Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tang Pengupas Kabel; Jenis dan Cara Menggunakan

Alat Pengupas Kabel

Pekerjaan mengupas kabel adalah hal yang gampang-gampang susah. Dalam keseharian, orang biasa menggunakan tang, pisau cutter atau korek api untuk mengupas kabel.

Bagi yang sudah terbiasa tentu hasilnya akan baik. Namun bagi yang tidak biasa, kawat tembaga di dalam kabel bisa terputong atau putus.

Ada alat khusus untuk mengupas kabel yang bisa anda beli untuk keperluan kupas-mengupas kabel di rumah anda.

Nama alat untuk mengupas kabel

Alat pengupas kabel atau nama kerennya wire stripper plier / cutter plier. Alat pengupas kabel ini berbentuk seperti tang. Biasa disebut juda dengan tang kupas kabel.

Fungsi alat pengupas kabel adalah untuk mengupas dan atau memotong sebuah kabel. Kabel yang dapat dikupas oleh alat pengupas kabel ini bermacam-macam jenisnya. Mulai kabel listrik, kabel audio atau kabel data, kabel UTP dan sebagainya. Juga bentuk kabel berinti pejal atau kabel serabut.

Namun tersedia juga alat pengupas kabel yang spesifik untuk jenis-jenis kabel tertentu. Seperti untuk kabel jaringan internet atau untuk kabel-kabel audio video. Berikut ini kami sajikan tiga jenis Tang Pengupas Kabel:

 

1. Crimping Tool

Tang kupas kabel jenis crimping tool

Dengan alat ini kita bisa mengupas kabel dengan lebih mudah. Tang kupas kabel jenis ini dapat untuk mengupas kabel dengan diameter 0.7, 1.0, 1.5, 2.5, 4.0, dan 6.0 mm.

Memiliki ukuran bolt cutter M2.6, M3, M3.5, M4 dan M5 untuk memotong kabel.

Selain itu juga memiliki ukuran crimp 1.5, 2.5, dan 6mm untuk crimping atau memasang skun kabel.

Dengan tang kupas kabel ini anda akan lebih mudah dalam melakukan pekerjaan mengupas kabel untuk pekerjaan kelistrikan anda. Sangat cocok untuk pekerjaan kelistrikan secara umum.

Tang pengupas kabel ini memiliki desain yang kuat dan kokoh, sehingga tidak mudah rusak. Dibuat dari mateial body SAE 1008 dengan kekerasan HV450 – 800. Kemudian untuk ganggangnya dibuat dari material PVC berkualitas yang aman, nyaman, kuat, dan tahan lama dalam pemakaian normal.

Cara menggunakan tang kupas kabel jakemy

  • Masukkan kabel ke lubang kabel dibagian tuas bawah
  • Tekan tangkai seperti menggunting hingga bagian kulit kabel terpotong.
  • Tarik kabel dan tang ke arah berlawanan hingga kulit kabel terlepas.

 

2. Tang kupas berlubang

Tang kupas kabel berlubang


Bentuknya seperti sebuah gunting. Mekanisme pengupas kabel ini seperti halnya sebuah gunting. Biasa disebut tang kupas kabel jenis jakemy (jakemy wire cutter plier).

Dimensinya 6.85 x 2.4 x 0.43 inch atau 17.4 x 6.1 x 1.1 cm. Dengan ukuran yang cukup kecil ini, tang pengupas kabel ini hanya cocok untuk kabel-kabel berukuran kecil.

Kabel dengan diameter inti kawat kurang dari 2.6mm ke bawah. Ukuran diameter inti kabel yang dapat dikupas adalah 0.6, 0.8, 1.0, 1.3, 1.6, 2.0, dan 2.6mm.

Tang kupas ini juga dilengkapi fungsi pemotong kabel. Di bagian tengah tang terdapat pemotong layaknya gunting.

Pemotong kabel ini cukup tajam dan tidak perlu menggunakan tenaga yang besar untuk memotong kabel. Dapat memotong kabel dengan diameter hingga 4mm dengan rapi.

Cara menggunakan tang kupas kabel jakemy

  • Masukkan kabel ke lubang kabel pada ukuran diameter yang sesuai.
  • Tekan tangkai seperti menggunting hingga bagian kulit kabel terpotong. Kabel boleh diputar agar potongannya rata.
  • Tarik kabel dan tang ke arah berlawanan hingga kulit kabel terlepas.

 

3. Tang kupas kabel otomatis

Tang kupas kabel otomatis adjustable


Disebut tang pengupas kabel otomatis karena pada alat ini, dapat menyesuaikan dengan diameter kabel yang akan di kupas secara “otomatis”. Pada tang kupas ini tidak ada lubang-lubang untuk memasukkan kabel.

Tang jenis ini memiliki fungsi kupas, potong dan crimping.

Tang kupas ini terbuat dari bahan karbon dan plastic. Tang ini dapat digunakan untuk memotong kabel tembaga atau kabel dengan isolasi aluminium (10 - 22 AWG atau 0.5 - 6.0mm). Maksimal kabel yang dapat dipotong adalah 6.0mm.

Fungsi pemotong juga ada pada tang ini. Pisau pemotong hanya tajam pada satu sisi saja, sehingga saat digunakan untuk memotong kabel diperlukan sedikit tenaga yang lebih besar.

Karena hanya tajam pada satu sisi, maka hasil potongan kabelnya tidak begitu rata. Ujung kabel akan sedikit terjepi (gepeng). Namun itu tidak akan menyebabkan suatu masalah. Kabel tetap dapat digunakan dengan baik.

Cara menggunakan tang kupas “otomatis”

  • Letakkan kabel yang akan dikupas pada bagian alat pengupas.
  • Tekan gagang tang, dan secara mekanik bagian pengupas akan bekerja mengupas kulit kabel.

Itulah beberapa jenis tang pengupas kabel. Semoga artikel ini bermanfaat. Boleh tinggalkan komentar di kolom komentar. Terimakasih.

Posting Komentar untuk "Tang Pengupas Kabel; Jenis dan Cara Menggunakan"