-->

Pengertian K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja)


Pengertian K3 Secara Umum


Pengertian K3 secara umum adalah melindungi keselamatan dan kesehatan para pekerja dalam bekerja. Bagaimana caranya? Yaitu melalui upaya-upaya pengendalian segala bentuk potensi bahaya yang ada di lingkungan tempat kerjanya. 

Bila semua potensi bahaya itu telah diketahui dan dapat dikendalikan, serta memenuhi batas standar aman, maka hal tersebut akan memberikan kontribusi terciptanya kondisi lingkungan kerja yang aman. Tidak sekedar aman, namun juga sehat. 

Dengan kondisi aman dan sehat, maka proses produksi dapat berjalan lancar, yang pada akhirnya akan dapat menekan risiko kerugian. Dampaknya pun akan terlihat pada peningkatan produktivitas kerja.

Pengertian K3 secara umum


Pengertian penerapan K3 tidak hanya dilakukan ditempat kerja. Kita secara tidak disadari sudah menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari dimanapun kita berada. Misalnya dalam kehidupan kita sehari-hari dimana kita selalu mengucapkan salam. 

Ucapan salam ini menunjukkan bahwa setiap orang selalu berharap untuk keselamatan dirinya sendiri dan juga orang lain yang ditemuinya termasuk lingkungan disekitarnya. Sebab dimanapun kita berada selalu dikelilingi oleh potensi bahaya dan resiko. 

Namun demikian, kita tidak harus takut menjalani hidup dengan melihat kondisi lingkungan kita yang tidak pernah aman atau selalu dikelilingi bahaya. Semua kita kembalikan kepada Yang Maha Kuasa dan usaha kita untuk menghindari dan mencegak potensi bahaya disekitar kita. 

Segala bahaya yang ada disekitar kita merupakan tantangan bagi kita. Bagaiman usaha dan upaya kita untuk mencari cara agar dapat terhindar dari bahaya tersebut. Kita telah dikaruniai akal untuk berpikir. Maka kita berusaha bagaimana cara yang harus kita lakukan agar dapat mencegah terjadinya bahaya. Bahaya memang tidak bisa kita hilangkan. Namun kita tetap bisa mengendalikan dan minimalisir dampaknya dengan upaya penerapan K3.


Pengertian K3 Menurut Para Ahli

Pengertian K3 menurut para ahli di International Association of Safety Professional terbagi menjadi 8 yaitu:

1. Safety is an ethical responsibility.

Kesehatan dan Keselamatan Kerja adalah tanggung jawab moral/etik setiap orang. Masalah K3 hendaklah menjadi tanggung jawab moral setiap orang untuk menjaga keselamatan dirinya dan juga sesama manusia. 

K3 bukanlah melulu soal pemenuhan standar perundangan atau kewajiban perusahaan. Walaupun perusahaan ketat menerapkan K3, namun jika karyawannya bersikap acuh pada keselamatan kerja, maka hal itu akan sangat membahayakan produktifitas kerja.


2. Safety is a culture, not a program.

K3 adalah budaya, bukan sekedar program yang dijalankan perusahaan untuk sekedar menjalankan perintah undang-undang. Atau memperoleh penghargaan dan sertifikat. K3 hendaklah menjadi cerminan dari budaya kerja yang baik dalam organisasi.


3. Management is responsible.

Manajemen perusahaan adalah yang paling bertanggung jawab mengenai K3 dalam perusahaan. Kenapa demikian? Karena pihak manajemen lah yang paling mempunyai kuasa untuk memerintah bawahannya. Sebagian tanggung jawab dapat juga dilimpahkan ke tingkat yang lebih bawah. Hal ini untuk mempermudah pengawasan K3.


4. Employee must be trained to work safety.

Setiap pekerja harus terlatih untuk bekerja dengan aman. Baik di tempat kerja yang spesifik maupun di lingkungan kerja yang lebih luas. K3 harus ditanamkan dan melalui usaha pembinaan dan pelatihan bagi setiap pekerja.

pengertian safety K3


5. Safety is a condition of employment.

Tempat kerja yang baik adalah tempat kerja yang aman dari segala potensi bahaya. Demikian juga lingkungan kerja yang menyenangkan dan serasi akan mendukung tingkat keselamatan. Kondisi K3 pada perusahaan merupakan cerminan dari kondisi ketenagakerjaan dalam sebuah perusahaan.


6. All injuries are preventable.

Setiap kecelakaan dapat dicegah. Hal ini karena kecelakaan pasti ada sebabnya. Jika penyebab terjadinya kecelakaan dapat dihilangkan, maka kemungkinan kecelakaan dapat dihindari. Untuk meminimalisir kecelakaan dapat menggunakan APD alat pelindung diri

Demikian pembahasan singkat mengenai Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Semoga bermanfaat. Silahkan share..^_^

2 Responses to "Pengertian K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja)"

  1. nice info gan, keselamatan kerja itu penting.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup...bekerja dengan sehat dan selamat. Harus dimulai dari pribadi masing-masing

      Delete

Featured post

Logo SMK Muhammadiyah 3 Metro featured

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel