Pemanas Air Tenaga Surya (Solar Water Heater)

Pemanas Air Tenaga Surya (Solar Water Heater)

Pemanas Air Tenaga Surya atau solar water heater adalah alat yang digunakan untuk memanaskan air yang menggunakan energi matahari sebagai sumber pemanas. Solar water heater sangat efisien dan lebih murah untuk menyediakan pasokan air panas di rumah. 

Sistem pemanas air tenaga matahari ini dapat digunakan di segala iklim dimana bahan bakar yang digunakan untuk menghasilkan panas adalah sinar matahari yang tersedia secara gratis. Terlebih untuk wilayah Indonesia yang beriklim tropis, dimana sinar matahari dapat berlangsung sepanjang waktu.

jenis pemanas air tenaga surya

Keuntungan Pemanas Air Tenaga Surya:

Ketersediaan air panas sepanjang tahun: Sistem pemanas air tenaga matahari dapat bekerja sepanjang tahun. Hanya saja selama musim hujan Anda harus memanaskan air lebih banyak karena air akan menjadi dingin dengan lebih cepat selama musim penghujan. Sinar matahari dapat bersinar sepanjang hari di Indonesia yang beriklim tropis.

Bebas Biaya

Kita tidak perlu membayar biaya bulanan untuk solar water heater, karena sistem ini tidak memerlukan penggunaan listrik dan hanya menggunakan sinar matahari yang tersedia secara gratis.

Tidak menimbulkan polusi

Sistem pemanas air tenaga surya menggunakan green energy dan energi terbarukan, dimana hal itu akan membantu dalam pengurangan gas karbon dioksida.

Saat ini, terutama di kota-kota besar, menunjukkan minat masyarakat yang cukup besar untuk membeli produk pemanas air tenaga surya karena produk pemanas air ini sangat berguna dalam menghemat konsumsi listrik. Bahkan penggunaan teknologi solar panel juga menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan. Mulai banyak orang, baik individu maupun instansi yang membangun proyek panel surya yang akan berguna untuk generasi berikutnya.


Prinsip Kerja Pemanas Air Tenaga Surya

Sistem pemanas air tenaga surya memiliki tangki penampung air dan panel surya yang disebut kolektor yang dipasang di bagian atas gedung. Kolektor ini mengumpulkan energi panas dari matahari dan kemudian menggunakan energi itu untuk memanaskan air. Boiler tambahan atau pemanas imersi dapat digunakan untuk memanaskan air.


Jenis Pemanas Air Tenaga Surya

Sistem pemanas air tenaga surya diklasifikasikan menjadi dua jenis, yaitu:

  • Sistem pemanas air tenaga surya aktif
  • Sistem pemanas air tenaga surya pasif


1.    Sistem Pemanas Air Tenaga Surya Aktif

Sistem pemanas ini terdiri dari dua bagian; yaitu kontrol dan pompa sirkulasi untuk pengoperasiannya.

Sistem pemanas air tenaga surya aktif dibedakan menjadi dua jenis:

Sistem sirkulasi langsung: Sistem sirkulasi langsung (direct circulation system) akan mensirkulasikan air melalui kolektor karena sistem ini banyak digunakan di tempat yang iklimnya jarang dingin dan beku. Yaitu di daerah yang selalu panas.

Sistem sirkulasi tidak langsung: pompa di sini mengedarkan fluida perpindahan panas melalui kolektor dan penukar panas yang memanaskan air yang mengalir ke dalam rumah. Sistem ini paling banyak digunakan di tempat-tempat yang suhunya sangat dingin dan beku.

 

2.    Sistem Pemanas Surya Pasif

Dibandingkan dengan sistem pemanas surya aktif, sistem ini biayanya lebih murah tetapi kurang efektif. Dan perangkat ini lebih dapat diandalkan. Sistem pemanas surya pasif tidak memiliki kontrol dan sirkulasi sebagaimana sistem pemanas aktif.

Sistem pemanas pasif diklasifikasikan menjadi dua jenis:

Sistem pasif kolektor-tangki terintegrasi: sistem ini digunakan di tempat yang tidak terlalu beku. Sistem ini sangat berguna pada siang dan malam hari di rumah untuk air panas.

Sistem thermosyphon: air akan mengalir melalui sistem ini ketika jumlah air hangat/panas meningkat dan air dingin berkurang. Kolektor harus ditempatkan di bawah tangki penyimpanan sehingga air hangat naik di tangki. Agar kinerja sistem bekerja dengan baik pemasangannya harus memeriksa kekuatan atap rumah sebelum pemasangan karena sistem ini sangat berat. Selain itu juga membutuhkan lebih banyak biaya daripada sistem penyimpanan kolektor integral.

 

Tangki Penyimpanan pada Solar Water Heater

Tangki penyimpanan adalah yang paling penting di setiap pemanas air tenaga surya. Pada dasarnya tangki ini terdiri dari outlet dan inlet tambahan yang terhubung ke kolektor. Pada sistem dua tangki proses pemanasan dimulai sebelum air masuk ke dalam pemanas. Dalam sistem satu tangki pemanas cadangan terhubung ke penyimpanan surya dalam satu tangki.


Macam-Macam Solar Collector

Solar Collector atau kolektor surya ada dua jenis, yang sering digunakan untuk aplikasi perumahan.

1. Kolektor pelat datar:

Ada dua macam kolektor plat datar yaitu glazed dan unglazed. Kolektor berlapis kaca tahan cuaca dan menggunakan pelat penyerap gelap di bawah satu atau dua kaca. Kolektor tanpa glasir (unglazed) digunakan untuk memanaskan kolam surya. Kolektor panas ini menggunakan pelat penyerap gelap yang terbuat dari polimer logam tanpa penghalang.

flat plate solar water heater

2. Sistem penyimpanan kolektor integral:

Sistem penyimpanan kolektor integral yang juga disebut sistem batch ICS (Integral Collector Storage) memiliki satu atau lebih tangki atau tabung hitam yang diisolasi dalam kotak kaca. Ketika air dingin melewati kolektor surya maka air akan dipanaskan. Air panas kemudian mengalir melalui saluran air panas di mana kita mendapatkan air panas. Sistem penyimpanan ini sebagian besar digunakan di tempat yang dingin karena ada kemungkinan pipa luar ruangan akan membeku pada suhu yang sangat dingin.

3. Kolektor surya tabung evakuasi:

Jenis ini terdiri dari tabung kaca transparan di mana setiap tabung terdiri dari tabung kaca luar dan logam penyerap panas. Kolektor panas akan mengambil panas dari matahari. Panas yang didapat oleh kolektor ini dapat dipertahankan dengan adanya ruang vakum. Jenis sistem pemanas air ini sering digunakan dalam aplikasi komersial.

Kolektor surya tabung evakuasi


Bagaimana Memelihara Sistem Pemanas Air Tenaga Surya?

Biaya pemeliharaan sistem pemanas air tenaga surya relatif rendah. Pengguna harus memeriksa sistem dari waktu ke waktu apakah ada kebocoran atau tidak. Jika terjadi kebocoran pada sistem biasanya akan terlihat dari luar, misalnya bisa jadi ada bau tidak sedap yang menandakan ada kebocoran.

Jika sistem pemanas tidak digunakan dalam waktu yang lama, maka perlu dilakukan perawatan atau penggantian komponen, terutama komponen heater. Hal ini dilakukan agar performa heater tetap maksimal.

Musim hujan dan dingin yang lama perlu dilakukan pemeriksaan dan penggantian heater karena ada kemungkinan rusak yang mengakibatkan kinerja pemanas menjadi buruk. Jika sistem pemanas air tenaga matahari digunakan terus menerus permormanya akan tetap bagus.

Demikian informasi mengenai solar water heater atau pemanas air tenaga matahari. Jangan lupa share postingan ini jika bermanfaat. Salam www.dinginaja.com.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url