-->

Cara Membuat Kelas Online dengan Google Classroom

Google Classroom merupakan suatu platform pembelajaran yang dapat digunakan guru dan siswa secara gratis. Sekarang ini banyak yang menggunakan Google Classroom untuk melakukan pembelajaran online.  Ditambah dengan situasi kesehatan bangsa Indonesia sekarang ini akibat adanya wabah virus.

Dengan kondisi seperti itu maka mau tidak mau pembelajaran harus dilakukan tanpa tatap muka, alias daring (dalam jaringan). Untuk melakukan pembelajaran daring banyak platform yang bisa dipilih. Salah satu pilihan aplikasi pembelajaran jarak jauh (online) yang tersedia secara gratis adalah Google Classroom.

Pada artikel ini akan dibahas tentang cara membuat kelas online dengan Google Classroom. Dan juga Cara menggunakan Google classroom. Sebelumnya kita lihat dulu apa saja manfaat Google Classroom itu.

Cara Membuat Kelas Online dengan Google Classroom


Manfaat Google Classroom

Google Classroom memungkinkan untuk terciptanya interaksi belajar yang cukup efektif antara guru dengan siswa. Untuk lebih detail mengenai manfaat menggunakan Google Class Room adalah sebagai berikut:

Berbagi materi pelajaran kepada siswa

Guru dapat memasukkan konten pelajaran ke dalam Google Classroom. Konten pelajaran dapat berupa file gambar, video, dokumen, link, dan konten lainnya.

Dapat memberikan dan mengirimkan tugas dengan mudah

Dengan membuat kelas online dengan Google Classroom guru dapat memberikan tugas sesuai dengan materi pelajaran yang telah disampaikan. Tugas-tugas tersebut akan tercantum di Google Classroom sehingga siswa dapat mengerjakan tugas-tugas tersebut. 

Selain itu siswa juga dapat dengan mudah memeriksa tugas apa yang telah dikerjakan atau yang belum dikerjakan.

Dapat digunakan untuk melakukan ujian atau kuis lainnya

Penilaian dapat dilakukan dengan mudah dan terjadwal. Dapat mengintegrasikan dengan Google Form dana atau bentuk ujian yang lain. Tutorialnya dapat anda baca pada artikel Cara Membuat Soal Online dengan Google Form. Guru dapat memberikan nilai di Goole Classroom, sehingga siswa mempunyai catatan nilainya masing-masing.

Terdapat fitur chat yang interaktif

Layanan chat yang tersedia di google classroom akan mempermudah komunikasi peserta didik dengan guru. Guru dan siswa dapat berinteraksi secara real time sehingga akan memudahkan komunikasi dalam kegiatan belajar online.

Memiliki agenda kegiatan berdasarkan tanggal

Dengan adanya penjadwalan agenda, maka kegitan pembelajaran akan lebih mudah terlaksana. Dengan adanya jadwal agenda, akan memperingatkan guru dan siswa akan agenda yang akan berlangsung.

Diatas adalah beberapa manfaat Google Classroom yang bisa kami tuliskan.  Mungkin dapat menemukan manfaat lain penggunaan Google Clasroom untuk pembelajaran online. Google Classroom ini gratis, dan dapat diakses menggunakan android.

Google Classroom juga dapat dintegrasikan dengan Google Drive, Google Form, Dos, Sheet, Slide dan aplikasi milik google lainnya.


Cara Membuat Kelas Dengan Google Classroom

Berikut ini akan kami sampaiakan langkah-langkah dalam membuat kelas online dengan menggunakan Google Classroom

  • Ketikkan “Google Classroom” di kolom pencarian Google.


  • Klik pada link hasil pencarian pertama yang muncul. Maka anda akan dibawa ke halaman Google Classroom


  • Di halaman Google Classroom, klik tanda panah (+) di pojok kanan atas.
  • Akan muncul dua pilihan. Pilihan pertama Gabung ke Kelas digunakan untuk siswa masuk ke dalam kelas. Pilihan kedua Buat kelas, digunakan untuk membuat kelas di Google Classroom. Pilih Buat Kelas.

tutorial Cara Membuat Kelas Online dengan Google Classroom


  • Akan muncul sebuah pesan notifikasi. Beri tanda centang , dan klik Lanjutkan.


  • Setelah itu akan muncul isian detail kelas yang akan kita buat. Silahkan anda isi sesuai dengan kebutuhan dan deskripsi kelas anda.


Nama Kelas: Wajib diisi. Beri nama kelas sesuai dengan keinginan kita.

Bagian: Silahkan diisi sesuai dengan kebutuhan anda

Mata Pelajaran: Tuliskan mata pelajaran yanga akan disampaikan

Ruang: Sesuaikan dengan kebutuhan kelas anda

  • Jika sudah selesai mengisi detail kelas, klik Buat.


Dan…, kelas pertama anda telah berhasil dibuat.

Cara Membuat Kelas Online dengan Google Classroom


Anda dapat membagikan kode kelas anda kepada siswa, agar mereka dapat masuk ke dalam kelas yang anda buat. Kode kelas ibarat PIN atau kunci untuk bisa bergabung ke dalam kelas.

Demikianlah tutorial cara membuat kelas online dengan google classroom. Semoga dapat membantu anda dalam mengajar secara online. Simak juga artikel Cara Mudah Membuat Absen Online untuk Pembelajaran

3 Responses to "Cara Membuat Kelas Online dengan Google Classroom "

  1. Google memang selalu memberikan pelayanan terbaik meski secara online

    ReplyDelete
  2. Google memang selalu memberikan pelayanan terbaik meski secara online

    ReplyDelete

Featured post

Logo SMKN 2 Metro featured

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel