Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Proyek Arduino UNO untuk Pemula dan Mahasiswa Teknik

Proyek Arduino UNO untuk Pemula dan Mahasiswa Teknik

Arduino UNO adalah Mikrokontroler yang dikembangkan menggunakan ATmega328P. Microcontroller ini memiliki 14 pin I/O digital. Dari 14 pin tersebut, 6 digunakan untuk output PWM. Selain itu UNO juga memiliki 6 input analog, kristal kuarsa 16 MHz. Arduino UNO juga berisi koneksi USB bersama dengan catu daya listrik, header ICSP, dan tombol reset.

Arduino UNO ini dapat dilihat sebagai perangkat plug and play. Untuk memulai, Anda hanya perlu menghubungkannya ke komputer menggunakan koneksi USB atau dapat menyalakannya menggunakan adaptor AC-DC atau baterai.

Proyek Arduino UNO untuk Pemula

Untuk memprogram Arduino UNO, diperlukan Arduino IDE. Untuk bekerja di Arduino, seseorang harus menginstal IDE ini di komputer dan menulis program dengan menggunakannya. IC ATmega328P sudah dilengkapi dengan boot loader. Jadi, kita dapat mengunggah kode baru ke UNO tanpa menggunakan programmer eksternal. Artikel kali ini akan membahas Proyek Arduino UNO untuk pemula dan mahasiswa teknik yang dapat dipraktekkan.

 

Proyek Arduino UNO Sederhana untuk Pemula

Beberapa proyek Arduino yang menarik untuk pemula tercantum di bawah ini. Setelah software Arduino IDE terinstal, sambungkan board Arduino UNO ke komputer menggunakan koneksi USB. Di IDE, buka TOOLS lalu BOARD dan pilih board dari daftar drop. Untuk memilih port, masuk ke TOOLS, lalu dari PORT pilih port yang bertuliskan ARDUINO.

 

Mengedipkan LED

Bagian perangkat keras yang diperlukan adalah:

  • Arduino UNO
  • breadboard
  • Kabel Jumper
  • LED
  • Resistor 220Ω
  • Kabel USB

Langkah 1: Masukkan kabel jumper Hitam ke pin ground pada Arduino dan ujung lainnya ke ground pada breadboard, yaitu baris 15.

Langkah 2: Masukkan kabel jumper merah ke pin 13 Arduino dan ujung lainnya ke kolom F dan baris ke-7 papan breadboard.

Langkah 3: Tempatkan ujung panjang LED ke baris ke-7 kolom H breadboard.

Langkah 4: Tempatkan kaki pendek LED ke baris ke-4 kolom H breadboard.

Langkah 5: Tempatkan salah satu ujung resistor di rel Ground di baris ke-4 breadboard dan ujung lainnya ke baris ke-4 kolom I breadboard. Sekarang hubungkan Arduino komputer menggunakan USB.


Setelah membuat semua koneksi, sekarang saatnya untuk memprogram UNO. Buka program Arduino IDE. Arduino IDE memiliki beberapa program bawaan, yang dapat dengan mudah disalin dan digunakan. Untuk mengedipkan program LED buka FILE lalu pilih opsi CONTOH, lalu masuk ke opsi BASICS lalu pilih opsi BLINK. Langkah ini akan membuka program Blink LED.

Gunakan tombol verifikasi, yang diberikan di kiri atas kotak IDE, untuk memeriksa kesalahan program dengan mengkompilasi. Setelah menunjukkan Done Compiling atau “Selesai Kompilasi” program siap digunakan. Klik tombol unggah untuk mengunggah program ke papan Arduino.

LED internal papan berkedip cepat selama beberapa detik dan program akan mulai dijalankan. Jika tidak ada kesalahan, LED pada breadboard akan MENYALA selama satu detik dan kemudian MATI selama satu detik dan berlanjut dalam putaran tertentu.

Dengan cara yang sama, seperti yang dijelaskan di atas dengan memilih kode yang berbeda dan menyesuaikan Perangkat Keras yang diperlukan, maka anda dapat melakukan variasi lampu LED yang berbeda.

 

Tes Arduino UNO

Proyek ini adalah proyek elektronik yang sederhana dan mendasar. Proyek ini dapat dibangun dengan Arduino UNO untuk memeriksa papan UNO dengan mem-flash LED yang terhubung langsung ke papan UNO.

 

Push Button untuk Menghidupkan dan Mematikan LED

Proyek push button sederhana ini dapat dibangun dengan Arduino UNO. Sakelar push button ini digunakan untuk menghidupkan dan mematikan LED.

 

Merancang Potensiometer untuk Mengubah Nilai Resistansi LED

Rangkaian potensiometer ini dapat dibuat dengan Arduino UNO pada breadboard. Proyek Arduino UNO sederhana ini digunakan untuk mengontrol resistansi LED. Frekuensi LED dapat dikontrol dengan memutar Knob ON.

 

LED Bergulir

Proyek LED bergulir sederhana ini digunakan untuk mengedipkan enam LED sekaligus atau dapat juga dalam pola mundur dan maju. Sirkuit semacam ini dirancang untuk bisa menampilkan LED looping.

 

Menambah atau Mengurangi Intensitas LED

Proyek fade LED sederhana ini dirancang dengan papan Arduino UNO. Dengan menggunakan pin PWM pada board ini, intensitas LED seperti kenaikan dan penurunan kecerahan LED dapat dikontrol. Kita dapat mengatur kecerahan nyala lampu sebuah LED.

 

Proyek Tampilan LCD (LCD Display)

Proyek layar LCD (liquid crystal display) ini dirancang dengan papan Arduino UNO. Tampilan ini mampu menampilkan teks pada tampilannya. Dengan menggunakan proyek ini, kata-kata seperti Hello Word dapat ditampilkan di LCD. Potensiometer digunakan untuk menyesuaikan kontras tampilan pada LCD.

 

Kontrol Motor DC

Dalam proyek pengendalian kecepatan motor DC ini digunakan Arduino UNO. Proyek ini digunakan untuk mengontrol kecepatan motor DC melalui transistor switching. Jika koneksi pada breadboard sudah benar maka putaran motor dapat dikontrol.



Proyek Arduino UNO untuk Mahasiswa Teknik

Banyak sekali ide proyek yang dapat dikembangkan dari Arduino UNO. Bagi mahasiswa teknik, perlu banyak melakukan eksperiman praktek dengan menggunakan Arduino UNO. Berikut ini beberapa ide proyek Arduino untuk mahasiswa teknik yang dapat dicoba dan dipraktekkan oleh mahasiswa. Daftar proyek Arduino UNO untuk mahasiswa teknik meliputi berikut ini.

 

Proyek Pelacak GPS Arduino UNO

Proyek ini diimplementasikan dengan Arduino UNO dan GPS untuk melacak kendaraan. Dalam proyek ini, modem GSM menggunakan kartu SIM digunakan untuk tujuan komunikasi. Sistem ini dapat diatur di dalam kendaraan. Setelah instalasi selesai, kita cukup melacak kendaraan curian kita dengan bantuan ponsel. Aplikasi ini juga digunakan untuk melacak bus kampus atau bus sekolah, atau kendaraan lainnya.

 

Kereta Tanpa Awak Menggunakan Arduino-UNO

Di masa lalu, kecelakaan kereta api terutama terjadi karena beberapa alasan seperti kesalahan pengemudi, kesalahan sinyal, dan tidak ada kontrol saat beroperasi secara manual. Untuk mengatasi masalah tersebut, dikembangkanlah kereta tanpa pengemudi menggunakan Arduino UNO.

Kereta ini meningkatkan sistem manajemen jaringan kereta api untuk mengurangi kesalahan manusia dan menggunakan lebih sedikit daya untuk memberikan keamanan serta kenyamanan bagi para penumpang saat bepergian.

 

Tempat Sampah Pintar Proyek Arduino UNO

Proyek ini digunakan untuk mengimplementasikan tempat sampah pintar menggunakan papan Arduino UNO. Dengan membuat proyek ini, maka dapat mencegah meluapnya sampah di pinggir jalan. Tempat sampah ini akan membuat lingkungan menjadi bersih dan hijau.

Dalam proyek ini, routing algoritma (algoritma rute) digunakan untuk menemukan jalan terpendek bagi kendaraan untuk mengumpulkan sampah dengan mudah dengan mengurangi jumlah kendaraan.

 

Proyek Sensor IR Arduino UNO

IR = Infra Red. Rangkaian ini digunakan untuk mengontrol dioda pemancar cahaya menggunakan sensor inframerah serta remote. Setiap kali tombol remote ditekan, maka sinyal inframerah dapat dikirimkan ke sensor inframerah dalam bentuk kode. Setelah itu, sensor ini akan menerima sinyal dan mengirimkannya ke Arduino.

 

Proyek Arduino UNO menggunakan Mesin Penjual Otomatis

Proyek ini digunakan untuk merancang mesin penjual otomatis menggunakan Arduino UNO. Proyek ini menggunakan sistem RFID. Setelah tag RFID digesekkan ke pembaca RFID maka mesin akan mengeluarkan minuman pada pelanggan.

Tampilan yang digunakan dalam proyek ini adalah LCD alfanumerik yang menampilkan instruksi dan operasi yang harus diikuti saat mengeluarkan minuman. Mesin ini digunakan di berbagai industri atau perusahaan untuk memberikan layanan kepada pelanggan tanpa keterlibatan manusia.

 

Alat Musik dengan Arduino

Proyek ini digunakan untuk merancang alat musik menggunakan Arduino UNO. Proyek ini dapat dikontrol melalui gerakan tangan. Dalam proyek ini, flick board digunakan untuk mendeteksi gerakan tangan dalam ruang 3D hingga jarak 15cm.

Dengan menggunakan jentikan pergelangan tangan, kita dapat mengontrol peralatan rumah tangga seperti sistem musik, TV, komputer, dll. Dalam proyek ini dirancang sebuah alat musik dengan menggunakan Arduino UNO dan Flick.

 

Kunci Pintu berbasis Sidik Jari dan Arduino UNO

Proyek ini mengembangkan sistem kunci pintu menggunakan sidik jari. Dengan menggunakan proyek ini, kita dapat membuka kunci pintu menggunakan sidik jari. Proyek ini digunakan untuk mengatasi sistem penguncian menggunakan kunci karena tidak diamankan. Dalam proyek ini, sistem pintu terbuka ketika sidik jari diketuk pada kunci pintu.

 

Mobil Robot

Proyek ini merancang mobil robot menggunakan Arduino UNO. Pada proyek ini digunakan motor DC pada mobil robot. Mobil robot ini dapat dikendalikan melalui Arduino UNO beserta IC Driver Motor.

 

Otomatisasi Rumah menggunakan Arduino UNO

Proyek ini mengembangkan sistem otomatisasi rumah untuk mengontrol peralatan-peralatan rumah tangga dengan mudah. Pengendalian peralatan rumah tangga dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi android, beberapa modul, dan Arduino UNO. Jadi, peralatan listrik dapat dikontrol melalui perintah suara dengan Bluetooth.

 

Proyek Arduino UNO dengan Sensor

Proyek Arduino UNO menggunakan sensor dibahas di bawah ini.

 

Termometer menggunakan Sensor LM35 & Arduino UNO

Pengukuran suhu pada suatu lingkungan tertentu terkadang sangat penting untuk dilakukan. Dengan menggunakan parameter ini, suhu dapat dikontrol. Misalnya pada CPU komputer, inkubator, dan banyak aplikasi lainnya. Jadi, sensor suhu yang dikonfigurasi dengan tepat digunakan untuk mengaktifkan perangkat lain setiap kali suhu sekitar di bawah atau di atas nilai tetap. Oleh karena itu, sensor suhu LM35 digunakan untuk merancang Termometer Didaktik

 

Pembuka Gerbang Otomatis Berbasis Sensor Arduino UNO & IR

Saat ini, penggunaan sistem otomasi meningkat dengan cukup pesat. Demikian pula, pintu gerbang yang dapat secara otomatis membuka dan menutup. Setiap kali seseorang mendekati gerbang maka gerbang akan terbuka secara otomatis dengan merasakan kehadiran seseorang, dan juga akan tertutup dengan sendirinya secara otomatis. Sistem ini juga berlaku untuk pintu rumah, gedung atau garasi mobil.

