-->

10 Tips Cara Menghemat Listrik PLN

10 Tips Cara Menghemat Listrik PLN

Menghemat listrik adalah suatu kegiatan yang dapat membuat konsumsi energi listrik menjadi berkurang. Penghematan listrik dapat dilakukan dengan berbagai cara. Selain listrik, kita perlu juga berhemat air, baik air yang kita dapat dengan cara membayar (PDAM) maupun yang kita dapat dengan cara gratis (sumur bor).

Tips Cara Menghemat Listrik


Pentingnya Menghemat Listrik

Dampak dari pemborosan energi listrik, air dan sumber daya lainnya umumnya bersifat negatif serta akan memberikan kerugian bagi kita semua di masa yang akan datang. Listrik yang terbatas sebagian dibangkitkan dari PLTU atau pembangkit listrik tenaga uap dan pembangkit listrik lainnya yang menimbulkan polusi bagi lingkungan hidup.

Air bawah tanah yang secara beramai-ramai dan tidak terkendali kita sedot dapat habis. Menurunnya debit air tanah mampu mempercepat intrusi air laut ke darat serta dapat menurunkan atau merembeskan tanah ke bawah sehingga lama kelamaan akan tenggelam oleh air laut.

Melihat dari dampak yang ditimbulkan dari penggunaan listrik dan air yang berlebih, maka ada baiknya kita melakukan beberapa hal di bawah ini untuk membantu menjaga kelestarian alam dari kerusakan yang serius.

 

Tips Cara Menghemat Listrik PLN

Berikut ini kami bagikan beberapa tips untuk upaya menghemat energi listrik. Tips ini dapat anda praktekkan di rumah untuk menghemat pemakaian listrik sehari-hari. Berikup cara menghemat listrik PLN di rumah kita:

1. Matikan lampu jika kita tidak menggunakannya.

Matikan lampu jika sudah tidak digunakan. Jangan membiarkan lampu menyala di siang hari. Lampu yang dibiarkan menyala terus-menerus, selain akan menghabiskan energi listrik, juga akan mengurangi usia peralatan listrik tersebut.


2. Gunakan lampu hemat energi yang terang (bukan bohlam lampu pijar)

Saat ini telah banyak jenis lampu hemat energi. Untuk menghemat listrik di rumah anda, pilihlah lampu jenis LED yang lebih efisien dalam konsumsi daya listrik. Selain lebih hemat energi, lampu LED juga memiliki intensitas cahaya yang lebih baik. Lebih terang dan sejuk di mata.

Baca juga: Kelebihan dan kekurangan lampu LED


3. Cabut steker listrik barang elektronik yang tidak kita gunakan.

Peralatan elektronik yang tetap terhubung ke sumber listrik masih dapat menyedot daya listrik, walaupun tidak banyak. Sebaiknya cabut steker peralatan elektronik jika tidak digunakan. Bisa juga menggunakan stop kontak untuk mematikannya.


4. Gunakan alat penghemat listrik yang bagus.

Sekarang telah tersedia peralatan penghemat listrik yang mengklain bisa menurunkan penggunaan energi listrik. Pilihlah alat penghemat listrik dari produsen yang memang terkenal dengan kualitasnya.


5. Matikan lampu, tv, radio, dll saat tidur.

Hal ini terkadang sering kita abaikan dengan alasan lupa mematikan peralatan listrik. Usahakan untuk mematikan segala peralatan listrik yang sudah tidak digunakan.


6. Pilih barang elektronik yang hemat listrik.

Saat membeli peralatan listrik untuk keperluan rumah tangga, pilihlah peralatn listrik yang konsumsi dayanya rendah. Pertimbangkanlah untuk memilih AC dengan fitur Low Watt, daripada memilih AC biasa yang konsumsi dayanya lebih besar. Selain boros listrik, tentunya juga akan boros dalam tagihan listrik bulanan.


7. Ajari anak dan keluarga untuk hemat energi listrik.

Ajari anak-anak untuk selalu berhemat listrik. Beri contoh perilaku penghematan listrik di rumah. Ajarkan kepada mereka tentang pentingnya menghemat listrik demi masa depan.


8. Cabut charger ponsel saat indikator energi hp sudah penuh.

Ini juga sering kita lupakan. Jika peralatan yang menggunakan pengisi daya telah penuh, segera cabut chargernya. Selain akan menghemat listrik, hal ini juga akan membuat baterai lebih awet dan tahan lama.


9. Gunakan energi gas LPG untuk memasak.

Kompor listrik memang lebih mewah dibandingkan kompor gas biasa. Namun, konsumsi daya pada peralatan listrik dengan elemen pemanas sangatlah besar. Karena pemanas mengkonsumsi energi listrik yang besar untuk menghasilkan panas.


10. Gunakan energi matahari untuk memanaskan air, dll.

Penggunaan panel surya (solar cell) akan menghemat penggunaan listrik dalam jumlah yang cukup signifikan. Solar panel akan memanfaatkan energi matahari, dan mengubahnya menjadi energi listrik. Dengan demikian, konsumsi listrik dari PLN dapat kita kurangi.

 

Itulah beberapa usaha penghematan listrik yang bisa kita lakukan di rumah. Dengan menghemat listrik, maka kita turut berperan dalam menjaga bumi. Dengan melakukan beberapa upaya penghematan listrik di atas, semoga tagihan listrik anda berkurang di bulan berikutnya…

0 Response to "10 Tips Cara Menghemat Listrik PLN"

Posting Komentar

Berkomentar dengan sopan.

Featured post

Sensor Ultrasonic JSN-SR04T featured

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Multiplex Dingin