Diagram Kelistrikan Kulkas 1 Pintu

Diagram Kelistrikan Kulkas 1 Pintu - Kelistrikan kulkas adalah sistem kelistrikan yang digunakan untuk mengoperasikan kulkas atau lemari es. Gambar kelistrikan kulkas biasanya tertempel pada produk kulkas, dan sering disebut diagram kelistrikan kulkas. Pada artikel kali ini akan kami berikan gambar skema kelistrikan kulkas satu pintu.

Kulkas menggunakan kompresor yang gerakkan oleh motor listrik untuk memompa refrigeran yang digunakan untuk menjaga suhu di dalam kulkas tetap dingin. Motor listrik tersebut menggunakan arus listrik untuk dapat beroperasi. Selain itu, kulkas juga memiliki beberapa komponen elektronik seperti thermostat, lampu kabin, dan lainnya yang juga memerlukan arus listrik untuk beroperasi.


Gambar Diagram Kelistrikan Kulkas 1 Pintu

Pada diagram kelistrikan kulkas 1 pintu, tidak banyak komponen yang terdapat di dalamnya. Oleh karena itu wiring diagram kulkas satu pintu tidak begitu rumit. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini:


diagram kelistrikan kulkas
Diagram Kelistrikan Kulkas


Penjelasan Kelistrikan Kulkas 1 Pintu

Berikut ini penjelasan gambar kelistrikan yang umum terdapat pada kulkas satu pintu:

Motor Kompresor

Merupakan komponen utama pada kulkas yang bertugas untuk memompa refrigeran yang digunakan untuk menjaga suhu di dalam kulkas tetap dingin. Kompresor menggunakan motor listrik untuk beroperasi yang akan menggerakkan piston di dalamnya.

Thermostat

Merupakan komponen elektronik yang bertugas untuk mengatur suhu di dalam kulkas sesuai dengan yang diinginkan. Kontrol suhu ini biasanya terdiri dari thermostat yang terhubung ke kompresor melalui saklar kontaktor.

Saklar Lampu

Merupakan saklar elektronik yang berfungsi untuk menyalakan dan mematikan lampu dengan mekanisme membuka dan menutupnya pintu kulkas. Lampu ini biasanya menggunakan lampu LED atau lampu fluorescent yang mengonsumsi arus listrik yang lebih kecil.

Lampu Kabin

Merupakan lampu penerangan kabin kulkas. Mekanisme kerjanya adalah sebagai berikut. Lampu akan menyala pada saat pintu kulkas dibuka. Dan lampu akan mati jika pintu kulkas ditutup.

Overload Protector

Merupakan komponen kelistrikan kulkas yang berfungsi untuk melindungi kompresor dari panas yang berlebih. Jika suhu kompresor panas, overload akan memutus kontaknya. Dan jika telah kembali normal, akan terhubung kembali.

Relay PTC

Relai PTC (positive temperature coefficient) pada kulkas merupakan alat yang berfungsi sebagai relay yang kerjanya berdasarkan suhu. Jika suhu pada PTC naik, maka listrik yang mengalir akan terputus.


Demikianlah gambar diagram kelistrikan kulkas 1 pintu dan penjelasannya. Semoga bermanfaat. Pada artikel yang lain akan kami juga membagikan diagram kelistrikan kulkas 2 pintu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url