Cara Cuci Steam AC Split dengan Mudah dan Benar

Daftar Isi

Cara Cuci Steam AC Split dengan Mudah dan Benar - Steam AC atau kegiatan mencuci AC perlu dilakukan secara rutin. Cuci AC split secara rutin akan menjaga agar AC anda tetap dalam kondisi yang bersih. Jangan biarkan AC di rumah anda dalam keadaan kotor tanpa dilakukan perawatan secara berkala. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara lengkap cara mencuci AC split dengan mudah dan benar.

cara cuci steam AC split dengan mudah dan benar
Cara Cuci Steam AC Split

Manfaat Cuci Steam AC Split

AC Split yang ada di rumah kita perlu dicuci steam secara berkala tiap 3 sampai 6 bulan sekali. Periode cuci AC dapat berbeda-beda sesuai dengan kondisi kerja unit AC split Anda. Jika ruangan digunakan banyak orang dan kondisi debu yang lebih banyak, maka cuci AC dilakukan lebih cepat, 3 bulan atau 4 bulan sekali. Jika ruangan relatif bersih, dapat dilakukan 6 bulan sekali.

Perawatan atau pemeliharaan AC mutlak harus dilakukan agar usia pakai relatif lebih tahan lama. Secara keseluruhan, perawatan AC bertujuan untuk memperpanjang usia pakai, mengontrol konsumsi listrik sesuai standar pemakaian daya, menghindari kerusakan yang lebih parah, memaksimalkan kinerja AC, dan menjaga hygienita udara ruangan akibat debu dan kotoran yang menempel pada unit AC.

Ada beberapa manfaat yang kita dapatkan dengan melakukan perawatan AC split secara berkala. Berikut ini dapat anda simak baik-baik, apa saja manfaat yang akan diperoleh dengan membersihkan AC di rumah kita.

1. Membuat udara tetap dingin

AC yang kotor akan mengganggu proses pendinginan pada sistem AC. Kotoran akan menghambat pertukaran suhu dingin yang terjadi di evaporator (bagian indoor AC). Debu dan kotoran pada bagian luar AC (outdoor) juga akan mengganngu proses pembuangan panas di kondensor.  Dengan kondisi AC yang selalu bersih, maka udara yang dihasilkan akan selalu dingin.

2. Menjaga kesehatan dan kebersihan udara

Pada bagian indoor AC terdapat filter udara. Filter udara ini berfungsi untuk menyaring debu-debu dan kotoran yang beterbangan di udara. Semakin lama beroperasi, maka debu dan kotoran yang menempel pada filter akan semakin banyak dan menebal. Debu dan kotoran tersebut dapat menjadi sarang bakteri yang dapat mengganggu kenyamanan dan kesehatan.

Kotoran tersebut yang mengakibatkan AC di rumah kita mengeluarkan bau yang kurang sedap. Selain itu kebersihan udara yang dihembuskan AC menjadi tidak bersih dan sehat.

3. Memperpanjang usia pakai AC

Dengan melakukan perawatan berupa steam AC secara rutin akan membuat komponen-komponen AC split bekerja secara normal. Komponen yang kotor akan lebih cepat mengalami kerusakan disebabkan kotoran yang menempel padanya.

Jika AC dalam kondisi bersih, maka ia akan bekerja dengan normal. Jika AC kotor, maka ia akan sulit mencapai suhu dingin. Akibatnya kompresor akan terus-menerus bekerja hingga didapat suhu yang dingin. Kerja kompresor yang terlalu keras akan menyebabkan usia kompresor tidak bertahan lama, karena beban yang berat.

4. Dapat menghemat konsumsi listrik

Seperti penjelasannya sebelumnya, AC yang kotor akan membuat kompresor bekerja keras dan terus-menerus. Dengan demikian, berdampak pada konsumsi daya listrik yang digunakannya. Daya listrik akan banyak dipakai kompresor untuk bekerja mencapai suhu dingin.

Seperti kita tahu, daya AC split itu sudah cukup besar. Apabila diperparah dengan kondisi AC yang kotor, maka pemakaian listrik akan semakin besar. Dengan cuci steam AC akan menjaga AC tetap bersih. AC lebih cepat mencapai suhu dingin. Konsumsi daya listrik akan lebih hemat.

 

Jenis Pemeliharan AC Split

1. Servis Kecil

Pemeliharaan AC split ada dua macam. Pertama servis kecil. Servis kecil dilakukan selam 2 sampai 3 minggu sekali. Pekerjaan servis kecil yaitu membersihkan filter udara dan cassing body AC. Pekerjaan ini dapat dilakukan dengan mudah.

2. Servis Besar

Pemeliharaan AC ini mencakum membersihkan indoor dan outdoor AC Split secara keseluruhan. Pekerjaan ini dilakukan 3 sampai 6 bulan sekali tergantung pada kondisi AC.

 

Alat untuk Cuci Steam AC Split

Untuk dapat mencuci AC, ada beberapa peralatan yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu. Apa saja alat yang dibutuhkan?

1.       Alat steam

2.       Plastik steam AC

3.       Obeng

4.       Lap kering

Apakah perlu menggunakan sabun atau cairan pembersih lain? Sebenarnya kita tidak perlu menggunakan sabun atau cairan pembersih untuk membersihkan AC split. Untuk kondisi pemakaian yang normal, kotoran pada evaporator dan kondensor AC split masih dapat dibersihkan hanya dengan menggunakan air saja. Dengan tekanan air yang cukup kencang dari alat steam akan cukup mampu membersihkan kotoran yang menempel pada filter, evaporator dan kondensor.

Baca juga: Cara Mengatasi Remote AC Terkunci, Muncul Simbol Gembok

Langkah-Langkah Cuci Steam AC Split

Pengecekan Awal pada AC

Pengecekan awal bertujuan untuk memastikan bahwa AC masih bekerja normal. Hanya suhunya saja yang kurang dingin karena kotor. Langkah pengecekan awal adalah sebagai berikut:

1.       Hidupkan AC selama ±5 menit.

2.       Lakukan pengecekan awal pada AC. Cek swing, temperature, dan fan speed.

3.       Matikan AC dengan mencabut sumber tegangan.

4.       Buka grill (casing) indoor AC dengan obeng. Letakkan pada tempat yang aman.


Buka casing indoor dengan obeng


5.       Lepas thermistor dari dudukannya, bungkus/lindungi dengan plastik agar tidak terkena air.

6.       Tutup bagian PCB dengan rapat menggunakan plastik agar tidak terkena air.

7.       Pasang plastik AC dengan rapi. Pastikan tidak bocor.


cara steam AC split
Memasang plastik steam AC

Membersihkan Bagian Indoor AC

1.     Pertama cuci filter udara, kemudian keringkan. Bagian casing yang tadi dilepas juga dibersihkan.


membersihkan filter udara AC split
Membersihkan filter udara AC


2.     Berikutnya membersihkan permukaan evaporator. Semprot dengan alat steam dengan arah semprotan sejajar dengan sirip-sirip evaporator. Lakukan berulang-ulang hingga bersih. Jangan sampai bagian PCB terkena air!


cara cuci indoor AC split
Membersihkan evaporator AC


3.     Bersihkan kipas blower. Saat membersihkan bagian ini, tahan dengan tangan atau obeng agar kipas blower tidak ikut berputar karena semprotan air.

4.     Selanjutnya semprot bagian drainase/ saluran pembuangan. Pastikan air buangan mengalir dengan lancar, tidak tersumbat atau buntu.

5.     Pastikan semua bagian indoor telah bersih.

6.     Biarkan selama beberapa menit hingga air tidak menetes lagi.

7.     Lepas plastik AC, dan keringkan indoor dengan kain lap.

8.     Pasang grill/casing dan juga filter pada dudukannya. Kemudian berihkan casing luar indoor dengan kain lap.

9.     Pastikan semua bagian indoor telah terpasang dengan benar dan kering.

 

Membersihkan Bagian Outdoor AC Split

1.     Pertama, buka tutup outdoor dengan menggunakan obeng.

2.     Tutup bagian terminal kelistrikan kompresor agar aman.

3.     Bersihkan kisi-kisi kondensor dari bagian depan. Karena kipas kondensor putarannya menyedot udara, maka kita semprot dari bagian depan agar kotoran yang menempel di fin kondensor lebih mudah rontok. Lakukan berulang-ulang hingga bersih. JANGAN mengenai bagian terminal atau socket kelistrikan outdoor.


cara cuci outdoor AC split
Membersihkan kondensor AC


4.     Bersihkan juga kipas kondensor dan juga casing outdoor.


cara membersihkan kesing outdoor AC split
Membersihkan casing outdoor AC


5.     Jika sudah bersih, pasang kembali tutup kipas/ casing. Kemudian keringkan outdoor dengan lap.

 

Pengecekan Akhir

1.     Jika semua sudah dipastikan terpasang dengan aman, Hidupkan AC.

2.     Lakukan pengecekan seperti pada awal dengan menggunakan remote.

3.     Bandingkan sebelum dan sesudah dilakukan steam. Idealnya, setelah di cuci steam, AC akan lebih dingin dari sebelumnya.


Cara mencuci AC Split dengan mudah dan benar dapat dilakukan jika anda memiliki peralatan dan pengetahuan yang cukup mengenai peralatan listrik. Jika anda kesulitan maka sebaiknya serahkan saja pekerjaan mencuci AC anda pada teknisi yang lebih berpengalaman. Anda tinggal mengontrol pekerjaan mereka saja. Semoga artikel ini bermanfaat.


Tugas Materi Steam AC

Kerjakan soal berikut ini:

1. Berapa lama perawatan steam AC split sebaiknya dilakukan? 

2. Kenapa PCB perlu dilindungi dari percikan air pada saat melakukan steam AC? 

3. Apa yang dapat terjadi apabila PCB terkena air? 

4. Apakah piranti sensor (thermistor) harus dilindungi dari air? Kenapa? 

5. Apa kekurangan dari membersihkan evaporatir dengan cairan pembersih kimia (chemical cleaner)? 


4 komentar

Berkomentar dengan sopan.
Comment Author Avatar
Anonim
17/3/23 14:53 Hapus
Nama: Abdy Esa Pratama
Kelas: XI TKL 1

Pengalaman saya mecuci AC atau steam AC kita tau bahwa sebelum kita mencuci kita harus teliti yang kita cuci tersebut AC nomal atau tidak maka sebelum kita mencuci dihidupkan AC tersebut selama 15 menit dan mengecek komponen² indoor salah satunya blower dan setelah AC dicek aman langkah pertama kita mencopoti casing indoor dan outdoor lalu termistor indoor dan supaya aman kelistrikan indoor tersebut ditutup memakai plastik hingga kelistrikan tersebut tertutup jika sudah aman langkah kedua disiapkan alat steam dan bahannya lalu pasang palstik penampungan air ac untuk jalan keluar air steam yang kita cuc, lalu cuci AC indoor tersebut hingga bersih untuk mencuci blower tahan menggunakan obeng blower tersebut supaya tidak berputar setelah indoor sudah terlihat bersih langkah selanjutnya mencuci outdoor AC hingga bersih langkah terakhir lap menggunakan kanebo hingga kering dan tutup/pasang kembali casing indoor dan outdoor, disini kita tau bahwa mencuci AC harus teliti yang kita cuci AC nomal atau tidak, dan kita tau bahwa jika mencuci AC jangan sampai terkena terminal kelistrikan ac
Comment Author Avatar
Anonim
17/3/23 15:00 Hapus
Rizki Novrizal
11 TKL 1

Pengalaman saya mecuci AC atau steam AC kita tau bahwa sebelum kita mencuci kita harus teliti yang kita cuci tersebut AC nomal atau tidak maka sebelum kita mencuci dihidupkan AC tersebut selama 15 menit dan mengecek komponen² indoor salah satunya blower dan setelah AC dicek aman langkah pertama kita mencopoti casing indoor dan outdoor lalu termistor indoor dan supaya aman kelistrikan indoor tersebut ditutup memakai plastik hingga kelistrikan tersebut tertutup jika sudah aman langkah kedua disiapkan alat steam dan bahannya lalu pasang palstik penampungan air ac untuk jalan keluar air steam yang kita cuc, lalu cuci AC indoor tersebut hingga bersih untuk mencuci blower tahan menggunakan obeng blower tersebut supaya tidak berputar setelah indoor sudah terlihat bersih langkah selanjutnya mencuci outdoor AC hingga bersih langkah terakhir lap menggunakan kanebo hingga kering dan tutup/pasang kembali casing indoor dan outdoor, disini kita tau bahwa mencuci AC harus teliti
Comment Author Avatar
Fajri nur setiawan
17/3/23 14:59 Hapus
Nama: fajri nur setiawan
Kelas: Xl TKL 1

Pengalaman saya mecuci AC atau steam AC kita tau bahwa sebelum kita mencuci kita harus teliti yang kita cuci tersebut AC nomal atau tidak maka sebelum kita mencuci dihidupkan AC tersebut selama 15 menit dan mengecek komponen² indoor salah satunya blower dan setelah AC dicek aman langkah pertama kita mencopoti casing indoor dan outdoor lalu termistor indoor dan supaya aman kelistrikan indoor tersebut ditutup memakai plastik hingga kelistrikan tersebut tertutup jika sudah aman langkah kedua disiapkan alat steam dan bahannya lalu pasang palstik penampungan air ac untuk jalan keluar air steam yang kita cuc, lalu cuci AC indoor tersebut hingga bersih untuk mencuci blower tahan menggunakan obeng blower tersebut supaya tidak berputar setelah indoor sudah terlihat bersih langkah selanjutnya mencuci outdoor AC hingga bersih langkah terakhir lap menggunakan kanebo hingga kering dan tutup/pasang kembali casing indoor dan outdoor, disini kita tau bahwa mencuci
Comment Author Avatar
Ahmad Ali Nasir
17/3/23 15:08 Hapus
Nama: Ahmad Ali Nasir
kelas: XI TKL 1

Pengalaman saya mecuci AC atau steam AC kita tau bahwa sebelum kita mencuci kita harus teliti yang kita cuci tersebut AC nomal atau tidak maka sebelum kita mencuci dihidupkan AC tersebut selama 15 menit dan mengecek komponen² indoor salah satunya blower dan setelah AC dicek aman langkah pertama kita mencopoti casing indoor dan outdoor lalu termistor indoor dan supaya aman kelistrikan indoor tersebut ditutup memakai plastik hingga kelistrikan tersebut tertutup jika sudah aman langkah kedua disiapkan alat steam dan bahannya lalu pasang palstik penampungan air ac untuk jalan keluar air steam yang kita cuc, lalu cuci AC indoor tersebut hingga bersih untuk mencuci blower tahan menggunakan obeng blower tersebut supaya tidak berputar setelah indoor sudah terlihat bersih langkah selanjutnya mencuci outdoor AC hingga bersih langkah terakhir lap menggunakan kanebo hingga kering dan tutup/pasang kembali casing indoor dan outdoor, disini kita tau bahwa mencuci AC harus teliti.