-->

Cara Mengatasi Peralatan Listrik Nyetrum

Cara Mengatasi Peralatan Listrik dan Elektronik Nyetrum

Pernahkah anda mengalami kejadian peralatan listrik yang nyetrum saat dipegang? Pasti anda kaget karena tiba-tiba tersengat aliran listrik dari peralatan elektronik tersebut.

Misalnya saat memegang kulkas, tangan kita kesetrum. Atau saat menyentuh body CPU komputer, terasa nyetrum. Contoh lainnya saat kita memegang outdoor AC yang berada dibagian luar ruangan. Sengatan listrik itu ada yang terasa ringan, dan ada yang sengatan listriknya terasa besar.

Sebelum kita bahas Cara Mengatasi Peralatan Listrik danElektronik Nyetrum tersebut, terlebih dahulu kita cari tahu penyebab kenapa peralatan listrik tersebut bisa nyetrum saat di sentuh.

 

cara memperbaiki kulkas nyetrum

Arus Bocor pada Peralatan Listrik

Apa yang dimaksud dengan arus bocor? Arus bocor adalah istilah untuk menunjukkan adanya aliran arus listrik yang mengalir di luar penghantar/konduktornya. Misalnya arus mengalir di body peralatan listrik yang terbuat dari logam.

Jika arus yang bocor itu kecil, maka kita kita akan merasakan sengatan yang kecil. Namun jika kebocoran arusnya besar, maka akan membuat kita kaget dan bisa menyebabkan bahaya sengatan listrik.


Penyebab Arus Bocor pada Peralatan Listrik

Arus bocor dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Diantaranya karena isolator yang buruk, dan arus yang keluar dari rangkaian semestinya.

Isolator Kabel yang Sudah Memburuk

Penyebab arus bocor dapat ditimbulkan karena kegagalan isolasi. Isolator kabel yang buruk tidak mampu menahan arus listrik dengan baik, sehingga terjadi arus bocor di luar kawat penghantarnya.

Contoh kasus, sebuah outdoor AC split yang berusia cukup lama telah menyebabkan isolator kabel menjadi buruk. Isolator kabel dapat menurun kualitasnya karena faktor cuaca dan usia pakai. Karena isolator yang buruk, maka arus listrik dapat menembus bahan isolator kabel dan menyentuh body outdoor AC. Akibatnya body outdoor AC menjadi bertegangan dan nyetrum.

Arus yang Keluar dari Rangkaian

Selain itu, arus bocor juga dapat disebabkan karena sambungan kabel yang tidak rapih. Mungkin ada kabel yang terbuka dan menyentuh body peralatan listrik yang terbuat dari logam, sehingga nyetrum saat dipegang. Dapat juga disebabkan kabel yang terkelupas digigit tikus, dan menyentuh bagian logam peralatan listrik.

Contoh kasus, pada kulkas yang nyetrum saat dipegang. Setelah diperiksa, ternyata ada kabel dibagian belakang kulkas yang terkelupas. Disebabkan oleh gigitan hewan pengerat, tikus! Alhasil, bakan timbul kebocoran arus pada bagian yang terkelupas itu. Jika bersentuhan dengan body kulkas yang terbuat dari plat logam, maka dapat dipastikan akan nyetrum saat kita sentuh.


Solusi Mengatasi Peralatan Listrik yang Nyetrum

Jika telah kita ketahui apa penyebab kebocoran arusnya, maka dapat kita lakukan tindakan untuk mengatasi masalah tersebut.

Perbaiki Kabel Kelistrikan pada Peralatan Listrik

Hal yang perlu anda lakukan adalah memeriksa jalur kelistrikan pada peralatan listrik yang nyetrum tersebut. Pastikan anda sudah mematikan peralatan listrik atau mencabut kabel stop kontak. Kemudian, periksa mulai dari kabel sumber tegangan (kabel power) hingga jalur kabel pada rangkaian kelistrikan.

Jika ditemukan kabel yang terkelupas, hampir putus, atau sambungan yang tidak kencang, maka segera perbaiki. Kencangkan, atau beri isolasi yang baik pada kabel yang rusak. Kabel yang hampir putus dapat disambung agar lebih kencang. Jika perlu, anda bisa mengganti dengan kabel yang baru.

Membuat Grounding untuk Peralatan Listrik

Jika tidak ada kabel yang terkelupas, kemungkinan karena daya isolator kabel sudah buruk. Cara adalah dengan pemberian sistem pembumian/pentanahan (grounding). Grounding adalah sistem yang berfungsi untuk mengalirkan arus bocor ke dalam tanah/bumi. Sistem grounding atau pembumian dapat memberikan perlindungan pada peralatan listrik atau elektronik di rumah anda.


Cara Grounding Peralatn Listrik yang Nyetrum

Cara grounding ini dapat diterapkan pada berbagai macam peralatan listrik yang nyetrum. Seperti kulkas, CPU komputer, dispenser, AC split, pompa air, motor listrik, dan sebagainya. Caranya adalah sebagai berikut:


  • Siapkan beberapa peralatan; palu, paku, tang, obeng dan kabel.

  • Kupas kedua ujung kabel dengan menggunakan tang
  • Buka satu sekrup yang ada di body peralatan listrik dengan obeng
    peralatan listrik nyetrum

  • Kaitkan satu ujung kabel ke sekrup tadi, dan pasang kembali ke body peralatan listrik dengan menggunakan obeng

  • Kaitkan ujung kabel satunya ke paku yang sudah disiapkan
    cara memperbaiki kulkas nyetrum

  • Tancapkan paku yang sudah terhubung dengan kabel ke lantai dengan menggunakan palu

Perhatikan gambar berikut ini:

cara memperbaiki peralatan listrik nyetrum

Dengan membuat grounding seperti gambar di atas, maka arus bocor dari kulkas akan dialirkan ke tanah. Sehingga kulkas atau perlatan listrik tidak nyetrum lagi saat dipegang. Cukup mudah bukan? Jika anda telah melakukannya namun masih nyetrum, sebaiknya anda memanggil seorang teknisi untuk memeriksa lebih lanjut.


0 Response to "Cara Mengatasi Peralatan Listrik Nyetrum"

Posting Komentar

Berkomentar dengan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel