Diagram Kelistrikan Showcase

Diagram Kelistrikan Showcase - Tahukah anda dengan jenis mesin pendingin ini? Showcase merupakan jenis peralatan refrigerasi yang berfungsi untuk menyimpan minuman agar tetap berada pada kondisi dingin, sehingga kita atau konsumen dapat langsung menikmati minuman yang dingin. 

Showcase berbentuk seperti kulkas. Showcase banyak dipakai di toko-toko yang menjual minuman dingin. Desainnya dibuat dengan pintu kaca agar orang dapat melihat isi dari showcase tersebut, sehingga orang akan tertarik untuk membelinya.



Bagian-Bagian Showcase

Selain banyak dipakai di toko-toko atau warung yang menjual minuman dalam kemasan, showcase juga banyak terdapat pada supermarket. Bermacam-macam jenis minuman di pajang di dalam showcase untuk menarik pembeli. Ukuran showcase juga bermacam-macam, mulai dari yang kecil sampai dengan yang besar. Dari yang berpintu satu, hingga yang mempunyai banyak pintu.

Komponen-komponen yang terdapat pada showcase tidak jauh berbeda dengan komponen-komponen pada kulkas. Pada showcase terdapat kompresor, kondensor, filter, pipa kapiler, dan evaporator. 

Pada intinya showcase itu mirip dengan kulkas. Hanya bagian pintunya saja yang terbuat dari kaca. Kemudian pada showcase evaporator berbentuk lempengan plat panjang yang menempel pada dinding showcase bagian dalam.



gambar skema diagram kelistrikan showcase

Showcase 

Diagram Kelistrikan Showcase

Gambar dibawah ini merupakan contoh diagram kelistrikan showcase secara umum. Pada gambar tersebut terdapat komponen-komponen kelistrikan disertai dengan petunjuk warna kabel. Komponen kelistrikan yang ada pada gambar di atas antara lain thermostat, sakelar lampu (switch), OLP (overload prtotector), relay PTC (positif temperature coefficien), ballast, lampu kabin, fan evaporator, fan kondensor, dan kompresor. 

Thermostat berfungsi untuk mengatur suhu. Switch berfungsi untuk menghidupkan dan mematikan lampu kabin. Overload protector berguna untuk mencegah arus berlebih pada kompresor. PTC sebagai relay yang mengatur arus listrik ke kompresor. Ballast merupakan bagian dari lampu untuk starter awal lampu tabung.

Fan evaporator berfungsi untuk mensirkulasikan udara di dalam kabin showcase sehingga hawa dinginnya tersebar dengan merata keseluruh ruang. Fan kondensor berfungsi untuk mendinginkan (membuang panas) pada kondensor. Dan kompresor berfungsi untuk mensirkulasikan refrijeran ke seluruh sistem.



gambar diagram kelistrikan kulkas showcase

Diagram Kelistrikan Showcase 

Prinsip Kerja

Prinsip kerja rangkaian kelistrikannya adalah sebagai berikut:
Sumber listrik berasal dari steker, lalu mengalir ke thermostat dan lampu kabin. Lampu kabin yang berupa lampu TL dikendalikan oleh sebuah sakelar. Thermostat berfungsi untuk mengatur suhupada showcase. 

Selain itu thermostat juga berfungsi untuk mengatur kerja fan evaporator dan fan kondensor. Thermostat terhubung ke kompresor, dengan demikian thermostat akan memutus arus ke kompresor apabila suhu di dalam kabin telah tercapai. dan akan terhubung kembali jika suhu kabin naik. Untuk lebih jelasnya bisa kita lihat pada diagram kelistrikan di atas.



Pembahasan mengenai fungsi thermostat dapat anda baca lebih lengkap pada artikel kami yang berjudul Fungsi Thermostat pada Kulkas. Disitu dibahas kegunaan thermostat pada sistem pendingin.

Demikianlah pembahasan tentang diagram kelistrikan showcase yang bisa www.dinginaja.com sampaikan kepada pembaca sekalian. Jika pembaca merasakan manfaat dari artikel ini, mohon untuk dapat membagikannya kepada orang lain, agar mereka juga mendapatkan manfaat yang sama. Semoga artikel ini bisa manambah pengetahuan kita mengenai kelistrikan dan prinsip kerja showcase. 


3 Responses to "Diagram Kelistrikan Showcase"

  1. Terima kasih min, penjelasan tentang diagaram kelistrikan showcasenya sangat jelas sekali, ditambah dengan adanya gambar diagaram semakin melengkapi pembahasannya, saya jadi lebih mudah mengerti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senang bisa membantu. Boleh dishare kalo bermanfaat. Terimakasih atas komentarnya.

      Delete
  2. Showcase kurang dingin..fan evaporator hembusan angin ke belakang...fan kondensor tidak berputar..bagaimana solusinya..terima kasih

    ReplyDelete

Featured post

Cara Mudah Membuat Absen Online untuk Pembelajaran featured

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel