-->

Tutorial Pengisian Aplikasi SIKAP (Sistem Kantor Virtual Pegawai) Provinsi Lampung

Tutorial Pengisian aplikasi SIKAP (Sistem Kantor Virtual Pegawai) Provinsi Lampung

Aplikasi Sistem Kantor Virtual Pegawai (SIKAP) secara hybrid telah resmi diluncurkan oleh Gubernur Lampung di Mahan Agung, Rumah Dinas Gubernur Lampung, pada Senin 3 Januari 2022.

Aplikasi SIKAP merupakan sebuah kemajuan inovasi dalam bidang kepegawaian untuk dapat memberikan pelayanan berbasis digital kepada ASN di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung.

Tutorial Pengisian Aplikasi SIKAP untuk ASN


Fitur-Fitur dalam Aplikasi SIKAP

Aplikasi berbasis web ini dapat digunakan baik melalui handphone maupun komputer. Fitur yang terdapat di dalam aplikasi SIKAP ini diantaranya seperti Profil ASN, kegiatan dan absensi berbasis gambar dan lokasi (GPS). Dengan demikian, penggunaan aplikasi ini akan lebih memudahkan pimpinan dalam melakukan monitor dan evaluasi secara berjenjang terhadap bawahannya.

Namun demikian, di awal peluncurannya, maka aplikasi SIKAP ini perlu disosialisasikan kepada seluruh ASN di lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung agar setiap ASN mampu memanfaatkan aplikasi Ini dengan baik.

Revolusi industri 4.0, juga berdampak pada banyak bidang kehidupan manusia, termasuk dalam sistem pemerintahan dan dunia kerja. Maka sudah sepatutnya perangkat daerah di Pemprov Lampung peka dan melakukan intropeksi diri sehingga lebih maksimal dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya sebagai ASN.

 

Pengisian Kegiatan di Aplikasi SIKAP untuk ASN

Pengisian kegiatan aplikasi SIKAP ini dapat dilakukan oleh setiap ASN di pemerintah Provinsi Lampung. Kegiatan yang dikerjakan oleh ASN di masing-masing institusi dapat berbeda-beda, tergantung pada tugas pokok setiap ASN. Pada contoh tutorial kali ini akan kami jelaskan tutorial pengisian kegiatan untuk guru. Untuk ASN selain guru juga sama saja cara pengisiannya. Disesuaikan dengan tupoksi masing-masing pegawai.

Cara pengisian aplikasi SIKAP ini dapat dilakukan di perangkat android ataupun komputer/PC. Namun agar lebih mudah, kami sarankan untuk melakukan pengisian kegiatan melalui perangkat komputer.

Sebelum mulai melakukan pengisian terlebih dahulu bapak dan ibu guru menyiapkan Capaian Kinerja yang akan diinput pada aplikasi. Capaian kinerja adalah menu utama dalam aplikasi sikap. Capaian kinerja terlebih dahulu harus diinputkan agar muncul kinerja harian yang nantinya akan dinilai oleh atasan Anda. Berikut ini adalah tata cara melakukan input capaian kinerja menggunakan aplikasi sikap dengan media website.

 

Tutorial Cara Pengisian Kegiatan Tahunan Aplikasi SIKAP

Aplikasi SIKAP untuk ASN di wilayah Pemerintah Provinsi Lampung mempunyai beberapa kegiatan. Terdiri dari Kegiatan Tahuan, Kegiatan bulanan, dan kegiatan harian. Untuk mulai mengakses SIKAP, login terlebih dahulu. Login menggunakan NIP dan password yang diberikan oleh operator.

Buka alamat website https://sikap.lampungprov.go.id.

Kemudian Login ke aplikasi SIKAP.

Login Aplikasi SIKAP

Berikut ini Tutorial Cara Pengisian Aplikasi SIKAP pada kegiatan tahunan, kegiatan bulanan, dan harian.


Input Kegiatan Tahunan Pegawai

1.       Pada menu Capaian Kinerja, tambahkan kegiatan Tahunan

Tutorial Pengisian Kegiatan Tahunan Aplikasi SIKAP

2.       Klik Tambah Data, dan buat capaian kinerja selama setahun mulai Januari sampai Desember.

Tutorial Pengisian Kegiatan Bulanan Aplikasi SIKAP

3.       Pada menu ini diberikan beberapa pilihan yaitu Tambah data, Detail, Edit dan Delete. Untuk melakukan tambah data Anda dapat menekan tombol tambah data di atas tabel dengan warna biru, setelah melakukan tambah data maka data yang akan muncul sebagai berikut. Setelah itu Klik Detail.

4.       Untuk menambahkan silahkan tekan tombol Tambah Kegiatan, maka akan mengeluarkan from untuk menambah kegiatan selamat tahun tersebut.

5.       Isi rencana kegiatan anda selama satu tahun. Nama Kegiatan, Target Penyelesaian, Target Biaya, Target Kuantitas, dan Hasil. Kemudian silahkan tekan Simpan.

6.       Input seluruh data kegiatan tahunan pada menu ini, dengan klik Tambah Kegiatan.

Detail untuk melihat

Edit untuk mengedit

Delete untuk menghapus


Input Capaian Kinerja Bulanan Pegawai

Setelah melakukan rencana kinerja dan capaian kinerja tahunan, maka Anda dapat mengisi capaian kinerja bulanan. Langkah-langkah pengisian capaian kinerja bulanan adalah sebagai berikut:

1.       Silahkan mengakses menu capaian kinerja bulanan melalui sub menu Capaian Kinerja Bulanan.

2.       Aplikasi akan menampilkan yang berisi tentang tahun kegiatan serta kegiatan yang telah anda inputkan pada capaian kinerja tahunan pada form sebelumnya. 

3.       SPilih tahun kegiatan yang sesuai. Kemudian pilih kegiatan dan akan menampilkan form selanjutnya. Untuk menambahkan data kegiatan bulanan silahkan pilih dan klik tombol tambah data yang berwarna biru.

4.       Pada halaman form tambah data kegiatan bulanan akan tampil beberapa isian sebagai berikut:

5.       Isian tambah data capaian bulanan meliputi pilih bulan. Dengan memilih bulan maka Anda hanya menampilkan kegiatan pada bulan yang telah Anda pilih pada pencapaian kinerja harian. Setelah itu silahkan masukan nama kegiatan, target kuantitas, capaian hasil, target biaya serta biaya kemudian silahkan klik tombol simpan.

6.       Selanjutnya setelah melakukan input kegiatan bulanan, maka akan tampil form rincian kegiatan bulanan yang telah anda isi. Anda dapat melakukan edit maupun menghapus kegiatan bulanan pada menu ini jika terjadi kekeliruan input data.

Demikianlah tutorial cara mengisi kegiatan tahunan dan bulanan pada aplikasi SIKAP. Silahkan share jika bermanfaat. Terimakasih.

0 Response to "Tutorial Pengisian Aplikasi SIKAP (Sistem Kantor Virtual Pegawai) Provinsi Lampung"

Posting Komentar

Berkomentar dengan sopan.

Featured post

Sensor Ultrasonic JSN-SR04T featured

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Multiplex Dingin