu kamar mandi dibiarkan menyala sepanjang hari. Dengan alasan, ruangannya hanya kecil, atau daya lampunya yang rendah, sehingga tidak masalah dinyalakan sepanjang hari.

Eits.., tunggu dulu. Walaupun ruangannya kecil, atau daya lampunya rendah, namun jika dinyalakan sepanjang hari tentu sama saja penggunaaan listriknya akan banyak. Dan itu merupakan pemborosan listrik.

Sebaiknya, gunakan lampu penerangan saat diperlukan saja. Terapkan di setiap ruangan di rumah anda.

Mematikan lampu teras atau halaman belakang rumah ketika telah pagi hari. Jangan sampai kita sudah berangkat bekerja tapi lupa mematikan lampu teras depan rumah kita.

Pilihlah Lampu Hemat Energi

Gunakanlah lampu hemat energi di rumah anda. Penggunaan lampu hemat energi akan sangat terasa dapat menghemat pemakaian listrik.

tips menghemat listrik


Lampu hemat energi bisa anda dapatkan di toko-toko listrik dengan mudah. Saat ini lampu hemat energi yang banyak dicari adalah jenis lampu LED.

Lampu LED memungkinkan untuk menurunkan konsumsi daya listrik. Karena teknologi yang ada pada lampu LED dapat memancarkan cahaya yang lebih terang dari lampu biasa, namun dengan daya yang lebih kecil.

Jika di rumah anda masih banyak menggunakan lampu pijar, maka sebaiknya anda menggantinya dengan lampu hemat energi. Lampu pijar, disamping dayanya lebih besar, cahayanya pun berwarna kuning dan kurang terang bila dibandingkan dengan jenis lampu LED.

Segeralah beralih ke lampu hemat energi.

Gunakan AC Seperlunya

AC merupakan peralatan listrik yang konsumsi daya listriknya cukup besar. Dengan pemakaian yang intens, maka bisa dipastikan penggunaan daya listrik akan bertambah besar.

Untuk AC ukuran ½ PK mempunyai daya sekitar 400W-500W. AC ukuran ¾ PK memiliki konsumsi daya sekitar 500W-600W. Dan konsumsi daya listrik untuk AC ukuran 1 PK sebesar 600W-750W.
Besaran di atas adalah untuk tipe-tipe AC standar. Untuk AC berdaya rendah atau low watt, maka bisa menekan konsumsi daya lebih baik lagi. AC low watt telah didesain sedemikian rupa sehingga dengan teknologi yang dimilikinya dapat menurunkan pemakaian daya untuk unit kompresornya.

Untuk anda yang berencana memasang AC baru, pilihan AC low watt bisa anda pertimbangkan.
Dengan besarnya daya pada AC, maka gunakanlah AC seperlunya saja. Agar pemakaian listrik tidak boros.

Aturlah setting suhu sesuai dengan kebutuhan. Mengatur suhu remot AC pada posisi paling dingin akan membuat kompresor AC akan terus bekerja. Hal ini tentu saja membuat konsumsi listriknya akan besar.

Gunakan Peralatan Listrik Berdaya Rendah

Cara menghemat pemakaian listrik selanjutnya berkaitan dengan penggunaan peralatan listrik.
Di rumah anda pasti banyak peralatan listrik yang anda miliki. Contohnya seperti, TV, kipas angin, setrika, penanak nasi, kulkas, AC dan lain sebagainya. Kesemua peralatan listrik itu dapat menghabiskan daya listrik yang cukup besar.

Setrika listrik dan penanak nasi cenderung menghabiskan daya yang besar saat beroperasi. Hal ini disebabkan karena peralatan tersebut menggunakan elemen pemanas di dalamnya. Penggunaan elemen pemanas tersebut membutuhkan daya listrik yang besar.

Untuk itu pilihlah peralatan elektronik berdaya rendah ketika anda hendak membeli barang-barang tersebut.

Cabut kabel peralatan listrik yang tidak digunakan

Kedengaranya hal ini agak aneh ya? Namun hal ini bisa menghemat listrik juga lho. Berikut ini penjelasannya.

Setiap peralatan listrik pasti terdapat komponen-komponen listrik di dalamnya. Saat beroperasi, jelas komponen-komponen ini membutuhkan energi listrik.

Namun, saat tidak beroperasi (stanby) pun komponen-komponen ini tetap mengkonsumsi daya listrik, meskipun dalam jumlah yang kecil.

Misalnya begini..

Anda biasanya menonton TV hanya 1-2jam dalam sehari. Atau jika anda senang menonton TV mungkin sampai 5 jam dalam sehari. Nah sekarang pertanyaannya; berapa lamakah TV dalam keadaan tidak ditonton?

TV anda akan berada dalam kondisi stanby atau tidak ditonton selama 19-22jam dalam sehari. Waktu yang lama bukan? Nah, di sinilah terjadi konsumsi daya listrik yang tidak kita sadari. Yang jika ini terjadi setiap hari maka cukup banyak juga menghabiskan daya listrik.

Untuk menghemat listrik tersebut, sebaiknya cabut kabel daya peralatan listrik ketika tidak digunakan. Selain pada TV, anda bisa mencabut kabel power kipas angin, radio tape, computer, AC dll.

Gunakan listrik sistem Pulsa

Tips hemat listrik berikutnya adalah dengan menggunakan listrik sistem pulsa.
Sekarang ini PLN telah mengharuskan pemakain listrik sistem pulsa untuk pemasangan baru. Sistem pulsa ini bersifat prabayar.

Dengan sistem pulsa, anda harus membeli token listrik dengan jumlah tertentu sebelum bisa memakai listrik. Secara tidak langsung, maka hal ini akan mengharuskan anda untuk lebih cermat dan bijak dalam pemakaian listrik di rumah.

Pembelian token listrik bisa diatur sesuai dengan kebutuhan, sehingga lebih dapat mengontrol pemakaian listrik. Sesuaikan dengan pemakaian listrik bulanan anda.

Itulah tadi beberapa cara menghemat pemakaian listrik yang bisa diterapkan di rumah anda. Mungkin beberapa sudah anda terapkan, dan yang lain bisa anda coba terapkan juga. Semoga artikel ini memberi manfaat bagi anda.


0 Response to "7 Cara Efektif Menghemat Pemakaian Listrik di Rumah"

Post a Comment

Featured post

Jenis-Jenis Kertas Gambar dan Fungsi Penggunaannya featured

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel