Cara Memperbaiki dan Mengganti Motor Air Swing AC Split

Daftar Isi

Cara Memperbaiki dan Mengganti Motor Air Swing AC Split

Motor air swing pada AC split adalah komponen penting yang bertanggung jawab untuk menggerakkan air swing atau flap yang ada di unit indoor AC. Motor ini mengendalikan pergerakan air swing secara vertikal (atas-bawah) atau horizontal (kanan-kiri) untuk mengatur arah aliran udara di dalam ruangan.

Motor air swing biasanya terhubung dengan kontrol dari remote atau panel pengendali pada unit indoor. Ketika Anda mengubah pengaturan air swing di remote, motor ini menerima sinyal dan mulai bergerak sesuai dengan instruksi yang diberikan. Motor air swing menggunakan sistem gigi (gear) dan mekanisme lainnya untuk mengubah air swing atau daun swing ini dengan tepat.

cara memperbaiki motor air swing ac split
Servis dan ganti motor air swing AC split

Ketika motor air swing rusak, seperti kerusakan mekanis atau elektrik, pergerakan air swing bisa terganggu atau berhenti sama sekali. Kerusakan motor swing ini dapat mempengaruhi distribusi udara di ruangan dan kenyamanan pengguna. Untuk mengatasi masalah dengan motor air swing, seringkali diperlukan perbaikan atau penggantian oleh teknisi yang berpengalaman dalam peralatan pendingin udara.

Memperbaiki dan mengganti motor air swing

Bagaimana cara memperbaiki atau mengganti komponen motor air swing? Memperbaiki atau mengganti komponen motor air swing pada AC split adalah tugas yang lebih baik dilakukan oleh teknisi atau ahli AC yang berpengalaman. Namun, jika Anda memiliki pengetahuan dan keterampilan yang cukup dalam bidang ini, berikut adalah langkah umum yang bisa anda lakukan:

Memperbaiki Motor Air Swing

  1. Matikan daya AC dan pastikan unit tidak terhubung dengan sumber listrik.
  2. Buka panel penutup unit indoor untuk mengakses motor air swing.
  3. Periksa dengan cermat motor air swing untuk melihat apakah ada tanda-tanda kerusakan mekanis atau koneksi yang longgar.
  4. Jika ada komponen yang rusak atau kabel yang putus, perbaiki atau gantilah dengan komponen yang sesuai.
  5. Setelah perbaikan selesai, pasang kembali panel penutup dan nyalakan AC untuk menguji apakah motor air swing berfungsi dengan baik.

Mengganti Motor Air Swing

  1. Matikan daya AC dan pastikan unit tidak terhubung dengan sumber listrik.
  2. Buka panel penutup unit indoor dan identifikasi lokasi motor air swing.
  3. Lepaskan semua koneksi dan kabel yang terhubung ke motor.
  4. Lepaskan motor air swing dari posisinya dengan hati-hati. Lepas baut atau klip penahan motor swing.
  5. Pasang motor swing baru yang sesuai spesifikasi AC anda. Pasang sesuai dengan urutan langkah-langkah di atas. Pastikan motor terpasang pada dudukannya, dan semua koneksi kabel terpasang dengan benar. 

  6. cara mengganti motor air swing ac split

  7. Setelah mengganti motor, pasang kembali panel penutup dan nyalakan AC untuk menguji apakah motor air swing baru berfungsi dengan baik.

Link Pembelian Motor Air Swing: https://shope.ee/8UgDoDVEjO

Supaya lebih aman, penggantian komponen AC gunakan part AC yang original. Namun jika sulit ditemukan, anda bisa menggunakan part universal. Tanyakan pada toko yang yang menjual, tentang kesamaan part universal yang digunakan.

Demikanlah cara memperbaiki dan memasang motor air swing AC split. Jika Anda merasa kurang yakin atau tidak memiliki pengalaman dalam perbaikan AC, lebih baik memanggil teknisi terlatih untuk melakukan tugas ini. Kesalahan dalam memperbaiki atau mengganti motor air swing dapat menyebabkan masalah lebih lanjut atau bahkan membahayakan AC dan keselamatan.

Posting Komentar