-->
Indonesia Website Awards

Cara Menambal Freezer Kulkas Bocor

Cara Menambal Freezer Kulkas Bocor

Evaporator merupakan bagian dari sebuah kulkas yang paling dingin suhunya. Pada komponen ini bahan pendingin kulkas (biasa disebut orang Freon) memiliki temperatur paling rendah alias dingin. Evaporator kulkas biasa disebut oleh orang dengan sebutan freezer.

Freezer pada kulkas banyak dimanfaatkan oleh pemiliknya untuk menyimpan atau membuat es. Bisa es krim, atau es batu. Karena manfaatnya itu sangat penting, maka jika ada kerusakan pada freezer ini maka kulkas tidak bisa membekukan es.

Biasanya, es batu yang kita buat di freezer akan melekat kuat dengan permukaan freezer tersebut. Dan hal ini banyak menyulikan kita ketika hendak mengambil es batu tersebut.

Bagi yang tidak tahu, mereka menggunakan banda tajam semisal sendok, garpu atau pisau untuk melepaskan atau mencongkel es batu yang menempel freezer. Tak ayal hal ini kadang mengakibatkan freezer atau evaporator kulkas menjadi tertusuk, dan bocor. 

Pada artikel kali ini akan kita bahas Cara Menambal Freezer Kulkas Bocor.


Kebocoran Freezer Kulkas

Kebocoran freezer pada kulkas kadang tidak terdeteksi oleh pemilik kulkas. Hal ini karena lubang kebocoran freezer biasanya bersifat halus. Yang paling sering terjadi adalah kecocoran akibat tertusuk benda tajam saat mencongkel es batu.

Kebocoran freezer banyak terjadi pada kulkas satu pintu dengan freezer berbentuk plat alumnunium. Komponen ini bersentuhan langsung dengan bahan makanan dan juga oleh kita.

Pada kulkas dua pintu, evaporator berbentuk pipa alumunium yang berliku-liku. Kemudian, evaporator kulkas dua pintu terletak di bagian belakang terlindungi oleh sekat pemisah.

Oleh karena letak evaporator kulkas dua pintu terlindungi, maka komponen ini tidak bersentuhan langsung dengan bahan makanan dan juga oleh kita. Karena itu jarang terjadi kebocoran pada evaporator kulkas dua pintu.


Akibat Freezer Kulkas yang Bocor

Akibat dari freezer yang tertusuk dan bocor akan mengakibatkan bahan pendingin kulkas keluar. Menguapnya bahan pendingin tersebut ke udara akan berakibat proses pendinginan tidak terjadi. Tidak ada proses evaporasi dan kondensasi bahan pendingin.

Memang, kompresor atau mesin kulkas akan tetap beroperasi seperti biasanya. Namun itu semua sia-sia karena proses pendinginan tidak terjadi akibat adanya kebocoran pada sistem.


Cara Menambal Freezer Kulkas yang bocor

Jika freezer kulkas dirumah anda bocor, maka mau tidak mau anda harus melakukan servis pada bagian freezer yang bocor tersebut.

Servis freezer kulkas yang bocor dilakukan dengan cara menambal. Menambal freezer kulkas memerlukan beberapa peralatan. Peralatan yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan menambal freezer evaporator kulkas yang bocor adalah sebagai berikut.

  • Alat las, bisa las LPG atau menggunakan Hi-Cook
  • Bahan tambah aluplatinum
  • Amplas

Cara Menambal Freezer Kulkas Bocor

Jika kebocoran belum diketahui, lakukan pengecekan kebocorn freezer dengan menggunakan air sabun. Caranya dengan menghidupkan kulkas dan kemudian mengoleskan air sabun ke seluruh permukaan plat freezer. Pada bagian yang bocor, akan menyebabkan air sabun berbuih atau bergelembung.

Jika lubang kebocoran telah diketahui, maka proses menambal dapat langsung dikerjakan.

Baca Juga: Penyebab Kulkas Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya

Langkah-Langkah Cara Menambal Freezer Kulkas Bocor

  • Amplas bagian freezer kulkas yang bocor. Proses ini untuk menghilangkan cat pada permukaan freezer.


Evaporator Kulkas Bocor

  • Bersihkan bagian yang bocor tersebut dari minyak oli yang berasal dari kulkas.
  • Panasi bagian freezer yang bocor dengan las atau Hi-Cook. Gunakan api yang sedang, hal ini karena permukaan freezer aluminium cukup tipis. Panas yang terlalu tinggi dapat menyebakan freezer berlubang (bolong).
Las Freezer Kulkas Bocor
  • Setelah cukup panas, tambahkan bahan tambah aluplatinum ke bagian yang bocor. Lakukan seperti layaknya anda menyolder dengan timah.
  • Pastikan lubang kebocoran tertutup dengan sempurna.
Demikianlah Cara Menambal Freezer Kulkas Bocor. Semoga bisa menambah pengetahuan anda. Terimakasih sudah berkunjung ke blog www.dinginaja.com.

0 Response to " Cara Menambal Freezer Kulkas Bocor"

Posting Komentar

Berkomentar dengan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel