Jurnal Refleksi Dwimingguan Modul 1.2 Nilai dan Peran Guru Penggerak

Jurnal Refleksi Modul 1.2 Nilai dan Peran Guru Penggerak

Refleksi dwimingguan ini saya rangkai dengan menggunakan model 4F (fact, Feeling, Finding and Future). Model refleksi ini dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway. Berikut ini adalah refleksi dwimingguan modul 1.2 Nilai dan Peran Guru Penggerak.

Jurnal Refleksi Dwimingguan Modul 1.2
Jurnal Refleksi Modul 1.2 Nilai dan Peran Guru Penggerak

1. Fact (Peristiwa)

Peristiwa yang sala alami selama mempelajari modul 1.2 adalah tentang nilai dan peran guru penggerak. Aktivitas dilakukan dengan alur MERDEKA. Mulai dari diri, eksplorasi konsep, kemudian berdiskusi di ruang kolaborasi. Dilanjutkan dengan demonstrasi kontekstual, elaborasi pemahaman, lalu membuat koneksi antar materi dan melakukan aksi nyata.

Diawali dengan mengunduh materi dan melakukan aktivitas mulai dari diri, yaitu mempelajari dan membuat diagram trapesium usia. Kemudian saya juga mempelajari materi nilai dan peran guru penggerak. Pada materi nilai dan peran guru penggerak, kami dibagi menjadi beberapa kelompok untuk merancang satu kegiatan yang menunjukkan nilai seorang guru penggerak.

2. Feeling (Perasaan)

Perasaan saya selama mengikuti kegiatan modul 1.2 ini adalah senang dan membuat say merenung. Bahwa ternyata masih banyak nilai dan peran guru penggerak yang belum ada pada diri saya. Yang membuat kaget adalah kami diminta menyebutkan satu nilai guru penggerak yang menurut kami sudah ada pada diri. Satu dari nilai Guru Penggerak yang telah membantu saya dalam melayani murid saya dengan lebih baik yaitu Inovatif. Saya senang membuat hal-hal kecil yang kreatif dalam pembelajaran saya. Selain itu juga kerap memberikan gagasan inovatif untuk rekan sesama guru.

Saya juga senang bisa mendapatkan ilmu dari rekan kelompok. Banyak sekali pelajaran yang bisa saya dapatkan dari reka-rekan guru hebat di kelompok saya.

Baca juga: Jurnal Refleksi Modul 1.3 - Visi Guru Penggerak

3. Finding (Pembelajaran)

Pelajaran yang saya dapatkan dari mempelajari modul 1.2 ini adalah saya menjadi paham akan nilai dan peran seorang guru penggerak. Dan saya akan berusaha untuk menumbuhkan nilai-nilai tersebut di dalam diri saya sendiri, dan berniat untuk membagikan pengalaman ini kepada rekan guru yang lain. Selain ini juga berusaha memegang peran sebagai seorang guru penggerak di kelas dan lingkungan sekolah.

4. Future (Perubahan)

Yang dapat saya lakukan di masa depan adalah berusaha untuk mengembangkan nilai-nilai dan peran guru penggerak yang belum muncul dalam diri saya. Setelahnya saya akan mulai mengembangkan nilai-nilai dan peran guru penggerak dalam aktifitas pembelajaran di kelas dan di lingkungan sekolah.

Demikianlah jurnal refleksi modul 1.2 nilai dan peran gur penggerak yang bisa saya tuliskan. Semoga menjadi catatan pengingat pribadi, dan semoga bisa bermanfaat bagi bapak ibu gur yang lain.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url