Cara Menggunakan Tube Expander Tool untuk Pipa Tembaga

Daftar Isi

Cara Menggunakan Tube Expander

Ada berbagai macam peralatan yang sering dipakai oleh teknisi pendingin. Salah satunya adalah tube expander tool. Mungkin beberapa orang telah mengetahui tentang alat ini, dan mungkin ada pula yang baru pertama mendengar tentang alat ini. 

Sebelum kita lanjut menuju ke pembahasan mengenai cara menggunakan alat tube expander, terlebih dahulu kita bahas mengenai apa kegunaan dari alat tersebut.


Fungsi Tube Expander

Sesuai dengan namanya, fungsi tube expander adalah untuk mengembangkan pipa tembaga. Alat ini digunakan oleh teknisi mesin pendingin untuk mengembangkan ujung pipa tembaga. Kegunaan tube expander tool sama saja dengan swaging tool. Hanya mekanisme kerjanya yang berbeda.



Cara Menggunakan Tube Expander

Untuk cara menggunakan tube expander, perhatikan langkah-langkah berikut ini:

  1. Siapkan pipa yang akan di expand (dikembangkan)
  2. Bersihkan/haluskan ujung pipa dengan menggunakan reamer
  3. Masukkan ujung tube expander ke dalam lubang pipa tembaga

  4.  
  5. Tekan tuas dari tube expander, hingga pipa mengembang sesuai dengan kebutuhan.

     
  6. Selesai


Video Cara Menggunakan Tube Expander

Simak video cara penggunaan tube expander tool berikut ini. Jangan lupa untuk like dan subscribe Chanel Wong Teknik, agar kami bisa upload terus video-video tentang teknik pendingin.



Semoga artikel yang singkat ini berguna bagi anda. Terimakasih atas kunjungan anda. Support terus www.dinginaja.com untuk selalu update artikel bermanfaat. 

Posting Komentar