Fungsi Starting Relay pada Kulkas

Fungsi Starting Relay pada Kulkas

Fungsi Starting Relay pada Kulkas - Starting relay merupakan komponen kelistrikan yang mempunyai peran penting pada sistem kelistrikan kulkas. Starting relay pada kulkas terdapat di bagian bawah kulkas, dekat dengan kompresor. Ada beberapa jenis relay yang terdapat pada sebuah kulkas. Dan kali ini kita kan membahasnya.

fungsi starting relay pada kulkas

Pada artikel terdahulu pernah dibahas mengenai prinsip kerja kulkas, dimana semua proses berawal dari kompresor. Pada saat motor kompresor mulai bekerja, maka arus listrik akan mengalir ke kumparan utama atau lilitan utama. Namun torsi yang ditimbulkan oleh induksi kumparan utama ini tidak cukup untuk menggerakkan motor kompresor. 

Dan untuk memperbesar torsi saat kompresor mulai bekerja, maka motor membutuhkan bantuan tenaga yang didapatkan dengan cara mengalirkan arus listrik ke kumparan bantu pada motor. 

Saat motor kompresor mencapai kurang lebih 75% dari putaran maksimumnya, maka motor tidak lagi memerlukan tambahan torsi, sehingga torsi tambahan bisa dilepas atau diputus. Dan untuk memutus aliran arus listrik ke kumparan bantu itulah digunakan sebuah komponen pemutus arus yang dinamakan dengan starting relay.

Berikut ini beberapa jenis starting relay yang biasanya digunakan pada kulkas, diantaranya:


1. Relay Arus (Current Relay)

Relay arus ini bekerja dengan berdasarkan induksi medan magnet dari arus yang mengalir ke kumparan utama. Arus yang mengalir ke kumparan utama ini lebih besar daripada arus nominalnya, tetapi arus yang besar ini belum cukup untuk memutarkan poros kompresornya. 

Arus listrik ini akan membuat induksi medan magnet pada relay menjadi besar sehingga kontak relay menjadi terhubung (tuas penggerak kontak relay terangkat). Kontak pada relay akan terhubung, sehingga arus listrik kemudian mengalir ke kumparan bantu.

relay arus kulkas
Gambar Relay Arus

Arus yang mengalir ke kumparan bantu ini membuat tambahan torsi pada motor, sehingga kemudian poros kompresor dapat berputar. Dengan kenaikan putaran poros kompresor, maka arus yang mengalir ke kumparan utama semakin menurun menuju ke nilai nominalnya. 

Ketika putaran motor mencapai 75% putaran maksimumnya, induksi medan magnet pada koil relay tidak lagi mampu untuk mengangkat kontak relay sehingga arus ke kumparan bantu kemudian terputus. 

Motor tetap bisa berputar walaupun torsi tambahan yang ditimbulkan oleh kumparan bantu sudah hilang, ini karena bebannya sudah ringan. Relay jenis ini tidak boleh terbalik dalam pemasangannya.


2. Solid State Relay (PTC Relay) positive temperature coeficien

Prinsip kerja dari relay PTC ini adalah berdasarkan panas yang ditimbulkan dari arus yang mengalir ke kumparan bantu. Ketika motor kompresor mulai bekerja, selain ke kumparan utama, arus mengalir juga ke kumparan bantu melalui satu piringan (disc) yang peka terhadap perubahan temperatur. Arus listrik akan mengalir melewati disc . Karena dilewati oleh arus listrik, maka suhu disc meningkat. 

Perubahan temperatur pada disc ini menyebabkan perubahan nilai tahanannya (resistansinya). Semakin tinggi temperatur disc, akan menyebabkan semakin tinggi pula nilai tahanannya. 


PTC relay kulkas
Gambar PTC Relay

Dan pada saat kumparan motor belum memperoleh arus listrik, maka disc dalam kondisi dingin, di mana nilai tahanannya berkisar antara 15-35Ω pada suhu 28-32°C. Ketika kumparan mulai mendapat tegangan listrik, arus akan mengalir langsung ke kumparan utama dan arus yang mengalir ke kumparan bantu akan melalui disc. 

Karena dilewati arus, temperatur disc kemudian naik sehingga disc akan menghambat arus yang mengalir ke kumparan bantu. Saat putaran motor kompresor telah mencapai 75% putaran maksimumnya, arus yang mengalir ke kumparan bantu akan menjadi sangat kecil.

Demikianlah artikel mengenai Fungsi Starting Relay pada Kulkas yang bisa www.dinginaja.com berikan kepada pembaca sekalian. Simak juga artikel mengenai Komponen-Komponen Kulkas lainnya beserta dengan penjelasan mengenai fungsinya, untuk menambah pengetahuan kita mengenai kulkas. Silahkan share artikel ini jika anda mendapatkan manfaat, dengan mengklik tombol share di bawah. Terimakasih atas kunjungan anda.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url