-->

Skema Kelistrikan Showcase dan Komponennya

Skema Kelistrikan Showcase


Skema Kelistrikan Showcase - Showcase merupakan jenis peralatan refrigerasi yang berfungsi untuk menyimpan minuman agar tetap berada pada kondisi dingin. Showcase banyak dipakai di toko-toko yang menjual minuman dingin.

Showcase banyak dipakai di toko-toko atau warung yang menjual minuman dalam kemasan. Selain itu,  showcase juga banyak terdapat pada supermarket untuk berbagai macam barang dagangan. Bermacam-macam jenis minuman di pajang di dalam showcase untuk menarik pembeli. Sedangkan untuk ukuran dari showcase sendiri bermacam-macam. Ukurannya mulai dari yang kecil sampai dengan yang besar.

Desain Bentuk Showcase

Showcase memiliki berbagai macam bentuk sesuai dengan penggunaanya. Ada yang satu pintu, dua pintu atau tiga pintu. Pintu showcase ada yang berbentuk pintu engsel ada juga yang bentuknya pintu geser.

Pabrikan showcase membuat desainnya dengan pintu yang terbuat dari kaca. tujuannya adalah agar orang dapat melihat isi dari showcase tersebut, sehingga orang akan tertarik untuk membelinya.

Banyak merk showcase yang beredar di pasaran Indonesia. Misalnya Polytron, Sanken, Panasonic, GEA, Midea, Aqua, Sharp, Denpoo, dan sebagainya. Masing-masing produsen mengeluarkan desain bentuk dan skema kelistrikannya sendiri-sendiri.

Manfaat Showcase untuk minuman dan makanan

Seperti dijelaskan sebelumnya, manfaat showcase banyak dipakai di supermarket, toko, atau warung untuk menyimpan macam-macam bahan makanan atau minuman.

Minuman botol atau kaleng juga minuman kemasan lainnya banyak dipajang dengan menggunakan showcase. Makanan seperti kue, agar-agar, dan juga sayuran juga dapat dipajang pada jenis showcase yang lain.

Dengan menggunakan showcase,makanan dan minuman akan tersaji dalam kondisi dingin, segar dan dapat tersimpan dalam waktu yang lebih lama dibandingkan tanpa menggunakan showcase.

Perbedaan showcase dengan kulkas

Suhu pendinginan

Kulkas memiliki suhu pendinginan yang lebih rendah dibandingkan dengan showcase. Kulkas dapat melakukan fungsi pembekuan (freezer) sedangkan showcase tidak dapat membekukan makanan atau minuman. Showcase hanya mendinginkan bahan makanan atau minuman saja.

Desain pintu

Desain pintu showcase terbuat dari kaca yang cukup tebal. Pintu kaca yang tebal ini dipakai agar orang dapat melihat isi dari showcase tersebut. Sedangkan pada kulkas, tidak terdapat pintu kaca, sehingga orang harus lebih dulu membuka pintu kulkas untuk melihat benda yang ada di dalamnya.

Lampu penerangan kabin

Pada kulkas, lampu kabin akan menyala apabila pintu kulkas dibuka. Pada showcase, lampu kabin senantiasa selalu menyala. Fungsinya agar kondisi dalam showcase selalu terlihat dari luar. Namun lampu showcase iji juga dapat dimatikan secara manual jika tidak sedang dibutuhkan.


Komponen pada Showcase

Komponen utama showcase

Ada beberapa komponen utama showcase. Komponen utama showcase sama saja dengan komponen utama pada kulkas, yaitu terdiri dari:
  • kompresor
  • kondensor
  • filter dryer dan 
  • evaporator
Fungsi dari komponen utama tersebut bisa anda pelajari pada artikel kami Komponen-komponen pada kulkas.

Komponen tambahan showcase

Kemudian komponen tambahan lainnya seperti;
  • fan efaporator
  • fan kondensor
  • lampu kabin
  • sakelar lampu
Komponen tambahan ini juga hampir sama dengan komponen pada kulkas.

Komponen kelistrikan showcase

Komponen kelistrikan pun sama dengan kulkas, diantaranya
  • overload
  • thermostat
  • fan motor
  • PTC relay 
  • dll.

Gambar Diagram Kelistrikan Showcase

Gambar dibawah ini merupakan contoh gambar skema kelistrikan showcase merk POLYTRON. Perhatikan contoh gambar tersebut. Pada gambar terdapat komponen-komponen kelistrikan pada showcase. Kami buat disertai dengan petunjuk warna kabel.

Gambar Skema kelistrikan showcase

Skema kelistrikan showcase Polytron

Komponen kelistrikan yang ada pada gambar antara lain thermostat, sakelar lampu, overload, relay PTC, ballast, lampu kabin, motor fan evaporator, motor fan kondensor.

Gambar skema kelistrikan showcase satu dengan lainnya tidak sama persis. Antara satu merk dengan merk showcase lainnya akan berbeda. Namun secara umum memiliki prinsip yang sama saja. Berikut contoh lain gambar skema kelistrikan showcase merk SANKEN.

Gambar Skema kelistrikan showcase SANKEN

Prinsip kerja skema rangkaian kelistrikan showcase

Prinsip kerja rangkaian kelistrikan showcase adalah sebagai berikut:
Jika kita perhatikan skema kelistrikannya, lampu kabin yang berupa lampu TL dikendalikan oleh sebuah sakelar. Sakelar berfungsi untuk menghidupkan dan mematikan lampu. Kerja sakelar ini dilakukan secara manual.

Kemudian terdapat komponen kelistrikan thermostat. komponen ini berfungsi untuk mengatur suhu evaporator di dalam kabin showcase. Thermostat juga berfungsi sebagai saklar untuk fan evaporator dan fan kondensor yang jika di ON-kan, maka fan evap dan kondensor akan bekerja.

Thermostat terhubung ke kompresor, dan terdapat overload protektor untuk mencegah arus berlebih mengalir ke kompresor. Thermostat akan memutus arus ke kompresor apabila suhu di dalam kabin telah tercapai. Coba perhatikan gambar skema kelistrikan showcase di atas agar lebih jelas.

Pembahasan mengenai fungsi thermostat dapat anda baca lembih lengkap pada artikel kami yang berjudul Fungsi Thermostat pada Kulkas.

Demikianlah pembahasan tentang skema kelistrikan dan komponen showcase. Anda dapat membagikan artikel ini kepada orang lain, agar mereka juga mendapatkan manfaat yang sama. Semoga artikel skema kelistrikan dan komponen showcase ini dapat mencerahkan anda, terimakasih.



PAS Gambar Teknik Listrik

KELAS X TPTU 1 & 2

0 Response to "Skema Kelistrikan Showcase dan Komponennya"

Posting Komentar

Berkomentar dengan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel