-->

Kelebihan dan Kekurangan Lampu LED yang Perlu Anda Ketahui


Lampu digunakan sebagai sumber penerangan utama di dalam suatu bangunan. Perumahan, perkantoran, hotel, dan bangunan lainnya selalu menggunakan lampu sebagai penerangan. Maka bisa dikatakan hidup manusia sekarang ini tidak bisa terlepas dari listrik.

Namun masalah yang sering terdengar di masyarakat kita adalah mahalnya tarif listrik di Indonesia. Meskipun beberapa pelanggan listrik mendapatkan subsisi dari pemerintah, namun masih banyak yang mengeluhkan naiknya tagihan listrik bulanan mereka.

Maka, kita sebagai masyarakat sebaiknya mulai untuk melakukan penghematan pemakaian listrik. Gunakan listrik secara bijak, agar tagihan di awal atau di akhir bulan tidak membengkak.

Untuk pelanggan rumah tangga, pemakaian listrik untuk penerangan adalah hal yang sangat penting. Walaupun banyak juga yang menggunakan listrik untuk keperluan lainnya.

perbedaan lampu LED dan pijar

Kelebihan Lampu LED

Sebagai sumber penerangan di rumah, lampu sangat penting untuk diperhatikan. Terutama saat memilih jenis lampu yang bisa menghemat konsumsi listrik.

Banyak yang menyarankan untuk memilih lampu LED daripada jenis lampu bohlam atau lampu pijar. Berikut ini beberapa kelebihan lampu LED.

Hemat Energi

Pasti tidak asing lagi jika kita sering mendengar lampu LED terkenal dengan sebutan lampu hemat energi. Selain itu, lampu LED dipilih karena memiliki pencahayaan terang putih maksimal serta konsumsi daya yang rendah.

Disebutkan bahwa lampu LED hanya menggunakan listrik 1/30 dari lampu pijar biasa. Wow…, hemat juga ya! Itulah mengapa lampu LED ini bisa menekan energy dan menghemat biaya listrik.

Daya Tahan Lama

Lampu jenis LED ini juga sangat awet. Keawetan lampu ini diklaim dapat bertahan hingga 13000 jam pemakaian. Bila dibandingkan dengan lampu bohlam yang hanya mampu bertahan 1000-2000 jam pemakaian.

Bahkan saking awetnya produsen lampu jenis ini pun tidak takut untuk memberikan garansi hingga beberapa tahun. Bahkan untuk merek lampu terkenal berani menggaransi lampu ini hingga 15 tahun.

Tidak Panas

Lampu LED yang berdaya rendah tidak menimbulkan panas yang berlebih. Sifat pancaran cahayanya pun lebih focus dari lampu bohlam biasa.

Faktanya selain memancarkan cahaya, lampu bohlan juga memancarkan panas ke dalam ruangan. 90% energi pada lampu bohlam berubah menjadi panas.

Sementara itu lampu LED tetap dingin dan efisien dalam pancaran cahayanya. Dengan daya rendah namun cahaya yang terang, maka tidak salah jika kita memilih lampu LED untuk menerangi setiap ruangan di rumah kita.

Cahaya yang Putih

Lampu bohlam memiliki pancaran cahaya yang berwarna kuning dan berkesan hangat. Sedangkan lampu LED mempunyai pancaran cahaya yang berwarna putih terang.

Warna putih yang sempurna ini sangat baik untuk penerangan ruangan.

Ramah Lingkungan

Kita tahu bahwa listrik dihasilkan dari berbagai macam sumber daya. Kebanyakan dihasilkan dengan sumber bahan bakar fosil.

Dengan konsumsi daya yang sangat efisien, maka tidak salah jika lampu LED disebut ramah lingkungan karena konsumsi dayanya kecil.

Kekurangan Lampu LED

Dari beberapa kelebihan lampu LED di atas, ternaya lampu jenis ini juga ada kekurangannya. Kelemahan yang kami maksud adalah dari sisi harga.

Saat ini harga lampu LED masih terbilang mahal. Namun harga yang mahal tersebut sesuai dengan kemampuannya untuk dapat menghemat energi. 

Jadi, sebaiknya anda tidak perlu ragu untuk menggunakan lampu LED dengan benyak kelebihan seperti yang disebutkan di atas.

Semoga bahasan singkat ini bisa menambah pengetahuan anda tentang kelebihan dan kekurangan lampu LED.


0 Response to "Kelebihan dan Kekurangan Lampu LED yang Perlu Anda Ketahui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel