Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Agar Kamar Kost Tidak Panas, Meski Tanpa AC

Cara Agar Kamar Kost Tidak Panas, Meski Tanpa AC

Cara Agar Kamar Kost Tidak Panas, Meski Tanpa AC – Jika kamu anak kost dan merasa kamar kost-mu panas, maka simak beberapa tips agar kamar kost-mu tidak terasa panas.

Kamar kost identik dengan ruangan berukuran standar –biasanya kecil- yang biasa ditempati pelajar, mahasiswa, atau karyawan yang tinggal jauh dari daerah asalnya. Karena ukurannya yang kecil, maka kondisi ruangannya pun akan terasa panas atau pengap.


Kondisi kamar kos akan tambah terasa panas apabila lingkungan juga berada di daerah yang beriklim panas. Kamar kos banyak terdapat di perkotaan, atau daerah yang padat penduduk.

Jika kamu memiliki budget yang lebih, tentu kamar kost ber-AC akan menjadi pilihan yang tepat. Namun untuk kamu yang punya badget pas-pasan, jangan khawatir..., simak tips berikut ini agar kamar kost kamu lebih terasa dingin…


Tips Membuat Kamar Kost Tetap Sejuk

1.    Gunakan kipas angin

Kipas angin akan membantu mensirkulasikan udara di dalam kamar kost. Udara yang bersirkulasi relatif akan membuat kulit kita terasa sejuk saat bersentuhan dengan udara yang bergerak.

Anggap saja kipas angin ini sebagai pengganti dari AC di kamar kost kamu he..he..

Belilah kipas angin yang berukuran cukup besar agar mampu mendinginkan dan mensirkulasikan udara di dalam kamar kost-mu.

 

2.     Letakkan kipas angin pada tempat yang strategis

Kipas angin saja tidak cukup untuk mendinginkan ruangan kamar kost. Tipsnya, letakkan kipas angin di dekat jendela yang terbuka. 

Tambahkan semangkuk air atau es batu di depan kipas angin untuk menambah kesejukan udara yang dihembuskan kipas. Cara pendinginan ini disebut dengan metode pendinginan evaporatif. Suhu udara yang yang dilewatkan es batu akan menjadi lebih dingin dari sebelumnya.

 

3.     Letakkan beberapa tanaman di kamar kost

Menempatkan beberapa tanaman berukuran kecil di dalam kamar akan menambah sejuk kamar kost-mu. Selain menyerap karbondioksida, tanaman juga akan menghasilkan oksigen di siang hari. Namun saat malam, keluarkanlah tanaman dari dalam kamar, karena saat malam tanaman akan menghasilkan CO2.

Selain untuk menyejukkan kamar, tanaman juga dapat berperan sebagai hiasa kamar kamu agar lebih indah. Selain menyejukkan ruangan, tanaman hias juga akan menyejukkan mata.

 

4.       Gunakan lampu neon

Ketimbang menggunakan lampu pijar, sebaiknya pilihlah lampu neon. Lampu neon tidak mengeluarkan panas yang berlebih seperti lampu pijar. Pijaran panas dari lampu akan menambah kamar terasa pengab dan panas, apalagi jika Watt-nya besar. Atau matikan lampu saat tidak digunakan.

 

5.     Buka jendela atau pintu kamar

Buka jendela dan pintu kamarmu untuk membiarkan udara dingin masik ke dalam kamar. Secara fisika, udara dingin akan mengalir menuju ke tempat yang lebih panas. Dengan demikian, suhu udara di dalam kamar kos akan menjadi lebih sejuk.

Putaran kipas angin kamu lambat? Cara memperbaiki putaran kipas angin yang lambat.


Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk membuat kamar kost-mu lebih sejuk walaupun tanpa AC. Bagi yang sekolah, kuliah atau kerja dan menyewa kamar kost, kami doakan, semoga belajarmu, kuliahmu, dan pekerjaanmu akan sukses. Aaamiin.

Posting Komentar untuk "Cara Agar Kamar Kost Tidak Panas, Meski Tanpa AC"