Fungsi Flaring Tool dan Swaging Tools

Fungsi Flaring Tool dan Swaging Tool - Fungsi flaring tool adalah untuk mengembangkan ujung pipa. Ada berbagai macam peralatan yang biasa digunakan oleh seorang teknisi refrijerasi dan tata udara. Baik peralatan ukur listrik maupun peralatan tangan. Dan seorang teknisi yang baik haruslah dapat menggunakan berbagai peralatan tersebut sesuai dengan prosedur penggunaanya. Hal ini dimaksudkan agar setiap pekerjaan itu dapat terselesaikan dengan baik.

Salah satu peralatan tangan yang sangat dibutuhkan pada bidang ini adalah flaring tool dan swaging tool. Apa fungsi flaring tool tersebut akan kita bahas pada artikel kali ini.

Fungsi Flaring Tool

Fungsi flaring tool adalah untuk mengembangkan ujung pipa, agar dapat disambungkan dengan flare fitting. Pipa yang sering dipakai pada pekerjaan servis mesin pendingin adalah pipa tembaga atau pipa aluminium.
Flaring adalah proses untuk mengembangkan ujung pipa tembaga dengan menggunakan flaring tools agar pipa dapat disambung dengan sambungan pipa dari kuningan yang berulir (flare fitting). Fungsi flaring tool akan memudahkan untuk melakukan proses flaring. 

Cara Menggunakan Flaring 

Bagaimana cara menggunakan flaring tool pada pipa? Caranya, sebelum ujung pipa dikembangkan, terlebih dahulu memasukkan flare nut (mur dari kuningan) pada pipa yang akan di flaring. Kemudian barulah ujung pipa tersebut di masukkan pada flaring block. Pengaturan jarak ujung pipa dengan block penjepit dibuat 3 mm di atas flaring block. Hasil yang ideal dapat dilihat pada gambar di bawah.

flaring tool dan swaging tool
Flaring Tools

cara flaring pipa
Hasil Flaring


Baca artikel kami berikut ini untuk tutorial lengkap cara menggunakan flaring dan swaging

Fungsi Swaging Tool

Swaging tool adalah alat pengembang pipa. Fungsi Swaging tool adalah untuk mengembangkan atau memperbesar diameter ujung pipa. Swaging dilakukan jika kita ingin menyambung dia buah pipa yg diameternya sama. Salah satu ujung pipa harus di swaging.

Cara Menggunakan Swaging

Cara menggunakan swaging yang benar harus bisa dikerjakan oleh setiap teknisi refrigerasi dan tata udara. Yang dimaksud dengan swaging adalah proses untuk memperbesar diameter ujung pipa tembaga dengan menggunakan swaging tool.

Tujuannya adalah agar dua buah pipa yang sama diameternya dapat disambung dengan las perak (silver brazing). Swaging tool adalah alat untuk melakukan swaging pipa.
Swaging tool ada dua macam:

  1. Punch type (Model dipukul)
  2. Screw type (Model diputar)

Jenis-Jenis Swaging tool

  • Punch type swaging tool


swaging tool tipe punch

Swaging Punch berfungsi untuk membesarkan ujung pipa tembaga lunak dari 3/16 – 5/8 inci. Caranya penggunaanya adalah, ujung pipa dijepit pada block penjepit (bars) dengan membuat jarak ujung pipa satu kali diameternya ditambah 3mm berada di atas penjepit. Kemudian, mur kupu-kupu dikeraskan. 

Beri sedikit minyak pelumas pada ujung swaging punch, lalu letakkan di atas ujung pipa. Pukul swaging punch dengan palu sampai masuk ke dalam pipa minimum satu kali diameter pipa. Waktu memukul harus hati-hati, jangan sampai ujung pipa menjadi bengkok atau pecah.

  • Screw type swaging tool

swaging tool tipe screw
Swaging Tools

Berguna untuk membesarkan ujung pipa tembaga lunak dari 3/16 – 3/4 inci. Penggunaannya lebih mudah dan hasilnya juga lebih baik, tetapi harganya lebih mahal. Cara pemakaiannya hampir sama dengan flaring tool. 

Di sini flare cone ditukar dengan swaging punch (swaging dies atau swage adaptor) yang mempunyai beberapa macam ukuran diameter pipa. Pipa dijepit pada block penjepit dengan membuat ujung pipa di atas penjepit satu kali diameter pipa ditambah 3mm. 

Beri sedikit minyak pelumas pada swaging punch, lalu pemutar diputar sampai swaging punch masuk ke dalam pipa. Setelah swaging punch masuk ke dalam pipa minimum satu kali diameter pipa, lalu pemutar diputar kembali ke atas untuk melepaskannya.

gambar cara swaging pipa
Hasil Swaging

  • Hand swaging tool
tube expander swaging tool
Swaging tool jenis ini berbentuk seperti tang, dengan ujungnya berupa bilah swaging. Cara penggunaannya dengan memasukkan ujung pipa yang akan di swaging ke ujung bilah swaging. Pilih ujung swaging yang sesuai dengan ukuran pipa. Lalu gerakkan gagang hingga di dapat ukuran swaging yang sesuai. Nama lain alat ini adalah tube expander

Video cara Menggunakan Tube Expander


Itulah tadi Fungsi Flaring Tool dan Swaging Tool dalam pekerjaan pemipaan refrijerasi dan tata udara. Semoga artikel dari DinginAja.com ini dapat menambah pengetahuan pembaca sekalian mengenai peralatan-peralatan refrijerasi. Artikel lain mengenai peralatan refrijerasi Reamer dan Deburrer dapat anda baca-baca di blog ini.

Next Post Previous Post
4 Comments
  • Kurazone Net
    Kurazone Net 31/7/19 21:51

    Pembahasan yg menarik untuk dipelajari meskipun saya tidak ahli dalam bidang ini... Simple tapi butuh keakuratan dalam membuatnya..

    • Admin
      Admin 31/7/19 22:23

      Iya mas..kerjaan tukang AC mainan kaya gini ^_^

  • Isa Alawi
    Isa Alawi 5/8/19 09:45

    Assalamu'alaikum, pak ini di rangkum kan pak?

    • Admin
      Admin 6/8/19 10:18

      dirangkum di catatan SIR untuk belajar.

Add Comment
comment url