-->

Pengertian Smart Home System (Sistem Rumah Pintar) dan Internet of Things (IoT)

Pengertian Smart Home System (Sistem Rumah Pintar) dan Internet of Things (IoT)

Smart Home System merupakan suatu sistem pada sebuah gedung atau rumah tinggal yang memanfaatkan bantuan komputer sebagai media untuk melakukan pengaturan kenyamanan, keselamatan, keamanan dan penghematan energi, yang berlangsung secara otomatis dan terprogram melalui komputer.

Internet of Things (IoT) merupakan suatu konsep dimana benda-benda atau perangkat dapat bertukar informasi satu sama lainnya dengan konektifitas internet. Banyak yang memprediksi bahwa Internet of Things (IoT) merupakan “the next big thing” di dunia teknologi informasi. Hal ini dikarenakan banyak sekali potensi yang bisa dikembangkan dengan mengoptimalkan teknologi Internet of Things (IoT).


Contoh aplikasi penggunaan Teknologi Internet of Things(IoT) misalnya Lampu, Socket, HVAC, Speaker, Kulkas, TV, Mesin Cuci dan lainnya dapat di kontrol menggunakan smartphone atau smart devices lainnya. Anda dapat mengatur perangkat tersebut untuk mematikan, menghidupkan secara otomatis serta melakukan pengaturan lainnya sesuai dengan input yang diterima.

Bisa Anda bayangkan, dengan Internet of Things (IoT) akan lebih mempermudah kegiatan manusia dalam melakukan berbagai aktifitas sehari-hari. Semua kegiatan dapat dilakukan dengan sangat praktis dan disatu sisi adanya sistem kontrol dengan perangkat yang saling terhubung melalui sentuhan dan operasi yang lebih efektif dan efisien. Sebagai contoh untuk menghidupkan dan mematikan lampu taman cukup melalui sentuhan maupun setting waktu pada Smartphone atau Smart Device lainnya misalnya melalui Google Home mini atau Google Nest.


Alasan Memilih Smart Home

Banyak sekali manfaat dan kelebihan dari aplikasi smart home dan internet of thing (IoT). Setidaknya ada 4 (empat) alasan penting mengapa memilih Smart Home:

1. Kenyamanan (Comfort)

Dengan teknologi rumah pintar yang mengaktifkan kontrol suhu, Anda tidak akan pernah pulang ke rumah dengan suhu terlalu panas atau dingin. Otomatisasi rumah pintar juga dapat digunakan untuk mendistribusikan musik dan video ke seluruh rumah. Dan di tengah malam, sensor dapat secara otomatis menyalakan lampu pada tingkat rendah (dimmer lamp) dan menyediakan jalur yang aman dan hemat energi.

2. Efisiensi Energi (Energy Efficiency)

Anda tidak dapat mengelola apa yang tidak dapat Anda ukur. Jadikan rumah Anda yang terhubung berfungsi dan jaga penggunaan energi, dengan peringatan otomatis. Gunakan otomatisasi rumah untuk mengatur tingkat pemanasan dan pendinginan dengan kerai yang menutup secara otomatis ketika suhu mencapai titik tertentu. Sensor dan timer dapat memastikan lampu tidak dibiarkan hidup secara tidak sengaja, dan kondisi 'all-off' mematikan semuanya saat tidak diperlukan.

3. Kemudahan-Manfaat (Convenience)

Sistem rumah pintar memungkinkan Anda menyelesaikan banyak tugas, dengan satu sentuhan tombol, atau perintah suara sederhana. Kejadian yang diprogram sebelumnya membuat hidup jadi lebih mudah - apakah orang melalui selasar/lorong di malam hari [gelap, lampu menyala], menghibur tamu [lampu redup, music, daftar putar menyala], atau waktu tidur [lampu mati, tirai ditutup]. Kejadian yang diatur sebelumnya menyederhanakan rutinitas Anda.

4. Keamanan (Security)

Teknologi rumah pintar memungkinkan Anda mengakses kamera keamanan rumah secara elektronik dari mana saja dan dapat memperingatkan Anda ketika sensor mendeteksi gerakan aneh. Jika Anda jauh dari rumah, tirai dan sakelar lampu dapat diprogram untuk beroperasi seolah-olah rumah itu ditempati.

Bel pintu pintar dengan kamera dapat dihubungkan ke perangkat pintar Anda. Lihat siapa yang mengetuk atau menggunakan interkom untuk berbicara tanpa membuka pintu, atau bahkan berada di rumah.


Jika penasaran anda juga bisa mencoba perangkat Smart Google Home Mini atau google nest mini (WiFi smart speaker/speaker pintar).