 

Stasiun Cuaca Mini

Proyek ini digunakan untuk merancang stasiun cuaca mini menggunakan Arduino UNO. Proyek ini menggunakan koneksi WiFi untuk mengirim data secara online dengan bantuan platform ThingSpeak. Stasiun ini terutama mengumpulkan data seperti suhu, intensitas cahaya, tekanan atmosfer, dan kelembaban dengan menggunakan sensor yang berbeda.

 

Sensor Kelembaban Tanah menggunakan Arduino UNO

Dalam proyek ini, sensor kelembaban tanah dihubungkan dengan papan Arduino UNO. Ia bekerja dengan suplai 2 volt hingga 5 volt dan panjang deteksi adalah 38mm. Sensor ini bentuknya seperti garpu sehingga kita bisa dengan mudah memasukkannya ke dalam tanah. Sensor ini digunakan untuk mendeteksi tingkat kelembaban tanah. Ketika kelembaban tanah meningkat maka tegangan o/p analog juga akan meningkat.

Proyek Arduino UNO untuk Mahasiswa Teknik

 

Alarm Jendela

Proyek ini digunakan untuk mengimplementasikan annunciator alarm jendela menggunakan Arduino UNO. Fungsi utama dari annunciator adalah untuk memproses pembangkit listrik, untuk memperingatkan operator (sistem) mengenai situasi abnormal, atau adanya perbedaan parameter.

 

Audio Meter menggunakan Arduino UNO

Proyek ini digunakan untuk merancang audiometer dengan bantuan Arduino UNO. Proyek ini menggunakan LCD. SVI (standart volume indikator) atau VU meter adalah perangkat yang digunakan untuk menampilkan level sinyal di dalam perangkat audio.

Dalam sistem ini, intensitas dua saluran seperti sinyal audio kanan dan kiri dapat diberikan seperti input ke Arduino dan akan ditampilkan seperti batang di atas layar display. Dalam proyek ini, pin input analog papan Arduino UNO terutama digunakan untuk mengukur level sinyal audio.

 

Jam Alarm menggunakan Arduino UNO

Proyek ini mengimplementasikan jam alarm dengan bantuan Arduino UNO. Proyek sederhana ini menggunakan LCD serta modul CLK real-time. Perancangan keseluruhan proyek ini dapat dilakukan dengan menggunakan pelindung prototipe dengan catu daya yang terintegrasi. Buzzer piezoelektrik digunakan untuk menghasilkan suara pada periode saat ini.

 

Robot yang Dikendalikan dengan Wi-Fi

Proyek ini mengimplementasikan robot yang dapat dikendalikan melalui WiFi. Kontrol robot ini dapat dilakukan di mana saja dengan bantuan shield ARMA IoT serta aplikasi Blynk untuk menyediakan antarmuka pengguna. Dalam proyek ini, papan UNO terhubung ke Wi-Fi dengan bantuan shield ARMA IoT. Perangkat ini dapat dikontrol melalui aplikasi Blynk yang mendukung Android dan juga iOS.

 

Jam GPS menggunakan Arduino UNO

Proyek ini digunakan untuk merancang jam menggunakan GPS & Arduino UNO. Jam berkemampuan GPS memberikan waktu yang akurat. Jam ini bersifat universal dan dapat digunakan di tempat umum seperti bandara, halte bus, dan stasiun kereta api. Jam GPS ini juga dapat digunakan untuk keperluan militer.


 

Proyek Arduino UNO menggunakan Sensor Ultrasonik

 

Mobil Robot Cerdas 4WD

Pada proyek ini dirancang sebuah Mobil Robot Cerdas yang dapat menghindari rintangan dan mengikuti petunjuk arah yang diberikan untuk mencapai tujuan. Mobil ini dapat berfungsi secara otomatis atau manual dengan menggunakan modul Bluetooth. Perangkat keras yang digunakan untuk proyek ini adalah Arduino UNO, driver motor Dual H bridge, sensor ultrasonik, modul Bluetooth, sensor penghindaran kontak, sensor Line Tracking, dan baterai Li-Ion.

