Ukuran Thermofuse dan Cara Pengecekannya

Daftar Isi

Fungsi dan Ukuran Thermofuse

Fungsi thermofuse pada peralatan listrik adalah sebagai pengaman dari beban lebih berupa arus listrik dan panas yang berlebihan. Thermofuse bertindak sebagai sekering pengaman dari arus listrik dan panas yang berlebihan pada peralatan listrik di rumah anda. 

Artikel ini akan membahas berbagai hal terkait thermofuse seperti; prinsip kerja thermofuse, jenis dan ukuran thermofuse, dan cara pengecekan thermofuse. berikut ini penjelasan mengenai thermofuse pada yang sering dipakai pada peralatan listrik.

Nama Lain dari Thermofuse

Komponen ini juga memiliki banyak istilah penyebutan namanya. Beberapa istilah dalam penyebutan thermofuse, yaitu: Thermal Fuse, Thermo Fuse, Thermal Cutoff, Sekering, sekering panas, atau sekering suhu.

Kegunaan hermofuse untuk mengamankan rangkaian atau komponen lain agar tidak terbakar akibat panas yang ditimbulkan oleh beban listrik yang berlebih. Thermofuse banyak digunakan pada berbagai jenis peralatan listrik.

Pada peralatan listrik rumah tangga, komponen termofuse ini biasanya dipakai pada kipas angin, motor pompa air, penanak nasi (magicom/ magic jar) dan peralatan sejenisnya yang menggunakan lilitan kawat tembaga atau menggunakan elemen pemanas pada komponennya atau pada komponen yang membutuhan proteksi panas.


Prinsip Kerja Thermofuse

Prinsip kerja thermofuse atau sekering suhu adalah dengan berdasarkan pada nilai suhu dan arus yang terukur pada peralatan listrik. Misalnya pada termofuse tertera angka 150oC 2A. Angka ini berarti bahwa thermofuse akan putus jika arus yang mengalir lebih dari 2 Ampere, atau jika suhu mencapai lebih dari 150oC.

Jika suhu yang terdeteksi melebihi batas maksimal dari thermofuse, maka komponen tersebut akan putus. Putusnya thermofuse demi melindungi lilitan kawat tembaga agar tidak hangus atau terbakar.

Jika thermofuse tidak putus, maka beban berlebih akan mengalir ke lilitan kawat tembaga, sehingga lilitan akan terbakar. Hal ini akan menyebabkan kerusakan yang lebih parah pada peralatan listrik.

 

Jenis dan Bentuk Thermofuse

Thermofuse yang ada dipasaran ada yang berbentuk kotak dan ada juga yang bentuknya tabung seperti resistor. Thermofuse terdiri merupakan sutu kawat lebur yang memiliki titik lebur tertentu. Kawat lebur ini dibungkus dengan menggunakan bahan plastic atau bahan keramik.

Fungsi thermofuse


Bentuk thermofuse yang sering digunakan pada peralatan listrik diperlihatkan pada gambar di bawah ini. Untuk thermofuse berbentuk kotak bahan pelindungnya terbuat dari plastik. Thermofuse berbentuk tabung seperti resistor, pelindungnya terbuat dari bahan keramik atau aluminium.

 

Ukuran Thermofuse

Thermofuse pada peralatan listrik berbeda-beda ukurannya. Tergantung pada fungsi pengamanan yang dibutuhkan peralatan listrik.

Ukuran spesifik dari thermofuse dapat dilihat pada nilai yang tertulis di bagian body komponen. Penggantian komponen ini harus sama dengan spesifikasi yang telah ditetapkan oleh pembuat peralatan listrik. Untuk contohnya perhatikan gambar berikut ini.

ukuran thermofuse

Thermofuse pertama memiliki batas suhu 100oC. Thermofuse kedua memiliki batas suhu 115oC, tegangan 250V. Pada gambar ketiga adalah sebuah thermofuse dengan spesifikasi batas suhu 135oC, tegangan 250V dan arus 2A.

 

Letak Komponen Thermofuse

Thermofuse pada peralatan listrik dipasang menempel pada bagian komponen yang dilindungi. Misalnya pada lilitan kawat tembaga pada motor listrik, lilitan pada elemen pemanas, pada terminal kabel, dan lain sebagainya.

Thermofuse Kipas Angin

 

thermofuse pada kipas angin

Thermofuse kipas angin misalnya, pemasangan thermofuse pada kipas angin dipasang seri dengan lilitan motor kipas angin. Thermofuse pada kipas angin dipasang menempel pada lilitan motor. Jika lilitan motor menjadi terlalu panas melebihi kapasitas dari thermofuse, maka thermofuse akan memutus arus listrik. Dengan demikian lilitan motor terhindar dari bahaya terbakar.

Thermofuse Magicom / Magic Jar

thermofuse magicom

Thermofuse pada magicom atau penanak nasi digunakan untuk melindungi elemen pemanas dari panas yang berlebih. Pemasangannya juga dipasang seri dengan elemen pemanas, tetapi tidak menempel pada elemen tersebut. Komponen ini dipasang seri bertujuan agar komponen lain (yang lebih penting dan harganya mahal) dapat terlindungi.

Thermofuse pada Kulkas

Pada kulkas dua pintu, juga terdapat komponen thermofuse. Thermofuse pada kulkas dua pintu terdapat pada defrost heater. Gunanya untuk melindungi heater atau pemanas agar tidak berlebih. Heater pada kulkas dua pintu berfungsi untuk mencairkan bunga es yang ada pada evaporator.

ukuran thermofuse kulkas


Cara Mengecek Thermofuse

Cara mengecek thermofuse kipas angin, magicom atau kulkas masih bagus atau sudah rusak. Cara melakukan cek thermofuse dilakukan dengan menggunakan sebuah multimeter atau multitester. Berikut ini adalah cara mengecek komponen thermofuse:

  1. Pilih selektor OHM pada multimeter.
  2. Lakukan kalibrasi nol jarum multimeter.
  3. Setelah itu, hubungkan probe multimeter ke kaki-kaki komponen thermofuse. Themofuse tidak ada polaritas pada kaki komponennya. 
  4. Jika jarum bergerak menunjukkan angka, maka thermofuse masih baik (tidak putus)
  5. Jika jarum multimeter tidak bergerak, berarti thermofuse putus.


Cara Mengganti Thermofuse

  • Untuk mengganti komponen ini, carilah pengganti yang sama dengan aslinya. Perhatikan nilai ampere dan suhu yang tertera pada komponen tersebut. Gantilah dengan nilai yang sama.
  • Jika komponen pengganti nilainya lebih kecil atau lebih besar, maka dapat menyebabkan masalah.

 

Harga Thermofuse

Harga thermofuse tidak begitu mahal. Thermofuse ini dijual mulai harga Rp 2000,- hingga Rp 10.000,- perbuah. Ini untuk jenis thermofuse yang berbentuk kotak dan tabung keramik. Untuk harga thermofuse dengan bahan logam seperti aluminium maka harga sedikit lebih mahal. Anda bisa membeli komponen thermofuse ini di toko peralatan elektronik baik offline maupun online.

Demikianlah informasi seputar komponen thermofuse. Semoga bermanfaat. Silahkan di share..

1 komentar

Berkomentar dengan sopan.
Comment Author Avatar
2/10/21 08:20 Hapus
Kenapa ya thermalfuse penanak nasi selalu putus saat perpindahan dari penanak ke pemanas(warm).
Padahal pemanas(warm) gk korsletšŸ¤”