Cara Membaca Mikrometer Sekrup

Daftar Isi

Cara Membaca Mikrometer Sekrup

Cara Membaca Mikrometer Sekrup - Mikrometer sekrup merupakan salah satu alat ukur panjang, ketebalan, hingga kedalaman dari suatu benda, khususnya benda-benda yang memiliki ukuran kecil. Alat ini biasanya digunakan untuk mengukur ketebalan kertas, diameter lubang atau kedalaman lubang, panjang kawat, dan lain sebagainya. Mikrometer sekrup memiliki tingkat ketelitian yang sangat teliti, sehingga mampu menunjukkan hasil pengukuran yang akurat. Sebelum bisa membaca skala mikrometer, kita pelajari dulu lebih mendalam tentang mikrometer skrup.

cara-membaca-mikrometer-sekrup


Tingkat Ketelitian Mikrometer Sekrup

Tingkat ketelitian pembacaan  skala mikrometer sekrup mencapai 0,001 mm. Alat ini juga memiliki dua skala alat ukur, yaitu skala utama dan skala nonius. Skala utama mikrometer sekrup terdiri mulai dari skala 1, 2, 3, 4, 5, mm dan seterusnya. Sedangkan skala nonius berbentuk skala putar yang mempunyai 1 s/d 50 skala. Apabila skala putar ini berputar mundur sebanyak 1 putaran, maka skala utama mikrometer sekrup akan bertambah 0, 5 mm. Sehingga setiap 1 skala putar = 1/100 mm = 0,01 mm.

skala-mikrometer-sekrup


Perhatikan gambar dibawah ini. Pada mikrometer dengan satuan milimeter, tingkat ketelitiannya yaitu kelipatan 1mm, kelipatan 0,5mm dan kelipatan 0,01mm.

ketelitian-mikrometer-sekrup

 

Bagian-Bagian Mikrometer Sekrup

Mikrometer sekrup memiliki 7 bagian utama yaitu:

1. Poros Tetap.
Poros tetap terletak pada ujung lengkung frame serta tidak dapat digerakkan.

2. Poros Geser
Poros geser terletak pada ujung lengkung frame mikrometer lainnya dan poros ini bisa digerakan dengan cara memutar pemutarnya

3. Skala utama.
Skala ini terletak sejajar dengan poros geser serta menujukan skala dengan satuan mm

4. Skala Nonius atau Skala Putar.
Skala nonius terletak tepat di samping skala utama mikrometer serta memutari skala utama. Tingkat ketelitian skala nonius mencapai 0,01 mm

5. Pemutar
Pemutar mikrometer berada di samping skala nonius. Pemutar digunakan untuk menggerakkan poros geser dengan cara memutarnya.

6. Pengunci.
Pengunci yang terdapat dalam mikrometer sekrup digunakan untuk mengunci poros geser pada mikrometer agar tidak bergerak.

7. Rachet
Bagian ini berfungsi untuk membantu pergerakan poros geser.

8. Frame
Frame mikrometer berbentuk U yang digunakan sebagai rangka poros.


Cara Membaca Mikrometer Sekrup

Selamin mengetahui tingkat ketelitian mikrometer sekrup dan bagian-bagiannya, Anda juga harus bisa membaca hasil pengukuran dengan menggunakan alat ini. Oleh sebab itu, simak cara membaca mikrometer sekrup seperti di bawah ini:

  1. Pertama-tama posisikan mikrometer sekrup searah pandangan Anda, sehingga Anda bisa melihat secara jelas skala yang dihasil dari pengukuran.
  2.  
  3. Kemudian, lanjutkan dengan membaca skala utama yang tertera pada mikrometer sekrup. Angka di atas garis yang tertera menunjukan angka bulat dalam satuan mm sebagai contoh 1 mm, 2 mm dan seterusnya. Sementara pada garis skala di bagian bawah ini menunjukan angka 0,5 mm

  4. Apabila terlihat garis skala atas tertera angka 5 mm, sedangkan garis skala bawah tertera 0,5 mm, maka jumlahkan kedua angka tersebut. Sehingga dapat diketahui bahwa skala utama mikrometer tersebut adalah menunjukan angka 5,5 mm.

  5. Selanjutnya, bacalah skala putarnya (skala nonius) yaitu skala garis yang berada segaris dengan garis pembagi di skala utama. Apabila suatu benda yang diukur menunjukkan skala nonius 28, maka untuk mengetahui hasil pengukuran kalikan 0,01 (28 x 0,01), maka hasilnya yaitu 0,28. Angka 0,28 merupakan hasil skala nonius dari suatu benda yang diukur.

  6. rumus-membaca-mikrometer-sekrup

  7. Terakhir untuk mengetahui jumlah dari pengukuran secara keseluruhan, maka jumlahkan hasil pengukuran skala utama dan skala nonius. Seperti pada contoh di atas maka hasil yang diperoleh yaitu 5,5 mm + 0,28 mm = 5,78 mm.

 

Itulah penjelasan mengenai cara membaca mikrometer sekrup dan juga tingkat ketelitian mikrometer sekrup berserta bagian mikrometer dan cara membaca hasil pengukuran dengan menggunakan mikrometer.

Posting Komentar