Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis-Jenis Sambungan Kabel Listrik

Jenis-Jenis Sambungan Kabel Listrik

Penyambungan kabel merupakan pekerjaan menyambungkan kabel sesuai ketentuan sehingga didapatkan sambungan yang aman. Jika sambungan kabel listrik tidak sesuai dengan ketentuan, maka akan berbahaya karena tidak kuat dan dapat menimbulkan kebakaran. Adapun jenis sambungan kabel akan dibahas pada bagian ini.

Jenis-jenis sambungan kabel instalasi listrik ada banyak macamnya. Penggunaan sambungan kabel disesuaikan dengan jenis kabel dan penggunaannya. Berikut ini beberapa macam sambungan kebel instalasi listrik yang sering digunkan pada pekerjaan instalasi listrik. 


Sambungan Ekor Babi (Pig Tail)

Sambungan ini dinamakan ekor babi karena bentuknya mirip dengan ekor bagi yang berbentuk puntiran. Kekurangan sambungan model ini adalah tidak kuat saat kabel ditarik, sedangkan kelebihannya adalah mudah dilakukan karena tinggal menggabungkan 2 buah kabel dan memelintirnya.

jenis sambungan ekor babi 

Cara membuat sambungan ekor babi adalah:

  1. Siapkan 2 buah kabel yang sudah dikupas
  2. Dekatkan kedua kabel, kemudian dengan menggunakan 2 buah tang jepit sisi pangkal logam dan sisi ujung kabel. Puntirlah sisi ujung kabel sehingga tercipta puntiran (dengan penjepit pangkal kabel dalam posisi diam).
  3. Rapikan ujung kabel dengan memotong ujungnya menggunakan tang, lalu berikan isolasi.

Kita telah mengetahui kelemahan sambungan ekor babi, dimana sambungan ekor babi kurang memiliki kekuatan. Maka pada sambungan berikut ini merupakan solusi dari mudah terlepasnya sambungan ekor babi.

Ciri dari sambungan ini adalah kedua kabel disambungkan dengan cara memposisikan saling berhadapan dan tidak seperti pada sambungan ekor babi posisi sambungan ini secara lurus lalu saling memuntir. Sambungan ini terdapat 2 jenis, yaitu sambungan bell hangers dan sambungan western union.

 

Sambungan Bell Hangers

jenis sambungan bell hanger

Jenis sambungan kabel bell hangers termasuk sambungan puntir, keduanya bertemu dan saling melilit. Adapun cara membuatnya ditunjukkan sebagai berikut:

  1. Kupaslah dua kabel lalu masin-masing diberntuk huruf L, setelah itu saling kaitkan kedua kabel.
  2. Setelah itu pelintirlah sisa ujung kabel yang belum terlilit arah depan menggunakan tang.

 

Sambungan Western Union

Jenis sambungan kabel ini merupakan sambungan puntir juga. Sambungan ini menggunakan mirip dengan sambungan bell hanger, namun pada posisi awal saat dihubungkan dan akan menghasilkan puntiran awal.

sambungan kabel western union

Cara untuk membuat sambungan ini ditunjukkan sebagai berikut:

  1. Kupaslah dua kabel lalu masing-masing lalu dekatkan kedua kabel dalam sudut 90 derajat.
  2. Puntirlah dahulu 1 sisi kabel sampai ke akhir ujung kabel di kabel lainnya.
  3. Lakukan hal yang sama di kabel yang lain.

 

Sambungan Bolak-Balik

Macam sambungan bolak balik pada kabel instalasi listrik ini lebih kuat dari sambungan ekor babi dan sambungan puntir. Sambungan ini ada bagian kabel yang dibalikkan lagi selama proses penyambungan. 

sambungan kabel bolak-nalik

Sambungan ini dibuat dengan cara sebagai berikut:

  1. Kupas kedua ujung kabel,
  2. Dekatkan kabel posisi sejajar, ambil setengah bagian ujung kabel dan kaitkan ke pangkal kabel lainnya, setelah itu balikkan posisi kabel pengikat awal berlawanan, dan sisa kabel yang belum dipuntir dipuntirkan ke sisa kabel.

 

Sambungan Britania

Sambungan kabel Britania ini khusus digunakan untuk menyambung kabel yang menggunakan diameter yang besar. Dengan ukuran kabel yang besar, maka kabel susah dipuntir, dan akan memerlukan pengait lain untuk melekatkan kedua kabel. Pengait lain tersebut adalah kabel dengan ukuran yang lebih kecil sehingga lebih mudah untuk dililitkan.

sambungan britania

Cara membuat sambungan kabel Britania yaitu:

  1. Kupas kedua kabel yang akan disambungkan, serta carilah inti tembaga kabel dengan diameter yang lebih kecil.
  2. Gabungkan kedua kabel utama dengan posisi yang berhadapan.
  3. Lakukan proses pelilitan/ pengikatan dengan inti kabel yang lebih kecil.

 

Sambungan Mata Itik

Jenis sambungan kabel mata itik ini biasanya digunakan untuk memasang sambungan kabel ke busbar. Kawat tembaga dibuat membulat sehingga ketika dikencangkan dengan sekrup akan kuat karena melingkari seluruh sekrup.

jenis sambungan mata itik

Langkah untuk membuat sambungan mata itik yaitu:

  1. Kupas kabel
  2. Dengan menggunakan tang lancip, Jepit ujung kabel
  3. Buat gerakan meutar sehingga tercipta lingkaran sempurna


Pemasangan Konektor  Kabel

Pada pemasangan konektor ini, maka kalian akan mencoba mempraktikan bagaimana membuat sepatu kabel yang baik. Sehingga ketika dipasang ada terminal, maka akan memberikan sambungan yang aman. Adapun bagian yang perlu disiapkan adalah kabel serabut dan sepatu kabel /skun dengan ukuran yang sesuai.

Langkah pemasangannya sebagai berikut:

  • siapkan kabel, tang pengupas kabel, tang press skun dan skun yang sesuai ukurannya.
  • kupas kabel sehinggga terlihat serabut tembaganya, puntir serabut supaya menyatu.
  • siapkan skun, dan masukkan ke serabut tembaga kabel ke pangkal skun
  • dengan menggunakan tang press skun, pilihlah ukuran penekanan yang akan digunakan. Dan posisikan sun yang sudah ada kabelnya.
  • lakukan pengepresan dengan kuat sedemikian hingga kabel sudah tidak dapat ditarik lagi.

pemasangan konektor skun kabel


Itulah macam-macam jenis sambungan kabel instalasi listrik. Dengan memperbanyak latihan membuat sambungan kabel di atas, maka akan meningkatkan keterampilan kita dalam membuat sambungan kabel yang baik. Semoga artikel ini bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Jenis-Jenis Sambungan Kabel Listrik"