-->

Ukuran Overload Kulkas 1 Pintu dan 2 Pintu

Ukuran Overload Kulkas 1 Pintu dan 2 Pintu

Ukuran Overload Kulkas 1 Pintu dan 2 Pintu - Overload protector berfungsi sebagai pengaman pada kompresor kulkas. Prinsip kerja dari overload protector ini adalah dengan membatasi arus yang mengalir melewati lilitan kompresor. 

Jika arus yang mengalir melebihi kemampuan hantar arus (KHA) dari lilitan motor kompresor, maka overload akan memutus arus. Dengan demikian kompresor terhindar dari arus berlebih yang dapat berakibat kerusakan pada lilitan kompresor, atau lilitan terbakar.


ukuran overload kulkas 1 pindu dan 2 pintu


Jenis-Jenis Overload Kulkas

Overload yang biasa terdapat pada kulkas ada dua macam. Dilihat dari bentuknya, ada yang berbentuk bulat dan ada yang berbentuk pipih (gepeng). Namun fungsi dari keduanya tetaplah sama. Yaitu sebagai pengaman kompresor dari arus listrik yang berlebih.

Letak Overload

Overload ditempatkan pada kompresor. Menempel di bagian kompresor untuk melindungi kompresor dari beban berlebih. Biasanya ada dua jenis overload protector yang biasa digunakan pada kulkas. Yaitu eksternal atau internal overload protector. 

Untuk jenis eksternal berada di bagian luar kompresor, sedangkan untuk yang jenis internal tertanam di dalam body kompresor kulkas. Jadi, jika suhu kompresor terlalu panas, maka overload akan memutus arus dan setelah kompresor sudah dingin normal kembali, maka akan nyala lagi.

Jika terjadi kerusakan pada overload jenis eksternal, kita dapat dengan mudah menggantinya dengan komponen yang baru. Sedangkan untuk jenis overload internal yang tertanam, maka tidak bisa diganti. Jadi harus diganti keseluruhan bersama kompresornya. Namun untuk jenis internal biasanya jarang mengalami kerusakan.


Ukuran Overload Kulkas Satu Pintu dan Dua Pintu

Untuk mengganti komponen overload yang yang rusak, kita mesti mengetahui ukuran overload yang sesuai. Bagaimana cara mengetahui ukuran overload kulkas?

Untuk kulkas satu pintu biasanya menggunakan overload dengan ukuran 1/8 HP. Berbeda dengan kulkas satu pintu, untuk kulkas dua pintu biasanya menggunakan ukuran overload 1/6 HP. 

Hal ini karena kinerjanya juga berbeda dengan kulkas satu pintu. Kulkas dua pintu lebih membutuhkan tenaga yang besar dibandingkan dengan kulkas satu pintu. 


Untuk mengganti komponen overload kulkas, pilihlah komponen yang berkualitas. Sudah jadi rahasia umum bahwa ada harga ada kualitas. Berikut ini kami berikan tabel ukuran overload protector pada kulkas, yang mungkin dapat menjadi panduan dalam mengganti komponen tersebut.

 

Jenis/bentuk Overload

Ukuran


Bulat

1/4 HP = 190W

1/5 HP = 150W

1/6 HP = 125W

1/8 HP = 95W

1/10 HP = 75W


Gepeng

1/4 HP = 190W

1/5 HP = 150W

1/6 HP = 125W

1/8 HP = 95W

1/10 HP = 75W

 

Itulah tadi penjelasan singkat mengenai ukuran overload kulkas satu pintu dan dua pintu. Semoga bermanfaat. Artikel lain yang membahas tentang overload Fungsi Overload Protector pada Kulkas.



3 Responses to "Ukuran Overload Kulkas 1 Pintu dan 2 Pintu"

  1. Gan... Kalau yg 105watt pakai yg mn? Thanks.

    BalasHapus
  2. kebetulan pas lagi cari ukuran overload kulkas 2 pintu...thanks gan sukses selalu

    BalasHapus

Berkomentar dengan sopan.

Featured post

Cara Membaca Kode Warna Resistor dengan Mudah featured

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel