Cara Mengatasi Remote AC Terkunci, Muncul simbol Gembok

Cara Mengatasi Remote AC Terkunci, Muncul simbol Gembok - Remot AC sangat penting bila anda memiliki AC di rumah. Remote AC berfungsi untuk mengendalikan atau mengoperasikan AC dari jarak jauh. Namun terkadang, mungkin saja terjadi masalah dengan remot AC anda, sehingga anda tidak dapat mengoperasikan AC.

Salah satu masalah pada remot AC adalah tombol remot AC yang terkunci. Tombol remot tidak dapat dipencet, sehingga anda tidak dapat mengatur AC karena tombol terkunci. Jika anda mengalami masalah remot AC yang terkunci, maka coba simak penjelasan dan solusi mengatasinya.

remote AC terkunci simbol gembok
Remote AC terkunci

Fungsi fitur pengunci pada remot AC

Pada sebagian besar remot AC yang mengalami masalah tombol terkunci, maka akan muncul simbol gembok di layar remot. Hal ini berarti bahwa tombol remot tidak dapat merespon. Meskipun kita menekannya berkali-kali, AC tidak akan merespon sinyal dari remot.

Pengunci gembok remot ini sebenarnya merupakan fungsi bawaan AC. Secara default setingan pabrik, mereka menerapkan kombinasi tombol yang dapat mengaktifkan fitur pengunci remot. Pengunci remot ini bertujuan agar settingan remot tidak dapat diubah-ubah.

Bagi yang memiliki anak kecil, yang senang memainkan remote, fitur ini sangat berguna. Biasanya ini terjadi karena si anak tidak sengaja menekan-nekan tombol secara acak. Dan mengaktifkan fitur pengunci remot.

Lalu bagaimana cara mengatasi remot AC yang tergembok? Berikut ini yang bisa kita lakukan.

 

Cara mengatasi remot AC tidak bisa ditekan karena terkunci

Dalam keadaan terkunci, kita tidak bisa melakukan pengaturan AC. Bahkan mematikan dan menghidupkan AC saja pun tidak bisa dilakukan dalam keadaan remot tergembok. Berikut ini cara mengatasi remot yang tergembok.

  1. Pastikan AC dalam kondisi menyala.
  2. Jika AC masih mati, hidupkan dengan menggunakan tombol power manual yang terdapat pada bagian indoor AC. Buka penutup AC, dan cari lubang tombol power di sebelah kanan indoor.
  3. Jika AC sudah menyala, siapkan remote AC-nya.
  4. Tekan dan tahan tombol plus dan minus pada remot AC secara bersamaan.
  5. Jika simbol gembok sudah hilang, lepaskan tombol.
  6. Remot AC sudah dapat digunakan lagi.Cara ini biasanya bekerja pada sebagian besar merk AC.

Hanya dengan menekan tombol plus dan minus pada remot AC secara bersamaan, maka masalah remot terkunci pun dapat teratasi dengan mudah. Hanya saja karena tidak semua orang yang mengetahuinya, maka hal tersebut cukup membingungkan.

 

Cara reset remot AC ke settingan default

Selain dengan cara diatas, jika remote AC terkunci, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasinya:

Ganti baterai remote AC

Jika remote AC Anda menggunakan baterai, pastikan untuk menggantinya dengan yang baru. Baterai yang lemah dapat membuat remote tidak berfungsi dengan baik sehingga tidak merespon saat ditekan. Bersihkan juga terminal baterai dengan menggunakan kain atau sejenisnya.

Bersihkan remote AC

Buka penutup baterai pada remote dan bersihkan papan tombol remot. Pastikan tidak ada kotoran atau debu yang menempel pada tombol atau bagian dalam remote. Remot yang tertutup kotoran menyebabkan kontak tidak terhubung.

Reset remote AC

Coba untuk mereset remote AC dengan menekan tombol reset pada remote atau dengan melepas baterai dan memasangnya kembali setelah beberapa saat. Tombol reset kebanyakan berupa lubang yang terdapat tombol kecil di dalamnya. Untuk menekannya harus menggunakan batang logam kecil. Tekan dan tahan tombol tersebut selama beberapa saat, hingga remot kembali ke settingan default.

Gunakan aplikasi AC

Jika AC Anda mendukung pengendalian melalui aplikasi, cobalah untuk mengoperasikan melalui aplikasi. Download aplikasi remot sesuai dengan merk dan tipe AC anda. Pastikan aplikasi terhubung dengan AC dan remote sudah dipasangkan dengan benar.

atasi remote AC terkunci dengan smartphone
Aplikasi remote pada smartphone

Hubungi teknisi AC

Jika semua cara di atas tidak berhasil, kemungkinan ada masalah pada unit AC itu sendiri. Hubungi teknisi AC untuk memeriksanya lebih lanjut dan memperbaikinya.

Mengatasi remote AC yang terkunci dapat menjadi mudah dengan melakukan beberapa langkah di atas. Namun, jika Anda masih kesulitan atau merasa tidak bisa untuk mengatasinya sendiri, sebaiknya hubungi teknisi AC terdekat untuk memeriksanya.

Jangan lupa follow akun media sosial DinginAja.com untuk mendapatkan update informasi terbaru.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url