PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH

Pendidikan Karakter di Sekolah - Bangsa Indonesia akan menjadi bangsa yang besar jika generasi penerusnya memiliki karakter yang baik dan dimulai dengan pembentukan karakter melalui proses pendidikan. 

Belakangan ini, dunia pendidikan banyak mendapat sorotan dari kalangan pengguna jasa dan pemerhati pendidikan baik media massa, seminar, dan berbagai kesempatan. 


Hal demikian berhubungan maraknya berbagai penyimpangan prilaku yang muncul di masyarakat seperti korupsi, kekerasan, tindakan kriminal, pelecehan seks, perusakan, etika-etika yang mulai menipis, kurangnya tenggang rasa dan tanggung jawab menjadi konsumsi sehari-hari di media massa. 

Dan yang menghawatirkan, kondisi ini muncul di lingkungan pelajar dan mahasiswa seolah-olah mereka tidak mendapatkan pendidikan karakter saat kegiatan belajar mengajar. Sehingga hal ini menjadi pekerjaan yang sangat sulit di Indonesia. 

Pendidikan karakter merupakan suatu hal yang sangat ditekankan dalam pendidikan di Indonesia. Kita sering mendengar di media pentingnya menanamkan pendidikan karakter sejak usia dini. Hal ini ditunjukkan oleh kebijakan pemerintah Indonesia, melalui dinas pendidikan, dengan menjadikan pendidikan karakter menjadi sebuah “program” pendidikan nasional. 

Pendidikan telah dianggap sebagai cara alternatif yang bersifat preventif yang diharapkan mampu mengembangkan kualitas generasi muda dalam berbagai aspek kehidupan. Dengan demikian dapat memperkecil dan mengurangi penyebab berbagai masalah budaya dan karakter bangsa. 

pendidikan karakter siswa


Mengapa pendidikan karakter perlu dilakukan?

Dewasa ini sering kita dengar di masyarakat berbagai macam perilaku pelajar sekolah kita yang jauh nilai-nilai moral kebaikan. Belum lama ini terjadi kasus penganiayaan seorang guru yang dilakukan oleh muridnya sendiri hingga mengakibatkan kematian sang guru. 

Banyak contoh kemerosotan moral yang dialami oleh para pelajar di sekitar kita. Tawuran antar pelajar sekolah, tindak asusila yang dilakukan oleh pelajar, kriminalitas pelajar, bullying, dan masih banyak contoh-contoh lainnya yang sering kita temui baik di lingkungan kita ataupun yang kita dengar dan kita lihat di media massa.


Siapakah yang Bertanggung jawab?

Sekolah sering dijadikan kambing hitam atas terjadinya berbagai kasus kemerosotan moral yang dilakukan oleh pelajar. Sekolah banyak disalahkan oleh tindakan yang dilakukan oleh murid-muridnya. Masyarakat dan orang tua terkadang langsung menyalahkan pihak sekolah atas perbuatan yang dilakukan oleh para pelajar tersebut.

Sekolah dituntut untuk bersikap aktif dalam upaya pembinaan karakter para peserta didiknya. Sekolah dituntut untuk bisa menanamkan dan mengembangkan nila-nilai budi pekerti luhur dan membentuk karakter baik pada murid-muridnya. 

Jika pendidikan karakter diselenggarakan di sekolah maka konselor sekolah (BK) akan menjadi pioner dan sekaligus koordinator program tersebut. Karena konselor sekolah merupakan orang yang memang secara khusus bertugas untuk membantu siswa mengembangkan kepedulian sosial dan masalah-masalah kesehatan mental. Maka konselor sekolah harus sangat akrab dengan program pendidikan karakter.

Artikel lain yang bisa anda baca Meningkatkan Minat Baca Siswa di Sekolah.

46 Responses to "PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH"

  1. Program pendidikan karakter memang sepatutnya diwajibkan bagi setiap sekolah, karena dengan ada nya program tersebut akan sangat berpengaruh bagi nilai-nilai mor dan karakter siswa,siswa akan menjadi lebih disiplin, contoh nya di SMK N 2 Metro, diadakannya program karakter pagi yang di mulai dari jam 06.45 siswa diharapkan sudah berada di dalam masjid untuk melaksanakan Sholat dhuha dan Mengaji baca Al-Qur'an, itu Pengaruhnya sangat besar, Siswa akan berangkat lebih pagi, dan Bagi siswa yang masih terbata bata membaca Al-Qur'an dengan mengikuti program tersebut siswa bisa menjadi lancar membaca Al-Qur'annya, dan In Sya Allah semua kegiatan tersebut mendapatkan Pahala dari Allah SWT, bagi siswa yang ikhlas melaksanakannya

    ReplyDelete
  2. Pendidikan karakter merupakan suatu hal yang wajib bagi sekolah sekolah dengan adanya pendidikan karakter sisswa dapat menumbuhkan rasa kesadaran diri melalui,ngaji, solat duha berjamaah dengan ini karakter siswa akan tumbuh.

