Lantai Kayu Parket Laminate, Kelebihan dan Kekurangan

Pengertian Lantai Kayu Laminate – Pada artikel kali ini kami ingin mencoba untuk membahas tentang lantai kayu laminate. Apa saja kelebihan dari lantai kayu laminate ini sehingga anda yang ingin membeli lantai kayu bisa membandingkan antara lantai vinyl, lantai kayu laminate, lantai kayu enggineering, dan lantai kayu solid agar anda tidak salah memilih.

Kali ini kami ingin sedikit membahas tentang lantai kayu laminate. Pada rtikel berikutnya In Sya Allah akan kami bahas tentang tentang kelebihan dan kekurangan dari jenis lantai vinyl. Dengan demikian anda bisa mendapatkan gambaran untuk dapat memilih sesuai dengan kebutuhan anda. Simak terus update dari kami ya…


lantai kayu parket laminate
Lantai Kayu Laminate


Lantai kayu laminate bisa di sebut juga dengan lantai kayu yang berbahan HDF (High Density Fiber). Lantai kayu jenis ini terbuat dari bahan partikel kayu yang di proses oleh mesin dan campuran bahan kimia untuk dapat mengeraskan atau menyatukan partikel kayu tersebut sehingga menjadi berbentuk lembaran-lembaran HDF. Setelah menjadi lembaran, HDF tersebut di tempel dengan lapisan plastik bermotif kayu pada bagian atasnya dan kemudian dilaminating menggunakan mesin Hot Press khusus untuk laminate di permukaan kayu. Karena itulah sehingga disebut dengan lantai kayu laminate.


Kelebihan lantai kayu laminate

Kelebihan dari jenis lantai kayu laminate adalah cara pemasangan yang cepat.  Cara pemasangan lantai kayu laminate dapat dibilang mudah dan dapat dilakukan dengan lebih cepat. Lantai kayu laminate dipasang dengan cara disusun saja tanpa harus finising. Jika ada bagian kayu yang rusak, kita hanya perlu mengganti pada bagian yang rusak saja.

lantai kayu parket laminate mengkilap
Lantai kayu laminate cantik


Kelebihannya yang lain adalah soal harga. Harga lantai kayu laminate ini terbilang cukup murah. Apabila anda mempunyai budget yang terbatas, anda dapat memutuskan untuk menggunakan lantai kayu jenis laminate ini. Harga lantai kayu laminated lebih murah bila dibandingkan dengan lantai kayu solid. Kenapa harga lantai kayu solid lebih mahal akan kami bahas di artikel berikutnya. Juga dengan kelebihan dan kekurangan lantai kayu solid.


Kelemahan lantai kayu laminate

Seperti lantai kayu pada umumnya, kelemahan dari lantai kayu laminate adalah masalah kelembapan. Seperti kita ketahui, bahan kayu rawan terhadap kelembapan yang berlebih. Hal ini karena partikel kayu yang di press menggunakan mesin press tersebut tidak akan tahan terhadap kelembapan ataupun air.

Kelembapan dan air yang berlebih dapat menyebabkan lantai kayu menjadi lapuk atau rusak. Jadi apabila anda ingin menggunakan lantai kayu jenis laminated ini disarankan untuk memperhatikan lingkungan yang akan di pasang. Perhatikan faktor suhu dan kelembapan lingkungan tersebut. Misalnya, lantai kayu laminated ini tidak cocok untuk ruangan outdoor, ruangan yang lembab, dan daerah-daerah yang rawan terkena air seperti lantai dapur dan sebagainya.

Demikian pembahasan singkat mengenai lantai kayu laminate. Mudah-mudahan artikel ini dapat memberikan gambaran kepada anda jika akan menggunakan lantai kayu. Anda dapat memilih dan menyesuaikan dengan kebutuhan dan dana yang anda miliki.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url