Tips Memilih Air Fryer untuk Memasak di Rumah

Daftar Isi

Tips Memilih Air Fryer yang Sesuai


Ada banyak rekomendasi air fryer yang tersebar di Youtube dan Google. Kita bahkan bisa melihat review air fryer dari orang-orang yang sudah mencoba produk tersebut. Dan tentunya, setiap merk air fryer pasti punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Sebagai contoh, kekurangan Mito air fryer adalah lebih cepat rusak walaupun harganya murah. Sedangkan ada merk air fryer terbaik 2022 yang awet tapi harganya cukup mahal.

tips memilih air fryer untuk memasak

Tips Membeli Air Fryer

Karena semua air fryer punya kelebihan dan kekurangan, lalu apa yang harus diperhatikan waktu mau beli air fryer?
Nah, kami punya tips yang lebih bisa Anda terapkan secara langsung waktu memilih air fryer. Sehingga Anda tidak ragu untuk menentukan air fryer yang sesuai dengan kebutuhan memasak Anda.
Berikut ini  adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika akan membeli sebuah air fryer:

1. Ukuran Panci Air Fryer

Daripada kita membanding-bandingkan mana best air fryer Indonesia yang tidak akan ada ujungnya, lebih baik kita pertimbangkan berapa besar ukuran panci yang disediakan alat ini.

Dengan begitu, kita bisa membuat estimasi berapa besar porsi yang bisa dibuat dalam satu kali masak.

Perlu diingat, ukuran panci air fryer yang lebih besar bukan berarti nilainya lebih bagus. Faktor ini hanyalah untuk mempertimbangkan efisiensi ketika ingin membeli air fryer.

Sebab bila kita membeli air fryer yang ukurannya besar, sedangkan kita hanya tinggal sendirian di kosan, maka efisiensi dari alat ini tentu akan berkurang. Begitupun jika kita membeli yang ukuran kecil tapi dipakai masak untuk satu keluarga setiap hari. Tentukanlah sesuai dengan keperluan memasak Anda.

2. Ukuran Daya Listrik

Selanjutnya, kita perlu perhatikan juga besar konsumsi daya listrik yang dibutuhkan agar air fryer bisa menyala. Karena perlu kita ketahui, air fryer ini membutuhkan daya listrik yang cukup besar. Sebab air fryer ini tergolong teknologi baru yang baru diproduksi masal beberapa tahun belakangan ini, dimana rata-rata listrik rumahan sudah di atas 600 watt.

Air fryer terbaik dan hemat listrik saja membutuhkan minimal 600 watt. Sedangkan rata-rata alat dari merk lain membutuhkan 1000 watt untuk bisa menyala dan memasak bahan sampai matang.

Jadi sebelum membeli air fryer, pastikan dulu listrik di rumah kita kuat untuk menggunakan alat ini. Jangan sampai sudah mahal-mahal membeli, ternyata listrik di rumah kita tidak mencukupi untuk menyalakannya.

3. Aksesoris dan Kelengkapan

Setiap air fryer pasti dilengkapi dengan satu panci bawaan yang bisa digunakan untuk masak di alat tersebut. Selain menggunakan panci bawaan, kita tidak bisa menggunakan wadah lain untuk masak di sini.

Tapi, beberapa merk air fryer juga ada yang memberikan aksesoris lain seperti panci yang ukurannya lebih kecil, mangkok, tutup panci, dan masih banyak lagi.

Kebanyakan aksesoris ini sebenarnya tidak terlalu berpengaruh, sebab hasil masakan yang sama bisa tetap kita dapatkan dengan hanya pakai panci bawaan. Hanya saja, aksesoris bisa mempermudah proses ketika memasak nanti.

4. Fitur dan Kontrol di Air Fryer

Yang terakhir, kita perlu perhatikan fitur dan kontrol apa saja yang bisa kita atur dalam air fryer tersebut.

Rata-rata air fryer dilengkapi dengan 3 kontrol, yaitu:
  • Timer
  • Pengatur suhu
  • Tombol start
Ketiga kontrol ini saja sudah cukup untuk membuat berbagai varian masakan dalam satu alat.

Namun, ada juga air fryer yang dilengkapi dengan fitur tambahan, misalnya panel thermostat untuk mengetahui berapa suhu spesifik pada alat tersebut, fitur penghangat makanan, dan masih banyak lagi.

Beberapa air fryer bahkan sudah ada yang dilengkapi dengan settingan bawaan. Misalnya jika kita mau memanggang ayam, cukup klik tombol khusus panggangan ayam agar suhu dan timernya disesuaikan secara otomatis.

Jadi, tips memilih air fryer sebenarnya tidak seribet yang kita sering lihat, kan? Cukup pikirkan saja keempat poin di atas ketika kita mau beli air fryer untuk pertama kalinya.

Posting Komentar