    ReplyDelete
  3. Pendidikan karakter adalah pendidikan yang penting dalam membangun anak anak bangsa yang unggul. Permasalahan-permasalahan moral yang dihadapi pelajar ini masih sangat kompleks dimulai dari para guru hingga murid seluruhnya. Pendidikan karakter itu sendiri merupakan proses pembentukan karakter yang memberikan dampak positif terhadap perkembangan emosional, spiritualitas dan kepribadian seseorang.

    ReplyDelete
  4. Pendidikan karakter sangat erat hubungannya dengan pendidikan moral dimana tujuannya adalah untuk membentuk dan melatih kemampuan individu secara terus-menerus guna penyempurnaan diri kearah hidup yang lebih baik.

    ReplyDelete
  5. Intinya gini, ga perlu muluk muluk soal pendidikan karakter,karena itu penting sekali buat masyarakat dan anak anak khususnya mengingat mereka yang saat ini sudah mulai kehilangan cara ber etika dan ber sopan santun, dan sekarang kita harus mulai banyak beraksi tanpa banyak basa basi karena ini juga merupakan masalah darurat yang menjadi tanggungan kita bersama.

    ReplyDelete
  6. pendidikan karakter merupakan usaha sadar yang terencana dan terarah melalui lingkungan pembelajaran untuk tumbuh kembangnya seluruh potensi manusia yang memiliki watak berkepribadian baik, bermoral-berakhlak, dan berefek positif konstruktif pada alam dan masyarakat. Lickona (dalam Samani, 2014) mendefinisikan pendidikan karakter sebagai upaya yang sungguh-sungguh untuk membantu seseorang memahami, peduli, dan bertindak dengan landasan inti nilai-nilai etis.

    ReplyDelete
  7. Pendidikan karakter memang sepatutnya di adakan, karena dapat meningkatkan karakteristik dari pelajar atau mahasiswa. Pada sekolah kami SMK N 2 metro pendidikan yang di terapkan adalah melaksanakan ngaji pagi rutin setiap hari menurut agama masing" Yang bertujuan agar siswa mempunyai keyakinan tinggi terhadap pencipta nya dan juga dapat ber etika baik sopan santun kepada orang lain terutama yg lebih tua

    ReplyDelete
  8. Pendidikan karakter memang harus ada di setiap sekolah, karna pendidikan karakter dapat membangun pribadi lebih baik. Di SMK N2 Metro pendidikan karakter dilakukan setiap hari di waktu pagi hari yang diawali dengan membaca al-qur'an dan sholah duha (bagi yang beragama islam), jika non muslim beribadah menurut kepercayaanya.

    ReplyDelete
  9. Pendidikan karakter sangat erat hubungannya dengan pendidikan moral dimana tujuannya adalah untuk membentuk dan melatih kemampuan individu secara terus-menerus guna penyempurnaan diri kearah hidup yang lebih baik.

    ReplyDelete
  10. Pendidikan karakter di sekolah merupakan elemen yang sangat penting untuk diterapkan di lingkungan sekolah di mana pendidikan ini memiliki fungsi sebagai pembentuk karakter dan juga moral siswa dalam interaksinya di tengah-tengah masyarakat.
    Pendidikan karakter bisa dilakukan mulai dari hal yang paling kecil misalnya membiasakan anak untuk mencium tangan guru dan orang tua ketika tiba di sekolah, mengucapkan salam ketika guru masuk ke kelas, dan lainnya.

    ReplyDelete
  11. merupakan bentuk kegiatan manusia yang di dalamnya terdapat suatu tindakan yang mendidik diperuntukkan bagi generasi selanjutnya.

    ReplyDelete
  12. Pada saat ini yang terjadi pada pelajar" adalah menipis nya aspek-aspek moral kepada orang lain,walaupun sudah dibimbing dengan pembentukan karakter ya tetap saja tidak berubah,jika pembentukan karakter nya hanya di sekolah pasti nya ada berpeluang sedikit untuk membentuk karakter seorang pelajar tersebut, jika tempat bergaul nya sudah tidak baik dan lingkungan sekitar nya pun tak baik, maka mungkin tidak akan merubah nya karena lingkungan perngaruh buruk nya lebih besar dari pada lingkungan positif nya

    ReplyDelete
  13. Pendidikan karakter memang lah sangat penting untuk di adakan di setiap junjungan tingkat pendidikan dari yang bawah sampai atas karena dapat meningkatkan karekteristik dari pelajar atau mahasiswa yang memberikan dampak positif.oleh karena itu pendidikan karakter merupakan hal yang sangat penting diadakan dan dijalankan disekolah.

    ReplyDelete
  14. Pendidikan karakter memang harus ada di setiap sekolah. Karena melihat tingah laku siswa/siswi jaman sekarang yang semakin bebas dalam bergaul. Maka dari itu pendidikan karakter di sekolah sangat di butuhkan karena dapat menumbuhkan kesadaran kepada siswa/siswi di sekolah atau di luar sekolah.

    ReplyDelete
  15. Pendidikan karakter sangat penting untuk di terapkan di sekolah karena melihat tingkah laku siswa siswi saat ini sangat mengecewakan,tidak dapat di pungkiri mereka sering membolos,berkata kasar kepada ibu guru, mencuri,dan membohongi guru hal ini lah yang membuat mereka berperilaku semena mena.Makadari itu Pendidikan karakter harus di terapkan di sekolah supaya siswa siswi dapat menumbuhkan kesadaran di sekolah maupun di luar sekolah.

    ReplyDelete
  16. Pendidikan Karakter sangat penting bagai kehidupan sehari hari.
    Karakter pun sudah di tanamkan sejak dini dan di skolah juga guru-guru sudah mendidik muridnya tentang karakter, murid di beri bimbingan karakter contohnya murid harus di wajibkan brangkat pagi-pagi skali, dan diwajibkan untuk membawa AL QUR'AN kegiatan itu untuk memunculkan sifat karakter murid berupa ke disiplinan diri, dengan adanya pendidikan karakter sisswa dapat menumbuhkan rasa kesadaran diri melalui,ngaji, solat duha berjamaah dengan ini karakter siswa akan tumbuh.

    ReplyDelete
  17. pendidikan karakter sangatlah wajib ada disetiap sekolah, sekolah dasar/sampe menengah atas, karena pendidikan karakter dapat membuat siswa dan siswi mempunyai moral, sikap sopan santun dan berkarakter, dengan adanya pendidikan karakter setiap sekolah dapat menciptakan generasi - generasi muda yang hebat, bermoral, sopan santun dan berkarakter.

    ReplyDelete
  18. pendidikan karakter merupakan pendidikan yang esensinya adalah moral dan akhlak seperti mengaji di pagi hari dan solat duha

    ReplyDelete
  19. Pendidikan karakter adalah suatu pendidikan yang sangat penting bagi siswa/siswi.karena dengan adanya pendidikan karakter di sekolah seperti mengaji,solat,dan pendidikan agama itu akan menjadikan siswa siswi menjadi lebih baik.seperti dari segi tingkah laku,moral,kedisiplinan dan lainya.

    ReplyDelete
  20. Karakter adalah hal yang paling penting saat orang manilai dan sangat penting dikehidupan sehari hari Karakter ditanam sejak dini contohnya: sopan santun,norma dan etika. Pendidikan karakter yang ada di sekolah negeri 2 metro contohnya : berangkat pagi,mengaji pagi dan sholat dhuha

    ReplyDelete
  21. Pada jaman sekarang era globalisasi sangat rentan terhadap tingkah laku siswa dengan ini pendidikan karakter sangat harus di tekan kan pada siswa seperti ilmu agama di setiap agamanya masing masing dan harus di tumbuhkan rasa cinta agama agar siswa dapat mendapatkan manfatnya dan pahalanya bagi setiap pendidikan karakternya

    ReplyDelete
  22. Pendidikan karakter itu sangat penting...dengan adanya pendidikan karakter di sekolah seperti mengaji,sholat itu bisa membuat siswa dan siswi menjadi lebih baik.

    ReplyDelete
  23. Pendidikan karakter adalah suatu sistem penanaman nilai-nilai karakter kepada warga sekolah yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut.Pendidikan karakter yang ada di sekolah negeri 2 metro contohnya : berangkat pagi,mengaji pagi dan sholat dhuha

    ReplyDelete
  24. Pendidikan karakter itu sangat penting bagi siswa dan siswi, dengan adanya pendidikan karakter mengajarkan siswa dan siswi mempunyai moral, sikap sopan santun dan membuat siswa/siswi menjadi lebih baik dari sebelumnya.

    ReplyDelete
  25. Kita sering mendengar di media pentingnya menanamkan pendidikan karakter sejak usia dini.ditunjukkan oleh kebijakan pemerintah Indonesia, melalui dinas pendidikan, dengan menjadikan pendidikan karakter menjadi sebuah “program” pendidikan nasional. 

    ReplyDelete
  26. Pendidikan karakter sangat penting bagi perkembangan siswa dan siswi, karena pendidikan karakter mengajarkan pendidikan sikap, moral, dan sopan santun pada siswa dan siswi di sekolah.

    ReplyDelete
  27. Pendidikan karakter itu sangat diperlukan bagi siswa/i karena untuk mengajarkan siswa/i rasa sikap sopan santun, berakhlak dan etika sehingga hal tersebut dapat membentuk pribadi siswa/i menjadi lebih baik.

    ReplyDelete
  28. Pendidikan karakter sekolah sangat berperan penting sekali untuk para siswa dan siswinya karena untuk menanamkan karakter yang baik sejak dini itu memanglah susah jika tidak dibiasakan sejak dini, maka dari itu hal teesebut bertujuan untuk memupuk benih karakter siswa yang baik, benar, bertanggung jawab, dan bisa bermanfaat didunia lan diakhirat.
    Trimakasih :)

    ReplyDelete
  29. Sebagai seorang siswa kita harus memiliki karakteristik. Membentuk karakter siswa bukan salah satu cara yang mudah. Siswa memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Dibutuhkan waktu untuk membentuk karakter siswa yang baik. Itu semua juga berawal dari didikan orang tua sejak dini. Bagaimana orangtua mendidik anak nya ketika kecil, seperti itulah anaknya ketika dewasa.

    dizaman sekarang, pembentukan karakter siswa sangatlah penting. Karena melihat perubahan zaman yang begitu drastis dan anak-anak bangsa dapat terpengaruhi oleh zaman dengan mudahnya. Pentingnya peran orangtua maupun guru di sekolah sebagai lembaga pendidikan untuk membentuk karakter siswa.

    ReplyDelete
  30. Pendidikan karakter adalah hal yang harus ada disetiap sekolah agar siswa dan siswi yang bersekolah di sekolahan tersebut memiliki karakter atau sifat yang baik sejak dini agar ketika sudah dewasa nanti dia sudah bisa membedakan hal yang benar dan tidak benar karena sifat yang baik tersebut bisa membawa dirinya menuju ke arah yang lebih baik.

    ReplyDelete
  31. Pentingnya Pendidikan karakter sebagai salah satu pilar pendidikan kaum muda yang ada diindonesia,dituntut untuk dapat lebih berkontribusi secara nyata dalam kehidupan berbangsa,bernegara dan menjadi pemimpin bangsa yang lebih baik.

    ReplyDelete
  32. Pendidikan karakter di sekolah sangat disiplin, dari waktu,pakaian, serta yang lainnya... Bahkan sopan santun pun selalu terurai pada setiap anak murid kepada guru. Di sekolah melaksanakan sholat berjamaah, mendidik anak-anak yang jika dirumah jarang sholat kemasjid menjadi sering pergi kemasjid,

    ReplyDelete
  33. Pendidikan berkarakter memanglah pnting bagi setiap sekolah dikarekan membentuk kebiasaan pagi dengan hal hal yang positif seperti di sekolah smk negeri 2 metro pendidikan berkarakter untuk membentuk siswa lebih memahami etika dan agama

    ReplyDelete
  34. Pendidikan karakter sangat dibutuhkan bagi siswa siswi sekolah untuk membentuk pribadi yang baik, bijaksana, jujur, bertanggung jawab dan bisa menghormati orang lain. karakter adalah watak atau sifat,akhlak atau pun kepribadian yang membedakan seorang individu dengan individu lainnya. karakter dapat dikatakan sebagai keadaan sebenarnya dari dalam diri seseorang individu yang membedakan antara dirinya dengan individu lain.

    ReplyDelete
  35. Pendidikan karakter itu sendiri merupakan proses pembentukan karakter yang memberikan dampak positif terhadap perkembangan emosional, spiritualitas, dan kepribadian seseorang. Oleh sebab itu, pendidikan karakter atau pendidikan moral itu merupakan bagian penting dalam membangun jati diri sebuah bangsa.

    ReplyDelete
  36. Pendidikan karakter memanglah sangat penting bagi setiap orang kareana dengan adanya pendidikan karakter kita dapat mengerti apa itu tanggung jawab, kedisiplinan dan sopan terhadap orang yang lebih tua.
    Pendidikan karakter bisa dilakukan mulai dari hal yang paling kecil misalnya membiasakan anak untuk mencium tangan guru dan orang tua ketika tiba di sekolah, mengucapkan salam ketika guru masuk ke kelas, dan lainnya.

    ReplyDelete
  37. program karakter adalah program yang sangat penting bagi sekolah karena dapat menjadi suatu proses yang mendidik para siswa lebih menjadi lebih baik lagi karna dapat peraturan yang membuat kedisiplinannya menjadi lebih baik lagi jika dilakukan secara terus menerus.

    ReplyDelete
  38. Program karakter termasuk program yang sangat berpengaruh bagi murid, tapi semua tergantung siswa/i tersebut.

    ReplyDelete
  39. Pendidikan karakter di sekolah sangat bagus untuk pembentukan sikap dan moral siswa dan siswi, contohnya dengan mengaji setiap pagi kultum singkat dan melaksanakan solat sunah maupun solat wajib

    ReplyDelete
  40. Pendidikan karakter di sekolah sangat bagus untuk pembentukan sikap dan moral siswa dan siswi, contohnya dengan mengaji setiap pagi kultum singkat dan melaksanakan solat sunah maupun solat wajib

    ReplyDelete
  41. Karakter merupakan ciri khas individu yang ditunjukkan melalui cara bersikap, berperilaku, dan bertindak untuk hidup dan bekerjasama, baik dalam lingkungan sekolah, keluarga, maupun masyarakat.

    Anak memiliki karakter baik akan menjadi orang dewasa yang mampu membuat keputusan dengan baik dan tepat serta siap mempertanggungawabkan setiap keputusan diambil. Sudah seharusnya sekolah sebagai institusi pendidikan turut menanamkan karakter baik pada tiap individu anak.

    ReplyDelete
  42. Karakter adalah hal yang paling penting saat orang menilai mu dan sangat penting di kehidupan sehari hari.
    Karakter pun sudah di tanamkan sejak dini dan di skolah jugaa guru-guru sudah mendidik muridnya tentang karakter, seperti di skolah SMK N 2 METRO murid di beri bimbingan karakter contohnya murid harus di wajibkan brangkat pagi-pagi skali, kegiatan itu untuk memunculkan sifat karakter murid berupa ke disiplinan diri..

    ReplyDelete
  43. Pendidikan karakter itu sendiri merupakan proses pembentukan karakter yang memberikan dampak positif terhadap perkembangan emosional, spiritualitas, dan kepribadian seseorang. Oleh sebab itu, pendidikan karakter atau pendidikan moral itu merupakan bagian penting dalam membangun jati diri sebuah bangsa

    ReplyDelete
  44. Pendidikan karakter yang ada di sekolah saya, SMK N 2 METRO, LAMPUNG. Yang setiap hari nya, memberikan pendidikan karakter kepada setiap murid, dan guru tanpa terkecuali. Mendidik karakter dengan cara, ibadah menurut agama nya masing-masing sebelum memulai pembelajaran, di tempat peribadahan yang ada di sekolah.
    Menerapkan jam sholat di masjid sekolah sebelum proses belajar mengajar di mulai. Pun begitu, juga dengan murid dan guru, yang beragama Kristen, Katolik, dan Hindu, yang beribadah di ruangan yang di fasilitasi oleh sekolah.
    Harapan dari di terapkannya pendidikan karakter, adalah, mendidik generasi bangsa, yang unggul, jujur, dan mandiri, sebagai tahapan - tahapan untuk membangun negeri.

    ReplyDelete
  45. Pendidikan karakter memang sebaiknya di adakan oleh setiap sekolah, karena pendidikan karater dapat memupuk kepribadian setiap murid menjadi lebih baik dari sebelumnya. Seperti di SMK Negeri 2 Metro, setiap paginya di SMK Negeri 2 Metro mengadakan pendidikan karakter, sepertu bagi yang muslim mengadakan mengaji pagi dan sholat duha secara berjama'ah, dan bagi yg non muslim menyesuaikan dengan agama yang dianut oleh masing-masing murid

    ReplyDelete
  46. pendidikan karakter merupakan penggembelengan karakter siswa yang dilakukan di sekolah yang bertujuan baik untuk siswa itu sendiri nantinya pasti bakal digunakkan pada saat setelah lulus sekolah,dan itu merupakan tindakkan yang sangat positif

    ReplyDelete

Featured post

Menumbuhkan Gaya Berpikir Kreatif Siswa SMK featured

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel