Cara Optimasi SEO Website atau Blog

Daftar Isi

Optimasi sebuah website atau blog sangat penting dilakukan untuk mendapatkan traffic pengunjung ke website kita. Selain konten yang bermanfaat, optimasi SEO memegang kunci sukses sebuah website. Lalu bagaimana cara optimasi SEO website yang baik?

Dengan berkonsultasi pada seorang konsultan SEO kita dapat mengoptimalkan performa website kita baik on page maupun off page.  Namun bagi yang ingin belajar, optimasi website juga bisa dilakukan sendiri agar trafik blog kita semakin banyak. Pada artikel kali ini kita akan membahas bagaimana cara optimasi SEO sendiri.

Optimasi SEO Website atau Blog

Cara Optimasi SEO Website atau Blog

Riset Kata Kunci untuk Konten

Sebelum mulai menulis artikel, sebaiknya kita melakukan riset kata kunci. Kata kunci merupakan kata atau keyword tertentu yang diketikkan oleh seseorang di mesin pencarian Google.

Persaingan dalam mesin pencari itu cukup sulit. Apalagi bila kata kunci pencariannya merupakan high difficulty keyword atau kata kunci dengan persaingan tinggi.

Gunakan kata kunci terbaik agar konten kita berada di urutan atas mesin pencari. Dengan menempati urutan atas, maka akan mendatangkan pengunjung lebih banyak dari hasil pencarian search engine.


Volume Pencarian atau Search Volume

Volume pencarian merupakan banyaknya jumlah pencarian kata kunci tertentu di mesin pencari. Semakin besar nilai volume pencarian, maka semakin besar pula persaingan.

Cara agar artikel blog atau website kita bisa berasa di urutan atas, adalah dengan memilih kata kunci dengan volume pencarian yang lebih sedikit. Karena dengan begitu, maka pesaing kita juga lebih sedikit. Dan kesempatan artikel kita berada di page one akan semakin besar.


Saran Kata Kunci

Saran kata kunci adalah merupakan kata kunci yang terkait dengan kata kunci utama. Google atau mesin pencari akan menawarkan saran kata kunci yang relevan.

Misalnya kita mengetikkan kata "cara menulis", maka Google akan menampilkan saran kata kunci "cara menulis daftar pustaka" atau "cara menulis footnote", dan sebagainya. Keyword suggestion ini juga bermanfaat untuk membuat long tail keyword. Long tail keyword merupakan kata kunci yang terdiri lebih dari 3 kata. Long tail keyword ini akan lebih banyak menarik pengunjung untuk melihat website kita, karena menggunakan kata yang lebih detail dan jelas.

"Cara menulis daftar pustaka dari jurnal" akan lebih jelas dari pada sekedar "cara menulis daftar pustaka" saja. Catatlah saran kata kunci yang ditawarkan mesin pencari. Saran kata kunci tersebut nantinya bisa kita masukkan ke dalam artikel kita. Yang penting jangan sampai kata kunci yang kita masukkan ke dalam artikel dianggap spamming oleh mesin pencari.


Buat Konten Original

Setelah melewati langkah-langkah diatas, selanjutnya adalah menulis konten website atau blog. Konten yang kita buat harus original. Jangan membuat konten hasil dari copy paste dari konten orang lain. Plagiarisme itu sangat buruk di mata Google atau search engine lainnya. Buatlah konten dengan unik. Cek keunikan konten yang kita buat di penyedia cek plagiarisme.


Rajin Update Konten

Tak cukup hanya menulis konten original saja, kita juga harus rajin mengupdate blog kita. Jadwalkan posting artikel baru setiap hari, atau beberapa hari sekali. Dengan rajin mempublish artikel, maka blog kita akan baik di mata mesin pencari.

Jika terpaksa kita belum membuat artikel baru, update lah artikel lama yang sudah ada. Update bisa dengan menambah atau mengurangi kalimat pada sebuah konten.


Jasa Konsultan SEO Website

Apa itu jasa konsultan SEO? Mungkin anda sedikit sudah mengetahuinya. Konsultan SEO dapat didefinisikan sebagai seorang yang ahli di bidang SEO dan mengetahui algoritma mesin pencari. Tidak hanya Google, tapi juga Bing, Yahoo, Yandex, Ask dan sebagainya. Selain itu juga memahami SEO onpage maupun offpage.

Seorang konsultan SEO dan timnya tentu saja memiliki aset lebih baik daripada seorang blogger biasa. Mereka memiliki berbagai macam tool optimasi website yang jauh lebih baik. Tool SEO berbayar tentu saja memiliki fitur yang lebih lengkap dan akurat jika dibandingkan dengan tool SEO gratisan yang biasa kita pakai. Dengan demikian hasil optimasi website pun akan lebih maksimal.

Salah satu jasa konsultan SEO yang direkomendasikan adalah Optimasi.ai. Konsultan ini menyediakan jasa optimasi website. Diantaranya riset keyword, pembuatan konten berkualitas, optimasi onpage dan offpage, backlink berkualitas, dan sebagainya.

Konsultan SEO juga dapat mengoptimasi kecepatan loading sebuah website. Website atau blog yang mempunyai kecepatan loading cepat akan disukai oleh Google, dan pengunjung tentu saja. Kecepatan loading sebuah blog juga mempengaruhi ranking blog di mesin pencari.

Posting Komentar