 

Alarm Pintu menggunakan Sensor Ultrasonik & Arduino UNO

Proyek ini digunakan untuk merancang sistem alarm pintu dengan bantuan sensor ultrasonik. Dalam proyek ini, sensor ini digunakan sebagai sensor jarak. Fungsi utama dari sensor ini adalah untuk mendeteksi jarak suatu objek dari target. Ketika seseorang datang dalam jarak tertentu maka alarm pintu dapat dibangkitkan. Berdasarkan nilai jarak, buzzer akan ON/OFF secara otomatis.

 

Detektor Jangkauan Ultrasonik

Dalam proyek ini, sensor Ultrasonik digunakan dengan Arduino untuk mengukur jarak tanpa menggunakan penggaris. Mirip dengan metode yang digunakan kelelawar untuk mengukur jarak dengan menggunakan gema, di sini pemancar ultrasonik memancarkan suara ultrasonik dan mengukur jarak dengan menghitung waktu yang diperlukan suara ultrasonik untuk mengenai objek dan kembali ke penerima ultrasonik.

 

Beberapa ide proyek Arduino UNO lainnya untuk mahasiswa teknik antara lain sebagai berikut. Ide-ide ini sangat berguna bagi mahasiswa teknik dalam membuat proyek yang berkaitan dengan Arduino.

1.       Arduino UNO

2.       Driverless Train

3.       O meter

4.       Lampu pencampur warna

5.       Light Theremin

6.       Instrumen keyboard

7.       Jam Pasir Digital

8.       Drone Penghindar Tabrakan

9.       Robot ular

10.   Penyortir warna Arduino

11.   Pelacak surya Arduino

12.   Sistem Alarm Kebakaran

13.   Sistem pengukuran detak jantung menggunakan sensor dasar IR dan UNO

14.   Pengukuran daya dan energi menggunakan UNO

15.   High-efficiency dual axis solar tracking

16.   Otomatisasi smart home  dan sistem keamanan

17.   Sistem pemantauan detak jantung dan suhu tubuh

18.   Smart Farming menggunakan Arduino dan data mining

19.   Sistem Gerak harmonik sederhana

20.   Simulator LED berbasis Arduino untuk penelitian penglihatan

21.   Komunikasi RF nirkabel antara dua Arduino

22.   Sistem penentuan posisi dalam ruangan berbasis Arduino menggunakan komunikasi cahaya tampak dan ultrasound

23.   Pengukur energi pintar berbasis Arduino dan GSM

24.   Sistem keamanan dan kehadiran Smart RFID berbasis Arduino

25.   Osiloskop portabel berbasis Arduino dan GLCD.

26.   Kursi roda elektronik menggunakan modul Arduino dan Bluetooth

27.   Perancangan dan pengembangan sistem monitoring kebocoran gas menggunakan Arduino dan ZigBee

28.   Sistem nutrisi tanaman hidroponik otomatis menggunakan mikrokontroler Arduino UNO berbasis Android.

29.   Sistem ventilasi udara untuk keamanan ruang server menggunakan Arduino

30.   Antarmuka Brain-Computer menggunakan Arduino

31.   Robot pengawas menggunakan mikrokontroler Arduino

32.   Kerangka kerja untuk pemantauan lingkungan dengan sensor berbasis Arduino menggunakan layanan web

33.   Sistem pemantauan baterai real-time menggunakan antarmuka LabView untuk Arduino

34.   Deteksi intrusi nirkabel berbasis Arduino menggunakan sensor IR dan GSM

 

 

Demikianlah beberapa ide project Arduino UNO yang dapat diaplikasikan dengan menggunakan fasilitas perangkat keras dan perangkat lunak. Fleksibelitas Arduino telah menjadikannya pilihan perangkat keras yang tepat untuk melakukan proyek, baik untuk siswa maupun insinyur professional. Bagaimana, apakah anda punya ide Arduino yang lain? www.dinginaja.com

Posting Komentar untuk "Proyek Arduino UNO untuk Pemula dan Mahasiswa Teknik"