Tips Mengecat Pagar Besi Yang Berkarat Agar Tidak Mengelupas

Tips Mengecat Pagar Besi Yang Berkarat Agar Tidak Mengelupas – Pagar merupakan salah satu elemen terpenting pada sebuah rumah. Pagar memiliki fungsi yang sangat vital di mana untuk fungsi utamanya sebagai pembatas rumah antara rumah anda dengan rumah lainnya. Selain itu pagar juga berfungsi sebagai pelindung rumah dari hal yang kita tidak inginkan. Semakin berkembang, fungsi pagar sekaligus sebagai penghias dalam mempercantik tampilan rumah.

cara mengecat pagar besi yang berkarat

Kelebihan Pagar dari Bahan Besi

Di indonesia ini kebanyakan pagar rumah dibangun dengan menggunakan bahan dari besi. Pilihan pagar dari bahan besi adalah pilihan ini banyak di sukai karena besi sangatlah kuat untuk menghadang angin dan lain sebagainya.

Bentuk pagar dari besi pun sangatlah beragam dan juga bervarias, namun memang yang mayoritas di gunakan untuk bahan pagar adalah dari bahan besi jika di bandingkan dengan bahan seperti alumunium ataupun kayu. Harga bahan besi lebih murah dibandingkan dengan bahan aluminium.


Kekurangan Pagar dari Bahan Besi

Namun tetap ada saja kekurangan dari pagar besi ini. Biasanya semakin lama besi pada pagar ini akan berkarat dan menjadi kuning (akibat karat). Bahkan untuk cat yang menempel pada besi pun menjadi mengelupas karena terbakar panas, terkena angin serta hujan.

Nah, untuk yang bermasalah pada pagar rumahnya yang berkarat dan menguning, tidaklah perlu merasa bingung akan semua ini. Karena di bawah ini kami memiliki tips Mengecat Ulang Pada Pagar Berkarat. Sebetulnya mudah saja untuk kita melakukanya jika kita tahu benar caranya seperti apa dari mulai proses awal hingga akhirnya. Penasaran seperti apa caranya? Langsung saja, berikut ini anda bisa mempelajari cara pengecatan ulang pada pagarnya sebagai berikut:

Cara Mengecat Ulang Pagar Besi

mengecat pagar besi yang mengelupas
Pilih warna cat sesuai selera

Cat besi yang berkarat dan mengelupas akan mengurangi keindahan penampilan pagar rumah anda. Pengecatan yang baik akan menghasilkan kualitas yang baik pula. Berikut ini langkah-langkah untuk mengecat pagar besi agar tidak mudah mengelupas dan tahan lama.

1. Bersihkan permukaan yang kan dicat

Langkah awal yang bisa anda lakukan adalah dengan cara membersihkan dahulu pada bagian pagar yang berkarat. Adapun untuk alat yang di gunakan untuk membersihkan adalah memakai sikat besi ataupun amplas kasar. Dan bersihkan semuanya pagar yang berkarat hingga bersih.

2. Cuci permukaan yang telah diamplas

Setelah sudah bersih, anda cuci pagar yang berkarat sampai bersih pada semua bagian pagarnya dan tunggu sampai kering. Cuci dengan air sabun akan lebih baik lagi. Itu semua bertujuan untuk menghilangkan kotoran dan karat yang sudah diamplas tadi.

3. Aplikasikan lapisan cat dasar

Lalu jika sudah kering bisa anda bisa mengecatnya dengan menggunakan cat dasar, misalnya dengan cat warna putih. Perhatikan saat mencampur cat dengan tiner. Jangan terlalu kental dan jangan pula terlalu encer.

4. Beri cat penutup sesuai dengan warna yang diinginkan

Jika lapisan cat dasar sudah kering, maka anda bisa mengecat dengan warna utama yang anda inginkan. Ada banyak jenis cat besi yang bisa dipakai. Pilihlah yang menggunakan pigmen lapisan anti karat. Lakukan pengecatan dengan merata agar hasil cat menjadi rapih dan bagus. Selesai.

Mudah saja bukan untuk mengecat pagar rumah yang berkarat? Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai Tips Mengecat PagarBesi Yang Berkarat Agar Tidak Mengelupas, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url