Pengumuman Hasil Seleksi Tahap 1 Calon Guru Penggerak (CGP) Angkatan 9

Pengumuman Hasil Seleksi Tahap 1 Calon Guru Penggerak (CGP) Angkatan 9 disampaikan melalui surat Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan Nomor 0844/B3/GT.00.08/2023 tertanggal 18 Maret 2023 tentang Pengumuman Hasil Seleksi Tahap 1 Calon Guru Penggerak Angkatan 9.

Pengumuman Calon Guru Penggerak angkatan 9
Pengumuman Seleksi CGP Angkatan 9

Pengumuman Hasil Seleksi Tahap 1 Calon Guru Penggerak (CGP) Angkatan 9

Isi surat tentang Pengumuman Hasil Seleksi Tahap 1 Calon Guru Penggerak (CGP) Angkatan 9 menyatakan bahwa Menindaklanjuti surat kami Nomor: 3157/B3/GT.00.08/2022, Tanggal: 10 November 2022, Hal: Rekrutmen Calon Guru Penggerak Angkatan 9 (untuk Angkatan 9 dan 10), kami sampaikan bahwa Tim Seleksi Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan telah melakukan proses seleksi tahap 1 Calon Guru Penggerak (CGP) Angkatan 9. Seleksi tahap 1 dilakukan melalui penilaian CV, Unggahan Dokumen, dan Esai.

Berkenaan dengan proses seleksi tahap 1 dimaksud, dengan hormat kami sampaikan beberapa hal sebagai berikut.

1.       Pendaftar CGP secara daring yang kami terima melalui laman pendaftaran sejumlah 189.263 orang.

2.       CGP yang memenuhi persyaratan kelengkapan CV, unggahan dokumen, dan esai melalui proses verifikasi dan validasi (verval) berjumlah 66.022 orang.

3.       CGP yang dinyatakan lulus tahap 1 angkatan 9 berjumlah 33.729 orang (lampiran 2) dan yang bersangkutan berhak untuk mengikuti seleksi tahap 2. Proses seleksi tahap 2 meliputi simulasi mengajar dan wawancara.

4.       Simulasi mengajar dan wawancara secara daring (online) akan dilaksanakan pada bulan Maret sampai dengan bulan Mei 2023.

5.       Jadwal simulasi mengajar dan wawancara akan disampaikan melalui aplikasi SIMPKB masing-masing CGP.

6.       Informasi lengkap Rekrutmen Calon Guru Pengerak (CGP) dapat dilihat pada laman Guru Penggerak: https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak

7.       Tim Seleksi tidak melayani komunikasi dengan CGP dalam bentuk apapun. CGP diharapkan selalu memantau perkembangan informasi yang diumumkan melalui SIMPKB. Segala kerugian akibat kelalaian tidak memantau perkembangan informasi yang diumumkan menjadi tanggung jawab CGP. 

Selanjutnya kami mohon perkenan Saudara untuk dapat menyampaikan informasi hasil seleksi tahap 1 ini, kepada CGP yang dinyatakan lulus untuk mempersiapkan diri mengikuti proses seleksi tahap 2.

 

Download File Pengumuman Seleksi Calon Guru Penggerak Angkatan 9

Link download Pengumuman Hasil Seleksi Tahap 1 CGP Angkatan 9 dapat anda klik pada tautan berikut ini.

  1. Aceh
  2. Bali
  3. Banten
  4. Bengkulu
  5. DI Yogyakarta
  6. DKI Jakarta
  7. Gorontalo
  8. Jambi
  9. Jawa Barat
  10. Jawa Tengah
  11. Jawa Timur
  12. Kalimantan Barat
  13. Kalimantan Selatan
  14. Kalimantan Utara
  15. Kalimantan Timur
  16. Kalimantan Tengah
  17. Kep. Bangka Belitung
  18. Kep. Riau
  19. Lampung 
  20. Maluku Utara
  21. Maluku
  22. Nusa Tenggara Barat
  23. Nusa Tenggara Timur
  24. Papua Barat
  25. Papua
  26. Riau
  27. Sulawesi Barat
  28. Sulawesi Selatan
  29. Sulawesi Tengah
  30. Sulawesi Tenggara
  31. Sulawesi Utara
  32. Sumatera Barat
  33. Sumatera Selatan
  34. Sumatera Utara



Seleksi Tahap 2 CGP Angkatan 9

Selanjutnya dimohon kepada CGP yang dinyatakan lulus untuk mempersiapkan diri mengikuti proses seleksi tahap 2 untuk mengikuti tahap selanjutnya yakni seleksi Simulasi Mengajar & Wawancara.

Dalam lampiran Pengumuman Hasil Seleksi CGP (Calon Guru Penggerak) Angkatan 9 Tahap 1 terdapat Petunjuk Teknis (Juknis) Pelaksanaan Seleksi Tahap 2 Pendidikan Guru Penggerak adalah sebagai berikut

a. Petunjuk umum seleksi tahap 2

1.       Pelaksanaan seleksi tahap 2 akan dilakukan secara daring (online). (Peserta disarankan menggunakan browser Chrome)

2.       Peserta seleksi menyiapkan diri dengan baik untuk melakukan Simulasi Mengajar & Wawancara.

3.       Seleksi Simulasi Mengajar dan Wawancara akan dilaksanakan secara bertahap. Simulasi Mengajar akan dilaksanakan terlebih dahulu selama maksimal 15 menit (5 menit persiapan, 10 menit simulasi mengajar, dan 5 menit tanya jawab), lalu calon fasilitator akan menerima jadwal selanjutnya untuk mengikuti seleksi Wawancara selama maksimal 60 menit.

4.       Akan ada 2 (dua) asesor yang akan memberikan nilai untuk masing-masing seleksi.

5.       Peserta seleksi diharapkan hadir 5 menit sebelum waktu pelaksanaan seleksi. Peserta menyiapkan hal-hal berikut untuk mengikuti seleksi tahap 2:

a.       Ruangan yang kondusif, memiliki pencahayaan yang terang, dan tersedia akses listrik dan internet,

b.       Alat dan bahan yang diperlukan untuk seleksi,

c.       Jaringan internet yang baik dan cadangan sambungan internet,

d.       Komputer/laptop/perangkat elektronik dengan kamera video dan speaker/ microphone yang berfungsi dengan baik,

e.       Meletakkan komputer/laptop/perangkat elektronik yang mampu menampilkan gambar dan menangkap suara kandidat dengan baik.

f.        Peserta diharapkan dapat melakukan latihan panggilan video menggunakan aplikasi Google Meet dengan orang lain untuk memeriksa kualitas suara dalam panggilan video, sebelum pelaksanaan seleksi.

g.       Jadwal pelaksanaan seleksi akan diberikan melalui aplikasi seleksi (SIMPKB).  Ikutilah seleksi sesuai jadwal yang diberikan.

h.       Jika peserta terputus ditengah pelaksanaan seleksi silahkan mencoba untuk mengakses tautan Google Meet yang sama.

i.         Jika mengalami kendala dalam mengikuti seleksi, peserta bisa menghubungi tim pemantau melalui tautan aplikasi Whatsapp/WA yang tersedia di aplikasi.

j.         Di awal seleksi asesor akan melakukan konfirmasi identitas. Silahkan siapkan KTP dan menunjukkannya jika diminta.

 

b. Petunjuk Seleksi Simulasi Mengajar

1.       Topik Pembelajaran pada simulasi mengajar sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang telah di unggah/dikirim pada saat pendaftaran calon guru penggerak.

2.       Simulasi Mengajar akan berlangsung secara singkat selama 10 menit, maka peserta diharapkan berfokus pada tahap pembuka dan inti pembelajaran dalam mengikuti seleksi Simulasi Mengajar.

3.       Lakukan Simulasi Mengajar selama 10 menit.

4.       Lakukan Simulasi Mengajar seolah-olah pembelajaran dilakukan secara tatap muka, dengan menganggap terdapat peserta didik yang mengikuti proses pembelajaran.

5.       Simulasi Mengajar dilaksanakan bukan sebagai metode pembelajaran daring, sehingga kandidat tidak bisa melakukan share screen untuk memberikan materi pembelajaran.

6.       Persiapan alat dan bahan yang diperlukan untuk Simulasi Mengajar (contoh: papan tulis kecil/kertas putih besar, alat peraga, spidol, dll)

7.       Pada akhir sesi Simulasi Mengajar akan ada sesi tanya jawab dengan Asesor selama maksimal 5 menit. Peserta akan menjawab beberapa pertanyaan yang akan diajukan oleh tim asesor.

8.       Simulasi Mengajar akan dihentikan oleh tim asesor jika sudah melewati waktu pelaksanaan simulasi.

9.       Letakkan komputer/laptop/perangkat elektronik yang dapat menampilkan sekitar 70% dari badan peserta. Berikut adalah beberapa contoh tampilan kandidat yang diharapkan dalam mengikuti seleksi simulasi mengajar secara daring:

 

c. Petunjuk Pelaksanaan Wawancara

1.       Peserta akan mengikuti seleksi wawancara sesuai jadwal wawancara yang diberikan.

2.       Peserta meletakkan komputer atau perangkat elektronik yang mampu menangkap suara dan gambar calon peserta dengan baik.

3.       Wawancara akan berlangsung kurang lebih 60 menit, dimana kandidat akan diwawancara oleh 2 orang tim asesor pada saat yang bersamaan.

4.       Selama wawancara calon peserta diharapkan untuk memberikan jawaban berdasarkan pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki.

5.       Berikut adalah contoh jawaban yang diharapkan saat wawancara:

“Saya mengalami beberapa hambatan saat menjalankan program pola hidup sehat untuk anak murid. Pihak sekolah, orangtua murid, pihak kantin, tidak mendukung implementasi program ini karena beberapa kendala di masing-masing pihak. Selama dua tahun saya melakukan berbagai cara untuk merangkul masing-masing pihak, misalnya dengan memberikan pemahaman mengapa program ini perlu diterapkan, bagaimana cara menerapkannya, apa yang bisa didukung dari masing-masing pihak untuk keberhasilan program ini. Bagaimana mengatasi kekhawatiran yang ditakutkan masing-masing pihak, dan sebagainya. Hasilnya di akhir tahun kedua dan memasuki tahun ketiga ini masing-masing pihak menunjukkan dukungannya terhadap program saya.”


Lini Masa Seleksi Calon Guru Penggerak Angkatan 9

Berikut ini lini masa proses seleksi Calon Guru Penggerak Angkatan 9. Jadwal bisa berubah sewaktu-waktu dan akan diumumkan melalui laman pendaftaran.

lini masa pendaftaran calon guru penggerak
Lini Masa Pendaftaran CGP Angkatan 9


Demikian informasi tentang Pengumuman Hasil Seleksi Tahap 1 CGP Angkatan 9. Sebarkan pada rekan seperjuangan anda. Semoga bermanfaat.

Update: Pengumuman Hasil Seleksi Tahap 2


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url