Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ukuran Kertas F4 (Satuan mm, cm, inch, pixel)

Ukuran Kertas F4

Berapa ukuran kertas F4 itu? Mungkin itu pertanyaan yang sang anda hadapi saat ini. Seperti diketahui ukuran kertas F4 sering menjadi masalah saat kita mengetik di Microsoft Office. Di Microsoft, misalnya di Ms Word atau Ms Excel, kita tidak akan menemui ukuran kertas F4 pada menu setup halaman.

Ukuran Kertas F4 cm


Kenapa di Microsoft Word tidak ada ukuran kertas F4? Hal ini mungkin karena penggunaan ukuran kertas F4 hanya digunakan di wilayah tertentu seperti di Indonesia dan wilayah Asia.

Menurut Wikipedia, ukuran kertas F4 tidak masuk ke dalam ukuran standar ISO secara Internasional. Oleh karena itulah, di software pengolah kata seperti Microsoft Office kita tidak menemui ukuran kertas F4 pada menu setting kertas pada saat mengetik.

Kertas ukuran F4 dan A4 adalah kertas yang umum digunakan di Indonesia sebagai kertas cetak dokumen. Jadi, jika kita mau ngeprint dokumen dengan ukuran kertas F4, kita harus melakukan setting manual pada Ms Word. Di bagian akhir artikel akan kita bahas cara setting halaman kertas F4 di Ms Word.


Ukuran Kertas F4 dalam Milimeter (mm)

  • Ukuran kertas F4 dalam satuan millimeter = 210 x 330 mm


Ukuran Kertas F4 dalam Centimeter (cm)

  • Ukuran kertas F4 dalam satuan centimeter = 21 x 33 cm


Ukuran Kertas F4 dalam Inchi (inch)

  • Ukuran kertas F4 dalam satuan inchi = 8,27 x 12,99 inch


Berikut ini adalah tabel perbandingan ukuran kertas F4 dalam millimeter (mm), centimeter (cm) dan inchi (inch).

Ukuran Kertas

Satuan

 

Milimeter (mm)

Centimeter (cm)

Inchi (inch)

F4

210 x 330

21,0 x 33,0

8,27 x 12,99


Perbedaan ukuran F4 dengan Legal

Karena tidak adanya ukuran kertas F4 di Microsoft Word, maka kebanyakan orang menggunakan ukuran Legal. Ukuran F4 dengan legal berbeda cukup jauh. Ukuran kertas Legal adalah 21,59 x 35,56 cm.

Kertas ukuran Legal lebih panjang 2,54cm dibandingkan kertas ukuran F4. Jadi, jangan sampai kita salah memilih ukuran kertas pada saat cetak print file dokumen kita. Bisa-bisa kita rugi dan boros kertas karena kesalahan ukuran kertas yang kita gunakan.


Ukuran Kertas F4 dalam pixel

Selain untuk dokumen cetak atau tulisan, penggunaan kertas ukuran F4 juga banyak digunakan dalam dunia digital seperti desain grafis. Dokumen berupa file gambar digital, file multimedia, atau file digital lainnya juga dapat menggunakan ukuran F4.

Ukuran kertas gambar AF4 untuk file digital biasanya dinyatakan dalam satuan pixel. Berikut ini adalah ukuran kertas F4 dalam satuan pixel:


Ukuran Kertas

Lebar

Tinggi

F4 – 72 DPI

595 px

935 px

F4 – 96 DPI

793 px

1247 px

F4 – 150 DPI

1240 px

1948 px

F4 – 300 DPI

2481 px

3897 px


PPI merupakan singkatan dari pixel per inch, yaitu banyaknya jumlah titik pixel dalam 1 inchi. Penggunaan ukuran kertas dengan satuan pixel banyak digunakan oleh para desainer grafis pada suatu file gambar digital.

Baca juga Ukuran Kertas A4.

Cara Setting ukuran kertas F4 di Microsoft Word

  • Klik menu Layout
  • Kemudian klik Size
  • Pilih More Paper Size

Ukuran Kertas F4


  • Pada jendela Page Setup, dan menu Paper Size, pilih ukuran Custome size / 


  • Atur lebar dan tinggi kertas menjadi 21 x 33 cm. Kemudian klik OK. Selesai.


Demikianlah tadi penjelasan singkat mengenai Ukuran Kertas F4 dalam satuan centimeter, millimeter, inchi, serta dalam pixel pada penggunaan sehari-hari. Semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih atas kunjungan anda.

 


 SOAL PTS Mapel KRTU

👇👇👇

Posting Komentar untuk "Ukuran Kertas F4 (Satuan mm, cm, inch, pixel)"