-->

Prospek Kerja bagi Lulusan SMK Bidang Teknik Pendingin dan Tata Udara

Beberapa Prospek Kerja Teknik Pendingin dan Tata Udara Saat Ini

Teknik Pendingin dan Tata Udara (TPTU) merupakan jurusan teknik yang dijadikan program keahlian ditingkat SMK/MAK maupun universitas. Pada program keahlian TPTU SMK dipelajari teknik-teknik dalam sistem pendingin dan tata udara. Materi yang dipelajari si SMK terdiri dari dasar kompetensi keahlian dan materi kompetensi keahlian. 

Saat ini sistem pendingin semakin luas bahkan sampai sistem pendingin yang terdapat di gedung-gedung tinggi dan megah, serta sistem pendingin di dalam mesin-mesin otomotif atau elektronik. Dengan perkembangan teknologi sekarang ini, maka semakin dibutuhkan tenaga engineer sistem pendingin di perkantoran, hotel, mall, dan gedung-gedung lainnya. 


Mata Pelajaran Umum Tingkat SMK

Dilihat dari pelajaran yang diajarkan di jurusan TPTU, secara umum yang materi yang dapat dikuasai adalah bidang refrigerasi, listrik, fisika, gambar teknik, mesin, dan lain-lain.

Beberapa mata pelajaran Teknik Pendingin dan Tata Udara (TPTU) yang biasa diajarkan di SMK/MAK adalah sebagai berikut:

  • Simulasi Digital
  • Gambar Teknik Listrik
  • Dasar Listrik dan Elektronika
  • Pekerjaan Dasar Elektromekanik
  • Sistem dan Instalasi Refrigerasi
  • Sistem dan Instalasi Tata Udara
  • Sistem Kontrol Refrigerasi
  • Sistem Kontrol Tata Udara
  • Pengembangan Produk Kreatif 


Prospek Kerja Lulusan SMK Bidang Teknik Pendingin dan Tata Udara


Prospek Kerja Teknik Pendingin dan Tata Udara

Prospek kerja jurusan Teknik Pendingin dan Tata Udara adalah sebagai berikut:


Karyawan di Perusahaan Sistem Pendingin

Bagi lulusan SMK Teknik Pendingin dan Tata Udara, Anda dapat melamar pekerjaan di perusahaan-perusahaan produsen mesin pendingin seperti AC, Kulkas, atau mesin sistem pendingin lainnya. Salah satu contoh perusahaannya adalah Panasonic dan Daikin. Kedua perusahaan ini merupakan salah satu perusahaan mesin pendingin atau mesin refrigerasi. Dan masih banyak beberapa perusahaan mesin pendingin lainnya. Bisa juga pada perusahaan pembuat spare part mesin pendingin.

Beruntung lagi jika sekolah Anda bekerja sama dengan perusahaan ini atau memiliki MoU perekrutan lulusan untuk menjadi tenaga kerja di perusahaan. Anda akan punya kesempatan untuk PKL atau magang industri dan mendapatkan penguji kompetensi Anda yang langsung dari ahlinya. Selain perekrutan tenaga kerja setelah lulus nanti.


Karyawan di Perusahaam Umum

Anda bisa melamar pekerjaan yang membutuhkan tenaga engineer sistem pendingin di gedung perusahan tersebut seperti kantor, hotel, mall, dan gedung-gedung lainnya. Anda juga akan mempunyai kesempatan bekerja di perusahaan kontraktor ataupun konsultan sistem pendingin, dimana  saat ini sangat dibutuhkan seiring dengan semakin banyaknya pembangunan gedung-gedung di perkotaan.

Tenaga teknis ini dapat melakukan pekerjaan instalasi, perawatan dan perbaikan mesin-mesin pendingin. Jangan takut, sebelum anda mulai bekerja di perusahaan ini, biasanya dilakukan diklat atau training terlebih dahulu.


Tenaga Pendidik  

Alumni jurusan TPTU juga memiliki kesempatan untuk melanjutkan ke jenjang universitas dengan jurusan yang sama atau jurusan teknik lainnya. Fleksibilitas SMk sangat baik untuk dapat melanjutkan ke jenjang universitas. 

Tak menutup kemungkinan Anda akan memiliki kesempatan juga untuk menjadi tenaga pendidik di sekolah-sekolah seperti SMK/MAK setelah lulus pendidikan di universitas tersebut.


Wirausahawan 

Dengan keahlian yang dipelajari dan dipraktekkan di SMK/MAK atau perkuliahan, maka Anda punya kemampuan dan keahlian mengenai sistem pendingin. Bermodalkan skill dan pengetahuan itu Anda bisa membuka usaha servis mesin pendingin seperti AC, kulkas, AC mobil atau mesin pendingin lainnya.

Banyak yang bukan lulusan bidang TPTU, tapi bisa berwirausaha di bidang TPTU. Apalagi jika Anda lulusan TPTU, sudah pasti memiliki bekal lebih yang mendukung usaha Anda.

Itulah tadi beberapa prospek kerja bagi lulusan jurusan Teknik Pendingin dan Tata Udara. Masih banyak lagi kemungkinan prospek kerja lainnya yang belum disebutkan di atas.

Perlu diingat, jurusan TPTU di SMK/MAK, di beberapa wilayah belum terlalu populer dibandingkan jurusan otomotif atau TIK. Dengan kondisi ini kemungkinan Anda memiliki peluang yang cukup besar untuk masuk menjadi tenaga produktif, karena masih sedikitnya pesaing di bidang teknik pendingin dan tata udara.


Hasil UH 2 Mapel SIR

XI TPTU 1

 



XI TPTU 2





Hasil UH 2 Mapel KRTU

XI TPTU 1



XI TPTU 2





0 Response to "Prospek Kerja bagi Lulusan SMK Bidang Teknik Pendingin dan Tata Udara"

Post a Comment

Featured post

Kelebihan dan Kekurangan Panggangan Gas (Gas Grill) featured

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel