Macam-Macam Mesin Pembuat Es

Daftar Isi

Macam-Macam Mesin Pembuat Es

Macam-Macam Mesin Pembuat Es - Pada artikel sebelumnya telah dimuat mengenai Prinsip Pabrik Es dan Komponen-Komponennya. Ada berbagai tipe mesin pembuat es berdasarkan bentuk es yang dihasilkan. Berikut ini kami sajikan penjelasan singkat mengenai Macam-Macam Mesin Pembuat Es.

mesin pembuat es balok

1.   Block Ice Machine

Pada pembuatan es balok dikenal 2 proses pembuatan es balok, yaitu brine system dan direct system. Brine system adalah proses pembuatan es dengan menggunakan air garam dalam metode pendinginannya. 

Es yang dihasilkan dengan brine system tidaklah higienis dan tidak layak untuk dikonsumsi karena diproduksi secara terbuka. Sedangkan es yang dihasilkan dengan direct system menggunakan system refrigerant untuk pendinginannya. Es yang dihasilkan pun sudah layak untuk dikonsumsi.

a.   Brine System

komponen-komponen mesin pembuat es

Pembuatan es dengan brine system memerlukan beberapa komponen diantaranya compressor, condensor, receiver, evaporator (verdamper), brine tank (bak air garam), suction trap, accumulator, oil separator, agitator, control valve dan instalasi listrik sebagai sumber tenaga untuk menggerakan unit pendingin tersebut. 

Pembuatan es dengan sistem brine juga masih manual, di mana masih menggunakan manusia untuk setiap stepnya. Dengan sistem tersebut sudah jelas bahwa es yang dihasilkan bukan untuk di konsumsi melainkan untuk pengawetan terutama di bidang perikanan.  

Nelayan biasa menggunakan es ini untuk mengawetkan ikan setelah ditangkap sehingga kualitas ikan tetap terjaga. Sehingga ikan tetap segar selama disimpan.

b.   Direct system

macam jenis mesin pembuat es


Ada pun pembuatan es dengan direct system adalah pembuatan es yang langsung di dinginkan oleh sistem refrigrant tanpa tambahan zat garam seperti sistem brine. Cara kerja sistem ini hampir mirip dengan freezer namun ukurannya lebih besar. Hasil esnya juga bisa dikonsumsi. 

Kelebihan mesin dengan sistem direct ini jauh lebih unggul dengan jenis brine karena tidak banyak membutuhkan tenaga manusia untuk mengoprasikannya, karena semuanya sudah otomatis.


2.   Tube ice Machine


mesin pembuat es tube

Sesuai dengan namanya, mesin es yang satu ini menghasilkan es berbentuk tube (tabung yang tengahnya bolong). Es jenis ini banyak digunakan untuk sajian minuman di hotel, restoran, atau cafe. Bentuknya yang cantik menjadi salah satu alasan bentuk es ini banyak dicari. 

Komponen dari mesin ini antara lain evaporator, cooling tower, kompresor, dan yang lainnya. Mesin ini dapat menghasilkan es sebanyak 1-50 ton per hari.

macam mesin pembuat es


3.   Flake Ice Machine


mesin pembuat es flake

Flake ice machine menghasilkan es berbentuk seperti serpihan kaca. Es jenis ini banyak digunakan untuk mengawetkan ikan seperti yang sering kita lihat di supermarket. 

Es jenis ini sangat efektif untuk mengawetkan ikan, karena luas permukaan yang lebar dan tipis, sehingga es bisa masuk ke sela-sela tumpukkan ikan. 

Flake ice machine yang kapasitasnya kecil juga bisa diinstall di atas kapal nelayan. Tujuannya adalah untuk mengawetkan ikan hasil tangkapan nelayan sehingga ketika tiba di darat kualitas ikan masih bagus.

mesin pembuat es flake


Itulah penjelasan singkat mengenai Macam-Macam Mesin Pembuat Es.


Posting Komentar