-->

Fungsi Thermostat Pada Kulkas

Fungsi Thermostat Pada Kulkas - Thermostat pada kulkas adalah suatu komponen yang berfungsi sebagai pengatur suhu pada kulkas. Komponen kelistrikan ini juga dapat berfungsi sebagai saklar otomatis, yang akan mengatur kapan kompresor bekerja dan kapan kompresor itu akan mati (standby). 

Semua jenis mesin pendingin biasanya juga menggunakan Thermostat untuk mengatur suhu. Apakah itu kulkas, AC Split, AC mobil, dan sebagainya. Pada AC split sering kita sebut Thermistor. 

fungsi thermostat kulkas
Thermostat

Apabila suhu didalam kulkas sudah mencapai nilai sesuai yang kita setting, maka thermostat ini akan memutus arus listrik ke kompresor untuk standby. Dan jika suhu sudah mulai naik kembali, maka kompresor akan bekerja kembali dan mendinginkan ruangan kulkas, begitu seterusnya. Jadi Fungsi Thermostat Pada Kulkas adalah sebagai pengatur suhu.


Bagaimana cara kerja thermostat?


Thermostat pada kulkas ini pada dasarnya memanfaatkan sensor yang di dalamnya dimana terdapat gas yang bisa berubah apabila di dinginkan. Gas itu biasanya adalah refrigeran. Sesuai dengan sifat fisis refrigeran, maka jika sensor berada pada lingkungan yang bersuhu rendah, refrigeran yang ada di dalamnya akan turun tekanannya. 

Perubahan tersebut yang menyebabkan kontak switch berubah, yaitu dari status keadaan tertutup (closed) menjadi terbuka (open). Dengan semakin turunnya suhu yang mengenai sensor, maka semakin turun pula nilai tekanan gas didalamnya.


Untuk memberi batasan pada tekanan berapakan kontak switch akan berubah, thermostat menggunakan sebuah knop. Maka, perubahan kontak thermostat tersebut dapat disetting sesuai dengan kebutuhan kita.


Cobalah lihat thermostat pada kulkas rumah anda. Jika kita perhatikan dengan seksama, biasanya pada knop thermostat terdapat angka 1,2,3,4,5. Semakin tinggi angkanya, maka semakin rendah suhu yang dibutuh untuk membuka kontak switch. Maka ketika kita ingin mengatur kulkas pada kondisi suhu yang paling dingin, harus kita setting ke angka yang paling tinggi, jangan sebaliknya. 



letak thermostat kulkas

Thermostat pada kulkas

Bagaimana jika thermostat rusak dan bagaimana jika tidak memakai thermostat? 

Nah sekarang bagaimana jika thermostat kulkas rusak? Jika thermostat rusak, maka kompresor tidak bekerja dan kulkas tidak dingin. Hal ini disebabkan karena tidak ada arus listrik yang mengalir ke kompresor, karena sistem kelistrikan pada kulkas saling berhubungan antara komponen yang satu dengan yang lainnya. 

Apabila tidak memakai thermostat, maka kompresor kulkas akan bekerja secara terus-menerus, dan ini dapat mengakibatkan lilitan komresor akan panas dan dapat terbakar. Jika kompresor lilitan kompresor terbakar, maka tak ada jalan lain selain dengan mengganti kompresor.

Kesimpulan 

Jadi fungsi thermostat pada kulkas yaitu sebagai saklar otomatis untuk bekerja dengan cara mengatur suhu. Setting suhu tersebut dapat kita setting dengan cara merubah angka pada thermostat dengan memutar knop. Maka jika kita memutar thermostat ke angka yang semakin tinggi, maka kulkas akan semakin dingin.

Anda juga dapat menyimak artikel mengenai Komponen-Komponen Kulkas >> di sini.

11 Responses to "Fungsi Thermostat Pada Kulkas"

  1. Ternyata ini ya pengatur suhu kulkas. Sangat bermanfaat artikelnya & lengkap juga. Jadi nambah ilmu buat saya yang awam soal ginian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih kunjungannya. Alhamdulillah kalo bisa bermanfaat..

      Delete
  2. Baru tau nih tentang thermostat...bermanfaat banget untuk kulkas saya dirumah...
    Tanks artikelnya mas

    ReplyDelete
  3. Assalamu'alaikum, artikel nya sangat bermanfaat pak. Ilmu saya jadi bertambah, semoga ini jadi amal jariah ya pak buat bapak.

    ReplyDelete
  4. Sangat membantu artikel ini terutama bagi saya yg awam tentang kulas

    ReplyDelete
  5. Saya punya kulkas nih gan tapi kata orang kalau listriknya sering mati apakah bisa meusak kompunen dari kulkas itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Listrik yg tidak stabil, atau naik-turun dapat menyebabkan kerusakan pada motor kompresor kulkas. Sedangkan biaya utk ganti kompresor pada kulkas paling mahal drpd komponen kulkas yang lain. Agan bisa pake stabilizer untuk menjaga tegangan listrik tetap stabil, tidak naik-turun. Semoga bermanfaat...

      Delete

Featured post

Logo SMK Muhammadiyah 3 Metro featured

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel