-->

Penyebab Lampu Kulkas Mati dan Cara Memperbaikinya

Penyebab Lampu Kulkas Mati dan Cara Memperbaikinya


Kulkas merupakan peralatan listrik yang lazim ada di rumah. Fungsinya sebagai media penyimpan bahan makanan dan minuman agar tetap segar dan awet.

Namun terkadang ada kendala yang terjadi pada kulkas. Yang akan kita bahas pada artikel kali ini adalah Penyebab Lampu Kulkas mati dan Cara Memperbaikinya

Jika saat malam hari ketika kita ingin mengambil makanan atau minuman di kulkas, tapi lampu kulkas kita mati, maka hal itu akan cukup menyulitkan kita. Kita jadi tidak dapat melihat dengan jelas isi dari kulkas kita.

Jika anda mengalami masalah ini, jangan terlalu panik. Ini bukan berarti kulkas anda sudah tidak dapat hidup lagi atau mati. Mari kita bahas penyebabnya dulu.

Jika lampu kulkas mati namun kulkas tetap dingin, maka dapat dipastikan kerusakan terjadi pada bagian kelistrikan lampu. Berikut ini adalah beberapa sebab yang dapat mengakibatkan lampu kulkas anda mati.

Penyebab Lampu Kulkas Mati

Berikut ini beberapa penyebab lampu kulkas tidak menyala atau mati.

Kabel power kulkas rusak atau putus.

Penyebab rusaknya kabel power bisa karena digigit tikus, atau rusak karena korosi pada kawat tembaga kabel power sehingga tidak dapat mengalirkan arus listrik.

Lampu kulkas putus karena usia

Kulkas termasuk peralatan listrik yang tahan lama. Bahkan mungkin ada diantara kita yang usianya lebih muda daripada kulkas dirumah he..he.. Penyebab lampu kulkas mati dapat juga terjadi karena usia lampu pada kulkas sudah terlalu lama pemakaiannya, sehingga kawat filamen lampu putus dan perlu diganti.

Saklar lampu kulkas mengalami kerusakan

Penyebab selanjutnya adalah kerusakan pada saklar lampu kulkas. Saklar lampu pada kulkas berupa door switch, yaitu saklar yang terdapat pada pintu kulkas. Cara kerja saklarnya adalah dengan mekanisme buka tutup pintu kulkas. Jika pintu kulkas dibuka, maka lampu akan menyala. Sedangkan jika pintu kulkas ditutup, maka lampu akan mati.

 

Cara Memperbaiki Lampu Kulkas yang Mati

Dari beberapa penyebab lampu kulkas tidak menyala atau mati yang telah disebutkan di atas, maka bisa kita ambil tindakan untuk memperbaikinya. Berikut ini cara perbaikan yang bisa anda lakukan.

Cek Sambungan kabel ke stop kontak

Periksalah sambungan kabel power kulkas anda dengan stop kontak. Cek juga fisik kabel power, apakah putus atau rusak. Kabel yang putus atau rusak dapat menjadi penyebab kulkas anda tidak menyala, karena kulkas tidak mendapat suplai arus listrik dari stop kontak.

Untuk memperbaikinya, anda perlu mengganti kabel power yang rusak atau putus tersebut dengan yang baru.

Cek Fisik Lampu Kulkas

Periksalah kondisi fisik dari lampu kulkas. Lampu kulkas terletak menempel di dinding bagian dalam kulkas. Bukalah penutup lampu dengan menggunakan alat seperti obeng. Lalu periksalah kondisi lampu.


Cara Memperbaiki Lampu Kulkas Mati


Jika lampu putus, gantilah dengan lampu baru sesuai dengan daya (Watt) lampu kulkas anda. Lampu yang putus biasanya berwarna hitang akibat lampu gosong.

Untuk lebih mudahnya, bawalah lampu yang putus tersebut ke toko yang menjual sparepart kulkas. Penjual akan dengan mudah memberikan lampu kulkas baru yang sesuai dengan spesifikasinya.

Cek Saklar Lampu pada Kulkas

Untuk memeriksa kondisi saklar lampu kulkas (door switch) coba lakukan dengan cara membuka saklar door switch dengan hati-hati. Periksa kontak-kontak pada saklar, apakah masih normal atau tidak.

Kontak pada saklar kulkas dapat mengalami gangguan oleh kotoran atau karat. Bersihkan saklar tersebut dari kotoran atau karat yang menempel. Gangguan juga dapat berupa putusnya sambungan kabel pada saklar lampu kulkas. Perbaikilah sambungan tersebut jika mengalami kerusakan.

Cek Kompresor Kulkas

Jika kabel power tidak ada masalah, dan lampu dan saklar juga tidak ada masalah, langkah selanjutnya adalah memeriksa kompresor kulkas. Kompresor merupakan komponen utama pada kulkas anda. Simpelnya kompresor berfungsi untuk memompa bahan pendingin ke seluruh sistem kulkas, sehingga kulkas dapat menjadi dingin.

Jika kompresor bermasalah, maka proses pendinginan di dalam kulkas sudah pasti ada masalah. Cek kompresor kulkas dengan menyentuhnya dengan tangan secara langsung. Periksa apakah ada getaran pada kompresor. Getaran pada kompresor terdengar dan terasa halus, maka periksa dengan seksama.

Jika ada suara dan getaran berarti pertanda kompresor kulkas masih bekerja. Tapi jika tidak ada suara dan getaran, berarti kompresor kulkas anda bermasalah.

Itulah tadi beberapa Penyebab Lampu Kulkas Mati dan Cara Memperbaikinya yang bisa anda coba llakukan sendiri. Jika anda mengalami kesulitan saat memperbaiki kulkas anda, anda dapat menghubungi jasa servis kulkas di sekitar tempat tinggal anda.

0 Response to "Penyebab Lampu Kulkas Mati dan Cara Memperbaikinya"

Post a Comment

Featured post

Logo SMKN 2 Metro featured

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel