Pengelasan Brazing

Brazing - Pematrian atau mematri atau patri (brazing) dalam metal working adalah cara penyambungan dengan menggunakan logam pengisi atau logam patri di antara permukaan logam induk yang disambung. 



Pengertian pengelasan brazing


Logam pengisi yang dipakai pada sistem brazing selalu mempunyai titik cair yang lebih rendah dari pada logam induk. Dua macam logam patri yang sering dipakai yaitu logam lunak dimana logamnya mempunyai titik cair lebih rendah dari 450 °C dan logam patri yang mempunyai titik cair lebih tinggi dari 450 °C yang disebut logam patri keras. 

Brazing merupakan cara pengelasan dua buah logam dengan menggunakan bahan tambah yang titik cairnya jauh lebih rendah dibanding dengan titik cair logam yang akan disambung. Brazing dilakukan dengan menggunakan temperature yang rendah. Brazing dapat pula disebut soldering. 



Untuk macam-macam pipa refrijerasi dapat dilihat pada artikel www.dinginaja.com di link ini >> disini <<

Sedangkan yang dimaksud dengan Welding adalah penyambungan dua buah logam dengan menggunakan alat pemanas yang temperaturnya sangat tinggi sehingga dapat mencairkan kedua logam tersebut dan dapat menyatukan kedua logam tersebut. 

Metode pengelasan yang paling sering digunakan ada dua cara yaitu las gas Oksi-Asetilin dan las listrik. Las Oksi-Asetilin diterapkan pada bahan-bahan lunak seperti pipa tembaga, sedangkan las listrik diterapkan hanya pada besi.

alat-alat las asetilin
Perlengkapan Las


Macam macam nyala api las oksigen asetilen adalah jenis nyala api yang digunakan untuk proses pengelasan, pemanasan dan pemotongan. Penggunaan jenis nyala api berdasarkan pada besar tekanan yang keluar dari tabung yang diatur melalui regulator kemudian disalurkan melalui slang gas.

Jenis nyala api oksigen asetilen ini sangat berpengaruh terhadap nilai temperaturnya. Temperatur pada nyala api ini dapat mencapai 3000 derajat celcius. Untuk Anda yang ingin mengetahui macam macam nyala api, berikut ini detailnya.

jenis-jenis nyala api las
Gambar Macam-macam nyala api las


Demikian tadi pembahasan mengenai brazing di www.dinginaja.com.

1 Response to "Pengelasan Brazing"

Featured post

Cara Mudah Membuat Absen Online untuk Pembelajaran featured

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel