-->

Macam-Macam Industri Pengolahan Hasil Pertanian

Macam Industri Pengolahan Hasil Pertanian

1. Industri yang menangani, mengolah hasil pertanian.

Industri ini merupakan industri yang menangani, mengolah hasil pertanian sebagai bahan pangan pokok seperti industri yang mengolah pada beras atau tepung beras, mengolah umbi-umbian menjadi tepung pangan (tapioka, tepung talas, tepung umbi porang,tepung  ubi jalar, tepung), mengolah jagung menjadi tepung jagung dan pati jagung (maezena), mengolah umbi garut menjadi pati garut, mengolah gandum menjadi tepung terigu  dan industri yang mengolah biji-bijian lainnya menjadi beras atau tepungnya.

Industri Pengolahan Hasil Pertanian tepung

2. Industri yang menangani, mengawetkan dan mengolah hasil ikan.

Industri termasuk dalam industri yang menangani, mengawetkan dan mengolah hasil ikan budidaya atau hasil ikan tangkap. Produk yang dihasilkan oleh industri kelompok ini diantaranya adalah ikan dalam kaleng, ikan asin, abon ikan, ikan beku, filet ikan beku,aneka olahan ikan beku seperti baso ikan, kecap ikan,ikan pindang. Sertifikat Pengolah Ikan atau sertifikat keamanan pangan setara yang dimiliki penanggung jawab mutu di Usaha Pengolahan Ikan, serta Panduan Mutu Cara Produksi Pangan  Baik (CPPB) dan Prosedur Standar Operas Sanitasi (SSOP) sesuai jenis produk.

Industri Pengolahan ikan

 

3. Industri yang menangani, mengemas, mengawetkan dan mengolah hasil pertanian tanaman perkebunan.

Termasuk dalam industri ini adalah usaha menangani, mengeringkan, mengemas dan mengawetkan dan mengolah komoditas kakao, kopi, lada, tembakau, kelapa sawit, kelapa, getah karet, teh, dan lainnya). Produk olahan dari jenis industri ini diantaranya adalah biji kakao kering (Cocoa bean), biji kopi beras (coffee bean), ladi kering (putih atau hitam), tembakau kering (tembaku untuk cerutu dan atau tembakau rajangan), minyak kelapa sawit kasar (CPO) atau minyak goreng kelapa sawit , kopra, atau minyak kelapa, teh hitam atau teh hijau.

Baca juga: Klasifikasi Macam-Macam Industri

Industri Pengolahan Hasil Pertanian kakao


4.  Industri yang mengolah hasil pertanian rempah-rempah.

Industri yang mengolah hasil pertanian rempah-rempah seperti cengkeh, kapulaga, kayu manis, pala, dan pengolahan  tanaman sumber minyak atsiri seperti industri pengolahan / menyulingan minyak pala, cengkeh, akarwangi, nilam, kenanga dan lainnya. Insutri hilir yang berbahan baku hasil olahan rempah dan mnyak atsiri diantaranya adalah industri fragrans yang menghasilkan parfum dan produk pewangi untuk ruang dalan lainnya.

Industri Pengolahan minyak atsiri

0 Response to "Macam-Macam Industri Pengolahan Hasil Pertanian"

Posting Komentar

Berkomentar dengan sopan.

Featured post

Pengelolaan Sampah di Indonesia featured

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel