RPP Pendidikan Anti Korupsi Kelas XII jenjang SLTA / MA.

RPP Pendidikan Anti Korupsi Kelas XII

Pendidikan diyakini sebagai kunci kesuksesan masa depan suatu negara. Dan pendidikan anti korupsi merupakan suatu pendidikan seumur hidup. Pendidikan anti korupsi perlu ditanamkan sejak dini dan dilakukan secara berkesinambungan dan menyeluruh.

RPP Pendidikan Anti Korupsi Kelas XII

KPK Komisi Pemberantasan Korupsi bersama dengan lembaga pendidikan di Indonesia, merumuskan pendidikan anti korupsi untuk siswa SLTA. Seri Pendidikan Anti Korupsi yang di terbitkan oleh KPK menyisipkan 9 nilai luhur yang membentuk karakter anti korupsi yaitu, jujur, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, berani, mandiri, sederhana, adil dan peduli.

KPK dan tim juga telah menyiapkan perangkat pembelajaran seperti Silabus Pendidikan Anti Korupsi; Analisis SKL, KI, KD; RPP Pendidikan Anti Korupsi, Materi Pelajaran, dan Lembar Penilaian. Anda bisa download RPP Pendidikan Anti Korupsi Kelas XII di bagian akhir artikel ini.

Fokus dalam Pendidikan Anti Korupsi adalah penghayatan, pemahaman nilai moral, pembentukan perilaku hingga kemudian pembiasaan nilai-nilai dalam kehidupan. Tujuan akhir yang diinginkan adalah penerapan perilaku dasar nilai-nilai positif tersebut dalam kehidupan lingkuangan sosial dan kemasyarakatan.

Siswa SLTA berada pada petengahan tahapan perkembangan seseorang. Menurut Piaget, perkembangan intelektual siswa SLTA berada pada tahap formal operations. Ini merupakan saat dimana siswa SLTA memiliki kemampuan berpikir abstrak dan berpikir hipotesis. Mereka mampu membayangkan berbagai macam kemungkinan dalam menyelesaikan suatu masalah.

Pendidikan Anti Korupsi untuk siswa SLTA ini didesain dengan menggunakan konsep pendidikan orang dewasa (adult learning). Pendidikan orang dewasa akan memandang peserta didik sebagai seorang individu yang kaya akan pengalaman dalam pemecahan masalah. Memiliki keterampilan-keterampilan, peran sosial, prakarsa, pendapat, sikap, namun mereka tetap membutuhkan pendidikan.

Selain penanaman karakter, Seri pendidikan Anti Korupsi untuk SLTA/MA ini juga diharapkan memunculkan perilaku perlawanan terhadap korupsi. Sehingga akan mendorong siswa untuk menjadi pelopor dan penggerak anti korupsi di lingkungan masyarakat.

Seri Pendidikan Anti Korupsi dilengkapi dengan panduan bagi guru dalam penyampaian materi pengayaan sesuai dengan kondisi daerah masing-masing, sehingga harapannya kedepan melalui penanaman karakter anti korupsi, akan terbentuk generasi-generasi baru yang jauh lebih baik untuk Bangsa Indonesia.

RPP Pendidikan Anti Korupsi kelas XII berisi:

1. RPP Jujur Kelas XII
2. RPP Disiplin Kelas XII
3. RPP Tanggung Jawab Kelas XII
4. RPP Sederhanan Kelas XII
5. RPP Kerja Keras Kelas XII
6. RPP Mandiri Kelas XII
7. RPP Adil Kelas XII
8. RPP Peduli Kelas XII 
9. RPP Berani Kelas XII

Link Download: RPP Pendidikan Anti Korupsi Kelas XII

Silahkan share artikel ini agar bermanfaat. Terimakasih..

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url