Lantai Vinyl yang Cantik untuk Interior Rumah

Daftar Isi

Lantai Vinyl yang Cantik, Kelebihan dan Kekurangan - Lantai vinyl sudah sering digunakan sebagai pelapis lantai pada hunian rumah atau kantor. Di artikel ini kami akan sedikit membahas mengenai lantai vinyl. Anda bisa membaca postingan kami sebelumnya yang mengupas tentang lantai kayu laminate.

Tidak seperti pelapis lantai kayu lainnya, pelapis lantai yang terbuat dari vinyl memiliki harga yang relatif lebih murah dibandingkan dengan pelapis lantai kayu lainnya. Namun selain harganya yang murah, anda perlu mempelajari lebih dahulu hal-hal terkait lantai vinyl sebelum anda memutuskan untuk menggunakannya di rumah. Dibawah ini akan kami bahas tentang apa saja kelebihan dan kekurangan dari lantai vinyl.

kelebihan lantai vinyl
Memasang Lantai Vinyl

Kelebihan Lantai Vinyl

Kelebihan pertama menggunakan lantai vinyl adalah permukaan vinyl yang lebih halus. Lantai vinyl mempunyai permukaan yang lebih halus dibanding dengan lantai kayu lainnya. Selain itu lantai vinyl juga dilapisi dengan kain atau busa sehingga lantai vinyl terasa lebih nyaman dan lembut ketika dipijak. Lantai vinyl cukup mudah dipasang dan akan memberikan fleksibilitas dalam pemasangannya.

Kelebihan kedua lantai vinyl adalah lantai vinyl mempunyai banyak pilihan warna, gaya dan corak. Dengan berbagai pilihan warna dan motif akan memberikan banyak pilihan warna yang sesuai dengan keinginan anda. Tidak hanya menggunakan motif kayu, lantai vinyl tersedia dengan motif material selain kayu seperti tekstur bebatuan sehingga lebih fleksibel corak yang anda inginkan.

kelebihan kekurangan lantai vinyl
Motif lantai vinyl

Kelebihan yang ketiga Lantai vinyl adalah perawatan relatif yang lebih mudah daripada penutup lantai kayu lainnya. Anda hanya perlu menyapu dan sesekali mengepel untuk memastikan lantai kayu tersebut selalu bersih. Baca juga mengenai lantai kayu laminate di artikel kami sebelumnya.


Kekurangan Lantai Vinyl

Sayangnya ada beberapa sisi buruk dari lantai vinyl. Pertama menyangkut material dari lantai vinyl. Biasanya vinyl terbuat menggunakan PVC BB. Bahan PVC mampu melepaskan volatil organic compound VOC ke udara. Bagi orang yang sensitif terhadapnya tentu hal ini akan sangat berbahaya. Tapi semenjak tahun 2010 sudah banyak pabrik yang mengurangi kandungan besi dalam lantai vinyl produk mereka.

Kelemahan lantai kayu Vinyl kedua adalah sewaktu memasang lantai vinyl diatas ubin ataupun keramik pastikan dahulu ubin atau keramik tersebut sudah bersih karena apabila ubin atau keramik itu tidak bersih perekat dari dari lantai vinyl tidak akan bekerja dengan maksimal atau sempurna jadi akan cepat lepas.

Selain itu adalah sifat lantai vinyl yang relatif lembut sehingga lantai vinyl beresiko lebih cepat rusak apabila tergores oleh benda-benda tajam. Jadi apabila anda sedang memindahkan furniture pastikan memindahkannya dengan benar karena lantai vinyl akan beresiko rusak apabila tergores oleh funiture yang berat.

 

Demikianlah ulasan tentang lantai vinyl sehingga Anda dapat membandingkan dengan penutup lantai lainnya seperti lantai kayu engineering atau lantai kayu solid untuk ulasan lantai kayu engineering dan lantai kayu solid akan dibahas di artikel selanjutnya

Posting Komentar