Cara Mengatasi Error Breadcrumbs “data-vocabulary.org schema deprecated”

Cara Mengatasi Error Breadcrumbs “data-vocabulary.org schema deprecated”

Bagaimana cara mengatasi error breadcrumb yang terdeteksi di Google Search Console blog? Jika kamu mendapatkan notifikasi error breadcrumb di GSC, maka tidak perlu khawatir, apalagi ganti template he.. hee.. Untuk mengatasi masalah error breadcrumb GSC ini, silahkan simak pembahasannya berikut ini.

Error breadcrumbs “data-vocabulary.org schema deprecated” dapat terdeteksi oleh Google search console. Pada awal 2020, Google telah mengumumkan bahwa tidak akan mensupport lagi penggunaan struktur web dengan data-vocabulary.org. Menurutnya, skema ini telah usang, dan telah diganti dengan schema.org. Google akan memfokuskan pada penggunaan schema.org yang lebih baru.

 

Cara Mengatasi Error Breadcrumbs

Apa sih “data-vocabulary.org schema deprecated” ini?

Pada sebuah blog, skema ini akan sangat memberikan pengaruh yang cukup besar pada hasil pencarian serch engine google pada blog kita. Misalnya pada pencarian rich result google, yang akan menampilkan hasil penelurusan pada blog kita berdasarkan pada label atau category yang ada pada blog kita. Untuk lebih memahami rich result, lihat gambar berikut.

Agar hasil rich result google itu tidak terganggu, maka disarankan untuk mengganti data-vocabulary.org dengan schema.org. Oleh karen itulah, para pengembang web harus merubah struktur pada template website agar mengikuti sesuai dengan perkembangan algoritma dari Google.


Mengganti skema breadcrumbs blog dari data-vocabulary.org ke schema.org

Untuk beberapa blog, mungkin solusi perbaikan breadcrumb-nya berbeda-beda. Jadi ada kemungkinan kode yang terlihat di sini akan berbeda dengan kode blog kamu. Disini akan diberikan dua cara. Intinya, kamu hanya mengganti data-vocabulary.org ke schema.org. 

Lalu bagaimana cara memperbaiki error “data-vocabulary.org schema deprecated” tersebut? Sebaiknya kamu backup dulu template blogmu agar sewaktu-waktu bisa dikembalikan jika ada kesalahan.

Cara Mengatasi Error Breadcrumbs

Berikut cara mengatasi kesalahan data-vocabulary.org

  1. Buka Blogger
  2. Edit template kalian dalam mode HTML
  3. Find kode ini 'data-vocabulary.org'

  4. lalu ganti kode-kode tersebut menjadi 'schema.org'

  5. Klik Simpan Template Kalian


Cara memperbaiki error breadcrumb pada blog yang kedua adalah sebagai berikut:

  1. Masuk ke dashboard Blogger
  2. Klik menu Tema >> Edit HTML
  3. Temukan kode berikut <b:includable id='breadcrumb' var='posts'> dengan cara Ctrl+F
  4. Letakkan kode berikut ini tepat di bawah <b:includable id='breadcrumb' var='posts'>
  5.  

    <b:includable> <b:if cond='data:view.isPost'> <b:loop values='data:posts' var='post'> <div class='breadcrumbs' itemscope='itemscope' itemtype='https://schema.org/BreadcrumbList'> <span itemprop='itemListElement' itemscope='itemscope' itemtype='https://schema.org/ListItem'> <a expr:href='data:blog.homepageUrl' itemprop='item' title='Home'> <meta content='1' itemprop='position'/> <span itemprop='name'><b:switch var='data:blog.locale'><b:case value='id'/>Beranda<b:default/>Home</b:switch></span></a> </span> <b:if cond='data:post.labels'> <b:loop index='nomor' values='data:post.labels' var='label'> &amp;nbsp;&#8250;&amp;nbsp; <span itemprop='itemListElement' itemscope='itemscope' itemtype='https://schema.org/ListItem'> <meta expr:content='data:nomor+2' itemprop='position'/> <a expr:href='data:label.url + &quot;?&amp;max-results=8&quot;' expr:title='data:label.name' itemprop='item' rel='nofollow'> <span itemprop='name'><data:label.name/></span> </a> </span> </b:loop> <b:else/> &amp;nbsp;&#8250;&amp;nbsp; <span itemprop='name'><data:blog.pageName/></span> </b:if> </div> </b:loop> <b:elseif cond='data:view.isPage'/> <div class='breadcrumbs' itemscope='itemscope' itemtype='https://schema.org/BreadcrumbList'> <span itemprop='itemListElement' itemscope='itemscope' itemtype='https://schema.org/ListItem'> <a expr:href='data:blog.homepageUrl' itemprop='item' title='Home'> <meta content='1' itemprop='position'/> <span itemprop='name'><b:switch var='data:blog.locale'><b:case value='id'/>Beranda<b:default/>Home</b:switch></span></a> </span> &amp;nbsp;&#8250;&amp;nbsp; <span itemprop='itemListElement' itemscope='itemscope' itemtype='https://schema.org/ListItem'> <meta expr:content='data:num+2' itemprop='position'/> <a expr:href='data:blog.url' expr:title='data:post.url' itemprop='item'> <span itemprop='name'><data:blog.pageName/></span> </a> </span> </div> </b:if> </b:includable>

     
  6. Klik Simpan Tema dan selesai.


Melakukan Validasi Perbaikan Breadcrumb

Jika kamu telah mengganti data-vocabulary.org menjadi schema.org, atau dengan cara kedua, maka langkah selanjutnya adalah melakukan validasi perbaikan breadcrumb melalui Google Search Console. 


Langkah yang harus kamu lakukan setelah mengganti penggunaan data-vocabulary.org ke schema.org, adalah melakukan validasi (validate fix) di search console. Klik validate fix. Hasil validasi ini tidak akan langsung atau realtime.


Kamu perlu menunggu beberapa hari untuk membiarkan mesin Google malakukan validasi error breadcrumb. Kamu bisa memantau progressnya selama google melakuan validasi perbaikan error breadcrumb.

Semoga cara ini berhasil. Selamat mencoba.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url