Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengecek Kebocoran Evaporator Kulkas

Kebocoran Evaporator Kulkas

Kulkas di rumah anda tidak dingin? Tidak bisa membekukan es batu? Mungkin kulkas anda bocor.

Lalu bagaimana cara mengecek kebocoran kulkas? Nah, artikel kali ini akan mengupas tentang cara mengecek kebocoran evaporator kulkas.

Kebocoran evap atau bagian freezer kulkas umum terjadi dalam dunia servis kulkas. Sebagian orang kurang berhati-hati dalam mengeluarkan atau mengambil es batu dari dalam freezer kulkas.

Ada yang memakai pisau, garpu, sendok, obeng, atau benda lain untuk mencongkel es batu yang lengket pada freezer kulkas. Bagi orang yang paham tentang kulkas, ia akan lebih berhati-hati dalam mengambil es batu dari freezer kulkas.

Penyebab es batu lengket dengan freezer atau evaporator kulkas bisa jadi karena kulkas sering dibuka-tutup berkali-kali. Membuka kulkas terlalu sering akan mengakibatkan salju atau bunga es menumpuk pada evaporator kulkas.

Bunga es ini berasal dari uap air di udara yang terkondensasi atau membeku akibat suhu dingin evaporator. Maka semakin sering kita membuka kulkas, maka tumpungan salju bunga es akan semakin tebal.

 

Tanda Kebocoran Evaporator Kulkas

Walaupun evap kulkas bocor, kompresor kulkas tetap dapat bekerja seperti biasa. Namun tidak terjadi proses pendinginan.

Kita mesti tahu tanda-tanda evaporator kulkas mengalami bocor. Apa saja tanda kulkas yang bocor? Berikut ini beberapa pertanda kulkas kita mengalami kebocoran.

1. Kulkas tidak dingin

Ini merupakan hal yang paling kita rasakan jika kulkas bocor. Kebocoran akan mengakibatkan bahan pendingin (refrigeran) akan keluar dari sistem. Bahan pendingin atau sering dikenal dengan Freon adalah zat yang berfungsi untuk mendinginkan pada siklus pendinginan kulkas.

2. Ada bau menyengat dari kulkas

Bau menyengat yang timbul berasal dari bahan pendingin kulkas. Bagi orang yang berhidung sensitive, tentu akan sangat merasakan bau yang timbul dari refrigerant yang bocor.

Walaupun bau refrigerant cukup menyengat, namum zat ini tidak beracun. Karana kulkas telah menggunakan bahan pendingin yang aman bagi manusia dan hewan.

3. Ada noda oli di evaporator

Oli ini merupakan oli yang berasal dari pelumas kompresor. Selain untuk melumasi bagian piston kompresor, sebagian kecil oli ikut bersirkulasi pada sistem kulkas. Jika pada evaporator mengalami kebocoran, maka oli akan ikut keluar akibat tekanan dari kompresor.

Jika anda melihat bercak oli pada permukaan evaporator atau freezer kulkas, maka dapat dipastikan kulkas mengalami kebocoran.


Cara Mengecek Kebocoran Evaporator Kulkas

Jika titik kebocoran belum diketahui, lakukan pengecekan kebocoran untuk mengetahui dimana letak kebocorannya. Berikut ini adalah langkah mengecek kebocoran evaporator:

  1. Siapkan campuran air dan sedikit sabun pada sebuah wadah. Bisa berupa gelas atau mangkuk.
  2. Aduk campuran tersebut dengan spon hingga berbusa.
  3. Hidupkan kulkas seperti biasa.
  4. Oleskan air sabun tersebut pada permukaan evaporator. Perhatikan air sabun dengan seksama.
  5. Jika terjadi gelembung pada suatu titik, maka disitulah titik kebocoran evaporator.
  6. Periksa lagi dengan seksama, untuk memastikan tidak ada titik bocor yang lain.
  7. Jika titik bocor sudah ditemukan, maka kita harus menambal evaporator tersebut.

Cara Mengecek Kebocoran Evaporator Kulkas


Letak kebocoran pada evaporator telah kita ketahui. Kita harus melakukan servis menambal bagian yang bocor tersebut. Baca Cara MenambalEvaporator Kulkas Bocor.

Jika anda tidak bisa, sebaiknya panggil teknisi atau jasa servis kulkas di sekitar tempat tinggal anda. Demikianlah cara mengecek kebocoran evaporator kulkas. Semoga membantu anda. 

 

Posting Komentar untuk "Cara Mengecek Kebocoran Evaporator Kulkas"