Meskipun lahir sebagai perangkat speaker, Home Mini sejatinya tidak secara khusus dirancang “hanya” untuk memuaskan telinga penggemar musik. Ia lebih dirancang untuk menghadirkan asistensi digital melalui kehadiran Google Assistant ke dalam ruangan guna memperoleh pembaruan informasi, cuaca, streaming podcast atau memberikan perintah suara ke perangkat terkoneksi lainnya. Tapi bagi menginginkan dentuman suara lebih baik, Google Home Mini memberikan dukungan untuk terhubung ke speaker dengan Chromecast. Selanjutnya kita dapat menginstall aplikasi Google Home di Smart Phone dari Play Store.

Pada pengaturan Lighting kita juga bisa menggunakan perangkat Smart Socket (WiFi Smart Plug) maupun Smart Lamp dari Berbagai Pabrikan, ada yang dilengkapi dengan Energy meter sehingga kita bisa memonitor besarnya energi yang dipakai. Aplikasi umum yang dapat kita gunakan adalah "Smart Life" untuk produk smart device yang bersifat umum, “Tydom App” untuk Delta Dore product, dan jika produknya dari TP-Link kita bisa menggunakan aplikasi "Kasa Smart" atau “Tapo”, serta masih banyak lagi produk lain dengan beragam software aplikasi dan dapat diperoleh di Google Play Store. Memiliki kelebihan yaitu kemudahan dalam instalasi dan perangkat sudah kompatibel dengan IOS/Android. Berbagai aplikasi untuk smart device tersebut dapat juga diintegrasikan ke Aplikasi Google Home yang selanjutnya dapat terhubung ke Google Assistant maupun Amazon Alexa.


Deskripsi Kontrol dan Otomasi (Control and Automation) pada Smart Home

Rumah kita lebih dari sekadar tempat tinggal. Ini mewakili hal-hal yang paling kita hargai. Dengan solusi Smart Home, kita dapat mengontrol dan menampilkan rumah Anda secara elegan, semuanya dengan satu sentuhan.

Bayangkan menekan tombol "Welcome Home" pada kendali jarak jauh saat kita masuk ke jalan masuk untuk menyalakan jalur, teras depan, dan lampu lorong. Room AC mulai menghangatkan atau mendinginkan ruang tamu, dan musik favorit kita mulai diputar di seluruh ruangan rumah. Dan itu baru permulaan. Bayangkan tombol "Film" yang mengaktifkan bioskop rumah kita, menarik tirai, dan meredupkan lampu saat Anda menonton film, dan tombol "Good Night" yang mematikan segalanya saat kita pergi tidur. Instruksi tersebut diberikan dapat melalui sentuhan tombol pada gadget maupun melalui suara (voice) dengan sistem komunikasi wireless local maupun internet.


Aplikasi Internet of Things

Beberapa object yang bisa diatur diantaranya:

1. Lighting Control

Kita dapat mengatus kapan lampu hidup dan mati sesuai dengan setting yang kita lakukan. Kita juga bisa menggunakan berbagai parameter untuk melakukan kontrol pada lampu.

pengertian sistem rumah pintar

2. Windows and Blinds

Tirai jendela dapat kita kombinasikan dengan internet of things. Misalnya kan, tirai dapat mengatur bukaannya tergantung pada intensitas cahaya matahari. Jika cuaca terik, tirai dapat sedikit menutup untuk mengurangi intensitas cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah.

smart home jendela otomatis

3. Home Theater

Kita dapat mengatur home theater sesuai dengan keperluan. Memutar music atau film dengan perintah suara, dan setting yang lainnya.

4. Air Conditioning

Air conditioning (AC) dapat di atur sesuai dengan kondisi ruangan. Misalnya, jika didalam ruangan tidak ada orang atau aktivitas, maka AC akan mati dengan otomatis, sehingga akan lebih menghemat energi listrik.

5. Kamera Keamanan (CCTV)

Ketika Anda tidak berada di rumah Anda, Anda bisa melihat keadaan di dalam atau di luar rumah Anda hanya dengan mengunakan alat kontrol seperti computer, Handphone atau PDA yang dikoneksi ke sistem smart home Anda, gambaran dari kamera keamanan akan ditampilkan di HP atau PDA Anda dimanapun Anda berada.

Untuk keamanan rumah tinggal selain dipasang Kamera keamanan CCTV juga dapat dilakukan akses pada sistem keamanan Fire Alarm System (addressable fire alarm system)

6. Smart-Lock

Kunci pintar, dilengkapi dengan kunci password atau PIN, sehingga kamanan akan lebih terjaga. Dapat dibuka dengan smartphone, dan sebagainya.

kunci otomatis

Dan masih banyak lagi aplikasi internet of things yang bisa di ekplorasi lebih jauh lagi. Semua tergantung dengan perkembangan teknologi internet yang semakin maju. Semoga artikel ini bermanfaat.


0 Response to "Pengertian Smart Home System (Sistem Rumah Pintar) dan Internet of Things (IoT)"

Posting Komentar

Berkomentar dengan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel