Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Profesi bagi Siswa SMK Bidang Ketenagalistrikan

Pilihan Profesi Siswa SMK Bidang Ketenagalistrikan 

Dalam dunia kerja, banyak posisi-posisi penting yang dapat diisi oleh lulusan SMK teknik ketenagalistrikan. Setiap banguanan yang didirikan manusia selalu menggunakan energi listrik. Bila dirunut mulai dari pembuatan gedung, lulusan SMK teknik tenaga listrik dapat mengisi lowongan pekerjaan dari sisi perencanaan, mulai menggambar instalasi listrik, survey untuk merancang RAB, memasang instalasi listrik, melaksanakan tes parsial dan komisioning, melaksanakan pemeliharaan, melaksanakan perawatan, serta perbaikan dari kerusakan.

profesi siswa SMK bidang ketenagalistrikan


Profesi yang berkaitan dengan Bidang Ketegalistrikan (Kelistrikan)

Bila bekerja pada suatu perusahaan atau kantor, maka posisi yag dapat digeluti oleh SMK jurusan teknik tenaga listrik di antaranya adalah: 

a) Teknisi listrik

Teknisi listrik ini bertanggungjawab atas jalannya perlengkapan dan pewalatan listrik disuatu tempat.


b) Teknisi Servis

Teknisi servis merupakan pekerjaan yang berfokus pada perbaikan. Perbaikan misalkan pada perbaikan pompa listrik, perbaikan panel kendali motor, servis AC, dan lain sebagianya.

profesi siswa SMK servis AC


c) Mechanical Engginer

Di dalam perusahaan terkadang membutuhkan mechanical engiiner (insyinyur mekanik) dengan berbagai jenis lulusan mulai dari teknik mesin, teknik ketenagalistrikan, teknik otomasi, atau lulusan bidang lain yang berhubungan. Hal tersebut dikarenakan mesin-mesin di industri sudah menggabungkan antara kemampuan kelistrikan, mesin, serta otomasi. Karena hal itulah, kalian juga harus siap menguasai berbagai bidang karena saling berhubungan.


d) Tekniksi Alarm Kebakaran dan Hydrant

Di dalam fasilitas bangunan gedung dan industri sering kita temui alarm kebakaran dan hydrant yang akan mematikan kebakaran dengan cara menyemprotkan air secara otomatis. SMK jurusan tenaga listrik dapat beralih juga ke jurusan ini.


e) Teknisi Kantor

Peluang kerja bagi lulusan jurusan teknik elektro diantaranya ialah sebagai pegawai negeri sipil atau pegawai swasta sebagai teknisi di kantor untuk memelihara kelistrikan dan berbagai peralatan listrik. Semua kantor di indonesia akan membutuhkan listrik dan tenaga untuk merawat dan memelihara kelistrikan akan selalu dibutuhkan.


f) Bekerja di Industri

Selain merawat dan memelihara peralatan produksi yang berhubungan dengan kelistrikan, teknisi di industri akan bekerja juga dalam tim untuk berhubungan dengan bagian lain dalam menjamin terlaksananya proses produksi. Bidang ketenagalistrikan dapat menempati posisi sebagai engineer, teknisi maupun staf produksi bahkan staf personalia yang berhubungan dengan kelistrikan.


g) Bekerja Badan Usaha Milik Negara

profesi siswa SMK di PLN

SMK teknik ketenagalistrikan dapat bekerja di badan usaha milik negara (BUMN) yang utamanya berhubungan dengan energi dan pertambangan, antara lain PLN, PT Pertamina, PT Indonesia Power, dan juga BUMN lainnya. Khusus pada badan usaha yang bergerak dibidang kelistrikan, maka siswa SMK ketenagalistrikan dapat bekerja pada bagian pembangkit, sistem Transmisi, ataupun distribusi tenaga listrik.

Baca Juga: Peluang Usaha Jasa Servis AC


Profesi Bidang Kewirausahaan (Technopreneur)

a. Berwirausaha

Lulusan SMK telah dibekali berbagai pengetahuan dan keterampilan selama sekolah, maka siswa SMK dapat mengambil sertifikasi yang berhubungan dengan instalasi listrik dan mendiirikan Biro Teknik Listrik (BTL) untuk melayani pelanggan yang membutuhkan instalasi listrik. Pekerjaan ini akan banyak dibutuhkan untuk instalasi baru gedung-gedung, perbaikan ataupun perubahan instalasi listrik, ataupun pelaiayan lain yang berhubungan dengan kelistrikan.

profesi siswa SMK berwirausaha

Pengusaha bidang listrik ini sangat luas sekali pekerjaannya, dimana ada kebutuhan maka pengusaha ini dapat berperan sebagai pengusaha bidang barang dan jasa dan mendapatkan keuntungan dari proyek yang dikerjakan.

 

b. Tenaga Bersertifikasi Kompetensi

Siswa SMK selama atau setelah lulus dapat mengambil uji kompetensi pada lembaga sertifikasi profesi dan dapat menjadi tenaga bersertifikasi profesi bidang-bidang khusus seperti operator.


c. Kontraktor Swasta

Kontraktor Swasta adalah perusahaan jasa konstruksi yang dimiliki oleh swasta bukan pemerintah, dimana biasanya berbentuk PT atau CV sebegai penyedia barang dan jasa. Peluang kerja lulusan teknik ketenagalistrikan di sektor swasta sangat luas sekali untuk perusahaan yang berkaitan dengan penyedia produk pada bidang ketenagalistrikan seperti penyedia barang dan jasa untuk panel kendali kelistrikan, penyedia jasa instalasi kelistrikan, penyedia jasa perawatan penyedia jasa perbaikan dan lainnya.

profesi siswa SMK di pabrik


d. Wirausahan

Bekerja mandiri atau mendirikan lapangan kerja ialah pilihan yang sangat relevan bagi lulusan teknik ketenagalistrikan karena mereka dibekali kemampuan guna berhadapan langsung dengan masalah kelistrikan. Lulusan SMK secara umum sudah dapat melaksanakan instalasi kelistrikan di rumah tangga, gedung, dan perkantoran. Tentunya kemampun tersebut didukung dengan sertiikasi kompetensi yang sesuai.

 

Peluang Usaha bagi Lulusan SMK Ketenagalistrikan

Untuk memulai peluang usaha, maka perlu diadakanya analisis mengenai akan dimulainya usaha. Analisis ini digunakan untuk mengetahui baik tidaknya peluang suatu usaha yang akan dijalankan. Analisis tersebut biasa disebut sebagai analisis SWOT yang merupakan kepanjangan dari Strength, Weakness, Opportunities, Threats.

Analisis SWOT merupakan suatu teknik perencanaan strategi yang bermanfaat untuk mengevaluasi kekuatan (strength) dan kelemahan (weakness), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek. Disini juga akan dibahas mengenai contoh Analisis SWOT untuk perusahaan.

 


 


ABSEN MAPEL KRTU
(Kontrol Refrigerasi dan Tata Udara)
Kelas XI TPTU 1 dan 2

Posting Komentar untuk "Profesi bagi Siswa SMK Bidang Ketenagalistrikan "