Sakelar Kaki Fungsi dan Jenis-Jenisnya

Daftar Isi

Sakelar Kaki Fungsi dan Jenis-Jenisnya

Sakelar kaki atau footswitch adalah sakelar yang cara pengoperasiannya diinjak dengan menggunakan kaki. Sakelar ini biasanya digunakan dalam lift barang, sistem konveyor, mengendalikan motor pada mesin perkakas atau perangkat bantu lainnya yang dioperasikan dengan bantuan kaki.

Sakelar ini juga dapat dilengkapi dengan kunci pengaman untuk menghindari jika tersandung secara tidak sengaja. Artikel kali ini akan membahas salah satu sakelar industri yang paling sering digunakan yaitu sakelar kaki.

fungsi dan jenis saklar kaki

Apa itu Saklar Kaki?

Pengertian footswitch atau sakelar kaki adalah sakelar yang hanya dioperasikan oleh kaki seseorang dengan cara menginjak aktuator. Terkadang saklar ini disebut juga saklar “stomp” atau saklar pedal kaki. Footswitch tersedia dalam berbagai bentuk berdasarkan kebutuhan. Penggunaan saklar kaki akan membantu mempermudah dalam melakukan suatu pekerjaan. Simbol sakelar kaki ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

simbol saklar kaki foot switch

Kontak pada sakelar kaki dapat bersifat sesaat atau mengunci. Sesaat berarti sakelar harus tetap ditekan untuk mencapai fungsinya seperti mesin jahit. Sedangkan latching berarti sakelar dapat ditekan satu kali, maka pengguna dapat melepas gaya tekan pada sakelar namun perangkat akan tetap menyala sampai sakelar ditekan sekali lagi.


Prinsip Kerja Sakelar Kaki

Prinsip kerja saklar kaki mirip dengan saklar listrik. Pada sakelar kaki terdapat dua titik kontak dan sebuah kabel yang terhubung ke sirkuit pada peralatan listrik.

prinsip kerja saklar kaki

Ketika kontak-kontak normaly open (NO) di dalam sakelar terbuka, maka rangkaian di peralatan listrik tidak terhubung, sehingga peralatan listrik akan OFF. Saat footswitch ini ditekan maka kedua kontak akan tertutup sehingga rangkaian listrik akan terhubung dan mesin akan ON.

Ketika kontak-kontak NC (normally closed) di dalam sakelar ditutup, maka rangkaian di perangkat terhubung, dan ketika sakelar ditekan maka akan memutus rangkaian dan mesin akan OFF.


Bagian-Bagian Saklar Kaki Footswitch

Saklar pedal ada yang dilengkapi dengan cover pelindung, dan ada juga yang tanpa penutup. Sakelar kaki atau sakelar pedal terdiri dari beberapa bagian yang berbeda seperti yang ditunjukkan pada gambar.

bagian bagian saklar kaki

  1. Pedal. Pedal dioperasikan dengan menggunakan kaki. Dardapat variasi bentuk, warna, dan ukuran pedal berdasarkan kegunaanya. Pedal ini terhubung dengan sebuah pegas yang akan membuatnya kembali ke posisi semula setelah diinjak.
  2. Bantalan karet. Terbuat dari bahan karet yang anti slip. Agar saat diinjak, saklar tidak tergelincir.
  3. Cover. Cover berguan untuk melindungi saklar dari tekanan yang tidak disengaja. Selain itu juga melindungi dari kerusakan oleh tekanan eksternal (dari luar)
  4. Switch. Merupakan kontak yang menghubungkan penghantar (kabel).
  5. Alas. Merupakan bagian dasar dari saklar kaki yang menjadi tumpuan.
  6. Inlet Kabel. Inlet kabel merupakan jalur untuk kabel penghantar.


Jenis-Jenis Sakelar Kaki

Ada beberapa pengelompojkan yang bisa kita pakai untuk membedakan jenis saklar kaki.

Berdasarkan bahan:

Berdasakan bahannya, saklar kaki atau foot switch dibedakan menjadi dua. Yaitu saklar pedal plastic dan saklar pedal metal.

  • Plastic foot switch banyak digunakan untuk keperluan rumah tangga dengan beban tekan yang tidak terlalu berat. Misalnya saklar pedal mesin jahit. Saklar kaki tombol tekan momentary untuk gitar listrik, dan sebagainya.
  • Metal foot switch banyak digunakan untuk keperluan industri. Bahan logam sangat cocok untuk lingkungan industri dan beban tekan yang lebih besar.


Berdasarkan Langkah Kerja

  • Satu Langkah, yaitu saklar kaki yang pengoperasiannya hanya dengan satu langkah penekanan pedal switch.
  • Dua Langkah, yaitu saklar kaki yang pengoperasiannya dua langkah. Pertama membuka kunci pengaman, dan kedua menekan saklar. Jika pengaman belum dibuka, maka switch tidak bisa ditekan.

saklar kaki dua langkah pengaman

Berdasarkan Pelindungnya

  • Dengan pelindung, yaitu saklar kaki yang dilengkapi cover penutup. Fungsinya untuk mencegah switch dari tekanan yang tidak disengaja.
  • Tanpa pelindung, yaitu saklar kai yang tidak menggunakan pelindung.


Memilih jenis saklar kaki

Untuk menentukan jenis saklar foot switch yang akan dipakai, sesuaikanlah dengan kebutukan pekerjaan anda. Baik dari segi harga, fitur, dan keamanan peralatan. Jangan mengorbankan keamanan hanya demi harga yang murah.

Perhatikan lingkungan kerja tempat saklar kaki akan digunakan. Perhatikan bahan atau material saklar kaki. Apakah membutuhkan yang berbahan logam, atau cukup yang berbahan plastik.

Selain itu faktor keamanan dan efisiensi juga perlu jadi pertimbangan sebelum memilih jenis saklar kaki yang akan anda beli.

Demikian sedikit pembahasan mengenai fungsi dan jenis-jenis saklar kaki. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar